• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Makanan yang Dapat Dikonsumsi saat Anak Diare
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Makanan yang Dapat Dikonsumsi saat Anak Diare

8 Makanan yang Dapat Dikonsumsi saat Anak Diare

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 17 Mei 2021
8 Makanan yang Dapat Dikonsumsi saat Anak Diare

Halodoc, Jakarta – Diare adalah masalah kesehatan yang umum yang bisa terjadi pada siapa saja, tidak terkecuali anak-anak. Dalam kebanyakan kasus, diare pada anak biasanya bersifat ringan dan bisa sembuh dalam beberapa hari dengan melakukan perawatan di rumah. 

Meski begitu, diare bisa membuat anak merasa tidak nyaman dan kehilangan nafsu makan. Oleh karena itu, ibu perlu mengetahui makanan apa saja yang baik untuk diberikan pada Si Kecil yang sedang mengalami diare. Dengan begitu, ibu bisa memenuhi kebutuhan nutrisi anak dan membantu mempercepat pemulihannya. Berikut ulasannya.

Baca juga: 6 Fakta Penting Diare pada Anak yang Mesti Ibu Tahu

Makanan yang Baik untuk Anak Diare

Tidak hanya membuat anak sering bolak-balik kamar mandi untuk buang air besar, diare juga bisa membuat anak sakit perut, mual, dan lemas. Itulah mengapa tidak sedikit anak yang mengalami diare kehilangan nafsu makan. 

Oleh karena itu, ibu dianjurkan untuk membuat perubahan pada pola makan anak untuk sementara. Alih-alih tetap memberikan anak makan dalam porsi besar sebanyak 3 kali sehari, ibu dianjurkan untuk memberi anak makan dalam porsi kecil tapi sering sepanjang hari.

Tidak ada menu makanan khusus untuk anak yang sedang diare. Namun, biasanya anak yang sedang diare lebih mudah untuk mengonsumsi makanan yang hambar dan bertekstur lembut. Berikut makanan yang bisa ibu berikan pada Si Kecil yang sedang diare:

1.Sup Ayam

Sup ayam yang hangat bisa menjadi comfort food bagi anak yang sedang diare. Selain mengandung bahan-bahan makanan yang bergizi, sup ayam juga bisa memberikan cairan yang dibutuhkan anak agar terhindar dari dehidrasi. 

Baca juga: Awas Diare pada Anak Bisa Sebabkan Dehidrasi

2.Pisang dan Buah-buahan Segar

Pisang yang bertekstur lunak juga cocok diberikan pada anak yang sedang diare, karena mudah dicerna. Selain itu, pisang mampu memadatkan kotoran dan membantu menghentikan diare. Selain pisang, ibu juga bisa memberikan buah-buahan segar lainnya, seperti apel, lemon, blueberry, jambu biji,

3.Yoghurt

Meskipun produk susu sebaiknya tidak diberikan pada anak yang diare, hal ini pengecualian bagi yoghurt. Sebab, yoghurt kaya probiotik yang merupakan bakteri baik yang bisa membantu usus sembuh lebih cepat.

4.Kentang Rebus atau Panggang

Makanan yang mengandung pati, seperti kentang, bisa memberikan nutrisi sekaligus membantu mengatasi diare pada Si Kecil.

5.Gandum Utuh

Sereal dan roti yang terbuat dari gandum utuh, serta oatmeal mengandung serat yang tinggi yang bisa membantu memadatkan kotoran, sehingga baik untuk dikonsumsi saat anak diare.

6.Sayur-sayuran yang Dimasak

Sayur-sayuran juga merupakan makanan berserat tinggi yang baik diberikan saat Si Kecil sedang diare. Beberapa sayuran yang bisa ibu berikan, antara lain wortel, jamur, bit, asparagus, dan zucchini.

7.Roti Putih

Roti putih juga merupakan salah satu makanan yang bisa ibu berikan pada anak yang sedang diare. Makanan ini terbuat dari tepung olahan yang bertindak sebagai bahan pengikat. Namun, hindari menambahkan olesan mentega dan selai, karena bisa memperburuk kondisi Si Kecil.

8.Es Loli

Saat anak sedang diare, berikan cairan yang disebut larutan glukosa dan elektrolit, atau oralit. Cairan ini memiliki kandungan yang seimbang antara air, gula dan garam. Selain bisa dibuat sendiri, larutan ini biasanya juga bisa ditemukan dalam es loli.

Baca juga: Diare Kronis pada Anak, Apa Penyebabnya?

Nah, itulah beberapa pilihan makanan yang baik untuk dikonsumsi anak yang sedang diare. Bila ibu ingin membeli obat diare untuk anak, gunakan saja aplikasi Halodoc. Tidak perlu repot-repot keluar rumah, tinggal order lewat aplikasi dan pesanan ibu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya sekarang juga.

Referensi:
Parenting Firstcry. Diakses pada 2021. Foods for Babies and Toddlers With Diarrhoea.
Medline Plus. Diakses pada 2021. When your child has diarrhea.
Children’s Health. Diakses pada 2021. How to treat diarrhea in kids