• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Kegiatan di Rumah Aja Selama Lebaran

8 Kegiatan di Rumah Aja Selama Lebaran

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Perintah larangan mudik telah diumumkan tanggal 1 Mei 2020 lewat Permenhub Nomor 25 tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Musim Mudik Idul Fitri 1441 H. Perintah tersebut diberlakukan dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19. Meski tidak bisa mudik lebaran, masyarakat bisa melakukan sejumlah kegiatan yang menyenangkan. Berikut kegiatan di rumah aja saat hari lebaran!

Baca juga: WHO: Gejala Ringan Corona Bisa Dirawat di Rumah

  • Makan Bersama Keluarga

Umat islam disunnahkan untuk makan terlebih dulu sebelum melakukan shalat Idul Fitri. Untuk mempererat momen lebaran antar anggota keluarga, kamu dapat menyiapkan hidangan istimewa, seperti ketupat atau lontong, opor ayam, rendang, serta sayur pepaya. Makan bersama sembari mengobrol menjadi salah satu kegiatan di rumah aja yang dapat mempererat silaturahmi antar sesama anggota keluarga.

  • Shalat Idul Fitri Bersama

Setelah makan, kamu dan keluarga bisa melakukan shalat Idul Fitri bersama. Shalat Idul Fitri sendiri memiliki hukum sunnah muakkad atau sunnah yang sangat dianjurkan. Karena tidak boleh melakukannya di masjid, kamu dan keluarga bisa melakukannya di rumah. Syaratnya sendiri adalah dengan jumlah makmum minimal tiga orang. 

  • Mendekorasi Rumah

Saat lebaran, biasanya orang rumah akan sibuk menyiapkan segala sesuatu untuk menyambut tamu. Namun, karena kondisi saat ini tidak memungkinkan untuk saling mengunjungi, kamu pasti memiliki banyak waktu luang. Salah satu kegiatan di rumah aja yang direkomendasikan adalah mendekorasi rumah. Untuk melakukan kegiatan yang satu ini, kamu bisa mengajak orangtua atau saudara untuk ikut serta.

  • Video Call Keluarga Jauh

Kegiatan di rumah aja yang bisa dilakukan di rumah adalah dengan silaturahmi antar sesama anggota keluarga. Karena tidak bisa bertatap muka, kamu dapat melakukan silaturahmi antar sesama keluarga besar dengan menggunakan kecanggihan teknologi komunikasi, seperti video call. Jangan sampai silaturahmi terputus hanya karena tidak bertatap muka, ya!

Baca juga: 8 Tips Tetap Cantik Meski di Rumah Aja

  • Menghias Kue Lebaran

Sudah tidak asing lagi jika momen lebaran akan dipenuhi dengan makanan dan kue lebaran. Agar lebaran di rumah aja tidak membosankan, cobalah untuk mengajak sejumlah anggota keluarga untuk menghias kue lebaran bersama. Selain itu, kamu juga bisa mengajak mereka untuk meracik makanan penutup setelah makanan utama. Jika bahan kue masih tersisa di dapur, kamu bisa memasaknya bersama.

  • Virtual Traveling

Kini, sudah banyak aplikasi untuk melakukan virtual traveling. Kamu dan keluarga bisa mencoba melakukan virtual traveling baik di dalam atau di luar negeri. Paling tidak hal ini mampu untuk mengobati rindu jalan-jalan ke pantai, danau, pegunungan, atau tempat hiburan.

  • Main Game

Zaman sekarang, sudah banyak permainan canggih yang bisa dimainkan lewat gawai bersama-sama, salah satu contohnya adalah bermain ludo. Jika sudah bingung ingin melakukan kegiatan apa lagi, permainan ini bisa menjadi salah satu pilihan menyenangkan selama di rumah saja.

  • Menonton Film Kesukaan

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan di rumah bersama keluarga adalah menonton film kesukaan. Kamu bisa mendekor ruangan layaknya di bioskop dengan mematikan seluruh lampu dan menyetel film kesukaan dengan proyektor. Jangan lupa untuk menyiapkan camilan kesukaan, ya!

Baca juga: Perawatan Rumahan untuk Patah Pergelangan Tangan

Hal-hal tersebut merupakan kegiatan di rumah aja yang bisa kamu lakukan selama lebaran bersama dengan keluarga besar. Jangan lupa untuk segera mendiskusikan dengan dokter ahli di aplikasi Halodoc jika kamu mengalami masalah kesehatan tertentu selama masa karantina diri di rumah. Jaga selalu kesehatanmu dan orang terdekat!

Referensi:

CNN Indonesia. Diakses pada 2020. Rekomendasi Kegiatan saat Lebaran 'di Rumah Aja'.

Bisnis.com. Diakses pada 2020. Lebaran di Rumah Aja? Ini Inspirasi Kegiatan yang Bisa Dilakukan.