• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Makanan Ini Dapat Bantu Menangani Anemia Pernisiosa

8 Makanan Ini Dapat Bantu Menangani Anemia Pernisiosa

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Anemia pernisiosa adalah jenis anemia yang terjadi ketika usus kecil tidak mampu menyerap vitamin B12 dari makanan yang dikonsumsi. Kondisi ini membuat sel-sel darah merah yang belum matang bersirkulasi dalam darah. Akibatnya, sel darah merah ini tidak berfungsi semestinya. Vitamin B12 adalah jenis vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi sel darah merah dan menunjang fungsi-fungsinya. 

Anemia pernisiosa biasanya tidak langsung muncul dan umumnya timbul bertahun-tahun kemudian. Umumnya, kondisi ini paling sering didiagnosis pada lansia berusia 60 tahun tahun ke atas. Seseorang yang telah didiagnosis mengidap anemia pernisiosa, wajib mengonsumsi makanan yang tinggi vitamin B12. Nah, vitamin B12 sendiri dapat diperoleh dari produk-produk hewani, seperti daging, susu, ikan dan unggas. Berikut jenis makanan lain yang bisa membantu menangani anemia pernisiosa. 

Baca juga: Awas, 11 Gejala Ini Tandai Anemia Pernisiosa

Makanan untuk Pengidap Anemia Pernisiosa

Inilah beberapa jenis makanan yang kaya akan kandungan vitamin B12 untuk menangani anemia pernisiosa:

1. Telur

Telur merupakan sumber protein lengkap dan vitamin B, terutama B2 dan B12. Selain itu, kuning telur ternyata memiliki kadar vitamin B12 yang lebih tinggi daripada putih telur, serta vitamin B12 dalam kuning telur lebih mudah diserap. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi telur secara utuh, bukan hanya putihnya saja.

2. Susu dan Produk Olahannya

Susu dan produk susu seperti yoghurt dan keju adalah sumber protein, vitamin, dan mineral, termasuk vitamin B12. Menariknya, penelitian telah menunjukkan bahwa tubuh menyerap vitamin B12 dalam susu dan produk susu lebih baik daripada vitamin B12 yang terkandung dalam daging sapi, ikan, atau telur. 

3. Ikan Tuna

Tuna mengandung konsentrasi vitamin B12 yang tinggi, terutama di bagian otot tepat di bawah kulit, yang dikenal sebagai otot gelap. Jadi, bila kamu berencana mengonsumsi tuna, sebaiknya pilih bagian otot gelap karena tinggi vitamin B12nya. 

4. Salmon

Salmon terkenal akan kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi. Namun, ikan ini ternyata juga sumber vitamin B yang sangat baik, lho. Meski begitu, kandungan vitamin B12 dalam salmon tidak sebanyak yang terkandung dalam ikan tuna. 

Baca juga: Hati-Hati, Ini Bahayanya Penyakit Anemia Pernisiosa

5. Daging Sapi

Daging sapi merupakan sumber vitamin B12 yang sangat baik. Selain B12, daging sapi juga mengandung vitamin B2, B3, B6, selenium, dan seng. Jika kamu mencari konsentrasi vitamin B12 yang lebih tinggi, disarankan untuk memilih potongan daging sapi yang rendah lemak. Selain itu, sebaiknya masak daging sapi dengan cara dipanggang daripada digoreng untuk membantu menjaga kandungan vitamin B12.

6. Sarden

Sarden adalah ikan laut bertulang lunak. Kamu mungkin lebih sering menemui ikan ini sudah dalam bentuk kalengan. Mau dalam bentuk kalengan atau segar, sarden tetap mengandung gizi dan nutrisi yang baik, salah satunya vitamin B12 yang dibutuhkan oleh pengidap anemia. 

7. Kerang

Kerang adalah sumber protein tanpa lemak dan mengandung konsentrasi vitamin B12 yang sangat tinggi. Kerang, terutama bayi kerang utuh, juga menyediakan zat besi dalam jumlah besar. Kerang juga telah terbukti menjadi sumber antioksidan yang baik. 

8. Hati dan Ginjal Hewan

Jeroan atau daging organ, terutama hati dan ginjal ternyata kaya akan kandungan vitamin B12. Hati dan ginjal domba umumnya lebih tinggi vitamin B12 daripada hati dan ginjal sapi atau daging sapi muda. Hati domba juga sangat tinggi tembaga, selenium, serta vitamin A dan B2.

Baca juga: 3 Penanganan untuk Atasi Anemia Pernisiosa

Itulah beberapa jenis makanan yang kaya akan vitamin B12. Bila kamu punya pertanyaan lain mengenai anemia pernisiosa, hubungi dokter lewat aplikasi Halodoc saja. Enggak perlu repot ke rumah sakit, lewat aplikasi Halodoc, kamu bisa menghubungi dokter kapan dan di mana saja via Chat atau Voice/Video Call.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Top 12 Foods That Are High in Vitamin B12.
Medicinet. Diakses pada 2020. Pernicious Anemia and Vitamin B-12 Deficiency