Susah Berhenti Nonton Film Seri, Ini Efek Binge Watching

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
susah-berhenti-nonton-film-seri-ini-efek-binge-watching-halodoc

Halodoc, Jakarta – Sekarang ini, orang-orang tidak hanya gemar menonton film di bioskop, tetapi juga mulai menggandrungi film-film seri yang bisa ditonton secara streaming di rumah. Banyaknya pilihan film seri dengan jalan cerita yang seru dan menarik membuat kita seringkali tidak bisa berhenti menonton.

Enggak hanya drama Korea, film seri Barat pun juga cukup digemari banyak orang, sebut saja Stranger Things, The Walking Dead, Game of Thrones. Apalagi, berkat adanya penyedia layanan streaming, kita pun bisa menyaksikan episode awal sampai akhir serial televisi favorit dengan mudah, bahkan gratis! 

Namun, hati-hati bila kamu sudah tidak bisa berhenti menonton, bahkan bisa menghabiskan banyak waktu untuk menonton banyak episode sekaligus dalam sekali tonton. Itu berarti kamu sudah mengidap binge watching. Apa itu binge watching dan apa bahayanya? Yuk, simak penjelasannya lebih lanjut di bawah ini.

Apa Itu Binge Watching?

Kamu mungkin sudah pernah mendengar istilah binge eating, yaitu kondisi di mana seseorang tidak bisa berhenti makan dan cenderung makan dalam porsi yang sangat banyak dalam sekali makan. Nah, ternyata enggak hanya makanan saja yang bisa bikin kalap, nyatanya nonton film seri juga! 

Binge watching adalah kondisi ketika seseorang menghabiskan banyak waktu sekaligus untuk menonton banyak episode film seri. Ketika menonton film seri yang disukai, tanpa sadar otak kita melepaskan hormon dopamin. Hormon inilah yang membuat kita merasa nyaman dan bahagia yang berujung pada kepuasan.

Semakin sering menonton, semakin tinggi kadar dopamin yang dihasilkan otak. Itulah sebabnya bila satu episode sudah habis, kita seperti merasa ketagihan untuk kembali mendapatkan rasa senang tersebut, yang akhirnya memutuskan untuk meneruskan menonton episode lanjutannya.

Siklus tersebut dapat terus berulang setiap kali selesai menonton satu film dan mulai kembali menonton film yang baru. Bila terus dibiarkan, siklus ini bisa berdampak negatif pada kesehatan.

Efek Binge Watching Bagi Kesehatan

Bagi kamu yang sudah mengalami binge watching, ada baiknya kamu mulai menguranginya dari sekarang. Pasalnya, kebiasaan tersebut bisa menyebabkan berbagai efek buruk bagi kesehatan, lho. Berikut adalah beberapa efek binge watching yang perlu kamu waspadai.

1. Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung dan Diabetes 2

Menurut beberapa ahli, binge watching berpengaruh terhadap meningkatnya risiko penyakit jantung dan diabetes 2. Ini karena kamu akan duduk dalam waktu yang lama dan jarang bergerak saat menonton film seri.  

Dalam studi tahun 2018, para peneliti menemukan bahwa duduk terlalu lama saat binge watching dapat meningkatkan risiko penyakit yang sama seperti orang-orang yang sering duduk terlalu lama saat melakukan penerbangan jarak jauh, yaitu pembekuan darah. Bila bekuan darah yang terbentuk di kaki bisa berakibat fatal bila pecah dan menyebar ke jantung dan paru-paru. Belum lagi bila kamu menonton sambil mengonsumsi camilan yang tidak sehat, misalnya makanan yang berlemak atau makanan manis. Maka hal ini, dapat meningkatkan risiko kamu untuk mengalami sindrom metabolik yang merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya penyakit jantung, diabetes, dan stroke.

Baca juga: Nonton Drama Korea Bikin Diabetes, Ini Alasannya

2. Menyebabkan Kenaikan Berat Badan dan Risiko Obesitas

Binge watching juga sangat erat hubungannya dengan binge eating. Menonton film seri tentu akan semakin seru bila ditemani camilan, seperti popcorn bermentega atau keripik kentang. Itulah mengapa banyak orang tanpa sadar bisa mengonsumsi banyak camilan atau makanan berkalori tinggi tanpa berhenti saat melakukan binge watching. Bila kebiasaan ini terus dilakukan dan tidak diimbangi dengan banyak bergerak atau olahraga secara rutin, jangan kaget bila timbangan kamu akan semakin naik, hingga berujung pada obesitas.

Baca juga: Makan Popcorn saat Nonton Film Punya Manfaat Ini

3. Sulit Tidur dan Meningkatkan Risiko Insomnia

Kebanyakan orang dengan binge watching biasanya akan merelakan waktu tidurnya agar dapat menonton lebih lama. Mereka seperti ketagihan menonton dan tidak bisa berhenti sebelum rasa penasaran akan film tersebut terpuaskan. Akibatnya, siklus tidur mereka akan berubah yang menyebabkan menjadi sulit tidur, sulit bangun, dan kurang tidur secara keseluruhan. Itulah mengapa orang yang terkena binge watching juga berisiko tinggi mengalami insomnia. Padahal, insomnia telah dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan, mulai dari depresi, menurunnya daya ingat, kurang konsentrasi, masalah jantung dan masih banyak lagi.

Baca juga: Susah Tidur? Ini Cara Mengatasi Insomnia

4. Mengembangkan Perilaku Buruk dan Antisosial

Binge watching juga dapat memengaruhi hubungan sosial seseorang. Pasalnya, bila sudah ketagihan menonton, orang tersebut bisa tidak peduli pada orang-orang di sekitarnya, baik keluarga maupun teman-teman.

Nah, itulah efek buruk binge watching bagi kesehatan. Jangan sampai hal itu terjadi, mulailah kurangi atau batasi waktu nonton kamu setiap harinya ya. Bila kamu sakit dan butuh saran dokter, gunakan saja aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter Halodoc untuk minta saran kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
The Washington Post. Diakses pada 2019. How binge-watching is hazardous to your health.