8 Tips Turunkan Berat Badan Tanpa Perlu Diet Ketat

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   30 Juni 2021
8 Tips Turunkan Berat Badan Tanpa Perlu Diet Ketat8 Tips Turunkan Berat Badan Tanpa Perlu Diet Ketat

Menurunkan berat badan tanpa diet dapat dilakukan dengan banyak minum air putih dan jangan melewatkan waktu sarapan. Bukan itu saja, beberapa langkah lainnya simak di bawah ini, ya.

Halodoc, Jakarta – Memiliki bentuk tubuh langsung memang idaman setiap wanita. Dari diet ketat, hingga mengonsumsi suplemen-suplemen diet pasti pernah dilakukan. Namun, tahukah kamu jika diet ketat dapat memicu sejumlah masalah kesehatan fisik dan mental? Diet ketat dapat memicu sejumlah masalah psikologis, termasuk stres, perubahan suasana hati, bahkan depresi.

Jika ingin menurunkan berat badan, sebaiknya dilakukan dengan cara yang baik. Tidak perlu melakukan diet ketat, kamu bisa mendapatkan berat badan idaman dengan melakukan beberapa langkah. Berikut ini tips menurunkan berat badan tanpa diet ketat:

Baca juga: 6 Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Selain Diet dan Olahraga

1. Jangan Melewatkan Sarapan

Kamu perlu mengetahui jika mengurangi berat badan dapat dilakukan dengan mengurangi jumlah kalori makanan, bukan jumlah makanan itu sendiri. Jadi, melewatkan waktu sarapan sangat tidak disarankan. Sarapan juga bermanfaat untuk mengerem nafsu makan saat makan siang.

2. Cukupi Kebutuhan Air Putih

Mencukupi kebutuhan air putih dapat menekan rasa lapar. Hal tersebut dikarenakan perut sudah terisi dengan air, sehingga lebih cepat merasa kenyang. Cara yang satu ini dapat menjadi tips menurunkan berat badan tanpa diet ketat.

3. Perbanyak Konsumsi Makanan Berserat

Selain mencukupi kebutuhan air putih, kamu juga perlu memperbanyak konsumsi makanan berserat agar tidak cepat merasa lapar. Makanan jenis ini akan membuat perut lebih cepat kenyang, tetapi tidak membuat cepat lapar. Hal tersebut secara tidak langsung akan membuat porsi makan berkurang. Kamu bisa mendapatkan kandungan tinggi serat di dalam sayuran, buah, kacang, oat, konyaku, dan biji-bijian.

4. Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Jika kamu senang mengonsumsi camilan, sebaiknya ganti camilan kesukaan dengan makanan sehat bergizi seimbang. Jika sebelumnya menyukai cake, biskuit, keripik, dan makanan manis sebagai camilan, sebaiknya ganti dengan kacang-kacangan, buah-buahan, granola, atau makanan bergizi lainnya.

Baca juga: Inilah Tips Menurunkan Berat Badan yang Aman dan Cepat

5. Konsumsi Makanan Tinggi Protein

Protein menjadi kandungan yang memiliki peran dalam pembentukan otot dan pembakaran lemak. Berbagai makanan yang menjadi sumber protein, yaitu daging ayam, daging sapi, susu, telur, keju, alpukat, tempe, tahu, kacang almond, kacang mete, dan lain-lain.

6. Aktif Bergerak

Aktif bergerak menjadi tips menurunkan berat badan tanpa diet ketat selanjutnya. Jika tubuh aktif bergerak, maka semakin banyak energi yang dikeluarkan. Hal tersebut membuat pembakaran lemak dalam tubuh lebih maksimal. 

7. Cukupi Kebutuhan Tidur

Faktanya, seseorang yang kekurangan waktu tidur berisiko mengalami kenaikan berat badan. Hal tersebut dikarenakan, hormon kortisol dalam tubuh akan meningkat saat tubuh tetap terjaga di malam hari. Hormon ini menghasilkan lemak yang membuat seseorang sulit menurunkan berat badan. Disarankan untuk tidur selama 7–9 jam setiap malam.

8. Jangan Makan Malam

Tips menurunkan berat badan tanpa diet yang terakhir dapat dilakukan dengan tidak mengonsumsi makanan di atas jam 7 malam. Hal tersebut dikarenakan, tubuh mengalami perlambatan dalam mencerna makanan. Makanan yang seharusnya diubah menjadi energi, justru ditimbun di dalam tubuh menjadi lemak. Jika lapar saat malam, sebaiknya konsumsi buah-buahan saja.

Baca juga: Menu Diet Sehat yang Cepat Turunkan Berat Badan

Itulah beberapa tips menurunkan berat badan tanpa diet. Hal yang perlu kamu ketahui adalah metabolisme tubuh masing-masing orang berbeda. Jika ingin melakukannya, sebaiknya diskusikan terlebih dulu dengan dokter di aplikasi Halodoc agar tidak terjadi hal-hal yang membahayakan, ya.

Referensi:

Food Spring. Diakses pada 2021. How to lose weight without dieting: 13 tips to your feel-good body.

WebMD. Diakses pada 2021. 10 Ways to Lose Weight Without Dieting.

Healthline. Diakses pada 2021. 11 Proven Ways to Lose Weight Without Diet or Exercise.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan