6 Gejala Kanker Lambung yang Perlu Diwaspadai

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   12 Januari 2022
6 Gejala Kanker Lambung yang Perlu Diwaspadai6 Gejala Kanker Lambung yang Perlu Diwaspadai

“Kanker lambung terjadi akibat pertumbuhan sel-sel abnormal pada organ lambung. Pada awal perkembangannya, penyakit ini tidak menunjukkan gejala apapun. Gejala akan dialami ketika sel kanker berkembang cukup parah. Ada beberapa gejala yang perlu diwaspadai, seperti penurunan nafsu makan, perut kembung, heartburn, benjolan pada perut, hingga mual dan muntah.”

Halodoc, Jakarta - Kanker lambung dikenal juga sebagai kanker perut. Penyakit ini menjadi salah satu jenis penyakit yang berbahaya. Jika tidak diatasi dengan baik, kanker lambung dapat menyebar dan membuat kondisi kesehatan semakin memburuk. 

Kanker lambung bisa terjadi akibat adanya perubahan atau mutasi sel DNA pada bagian dinding perut atau lambung. Sangat penting mengetahui beberapa gejala yang terkait dengan penyakit kanker lambung agar kamu dapat mengatasi penyakit ini lebih dini. Yuk, simak berbagai gejala kanker lambung yang perlu diwaspadai!

Asam Lambung sampai Muntah Darah

Kanker lambung menjadi jenis kanker yang jarang menunjukkan gejala di awal perkembangannya. Biasanya, gejala akan dirasakan oleh pengidap kanker lambung ketika penyakit sudah berkembang ke tahap yang cukup parah atau stadium lanjut.

Berikut gejala kanker lambung yang perlu diwaspadai, yaitu:

1.Penurunan Nafsu Makan

Penurunan nafsu makan bisa menjadi gejala kanker lambung yang perlu kamu waspadai. Apalagi jika penurunan nafsu makan terjadi dalam waktu yang cukup lama dan disertai dengan penurunan berat badan secara tiba-tiba. Kedua gejala ini bisa menandakan kamu mengalami gangguan kesehatan pada lambung, seperti kanker.

2.Naiknya Asam Lambung (Heartburn)

Jangan abaikan jika kamu mengalami heartburn atau kenaikan asam lambung yang tidak kunjung membaik. Terkadang, gejala ini akan dianggap sebagai penyakit maag atau GERD saja, tetapi segera periksakan kondisi kesehatan pada dokter jika tidak kunjung membaik meskipun telah diobati. Kondisi ini juga biasanya akan disertai dengan rasa nyeri atau tidak nyaman pada area perut.

3.Perut Terasa Kembung

Gejala kanker lambung lainnya adalah perut yang terasa kembung. Biasanya, pengidap akan lebih sering bersendawa karena mengalami kembung. Selain itu, saat makan pengidap kanker lambung akan merasa lebih cepat kenyang meskipun makan dengan porsi kecil.

4.Benjolan pada Area Perut

Perhatikan setiap perubahan yang ada pada tubuh, termasuk munculnya benjolan. Kanker lambung dapat menyebabkan munculnya benjolan pada area perut dan sekitar lambung. 

5.Mual dan Muntah

Kanker lambung juga kerap menyebabkan mual pada pengidapnya. Kondisi ini bisa disertai dengan muntah yang bercampur dengan darah atau tidak.

6.Kelelahan Terus Menerus

Gejala kanker yang cukup banyak dialami oleh pengidapnya adalah kelelahan terus menerus. Gejala ini juga dialami oleh pengidap kanker lambung.

Itulah gejala kanker lambung yang perlu kamu waspadai. Kamu bisa bertanya langsung pada dokter jika mengalami berbagai keluhan kesehatan yang terkait dengan kanker lambung melalui aplikasi Halodoc.

Jangan khawatir, kamu bisa langsung bertanya dengan dokter spesialis rekomendasi Halodoc. Berikut rekomendasinya:

Dokter Spesialis Bedah Onkologi yang aktif melayani pasien di RS Immanuel Bandung. dr. Kiki Akhmad Rizki mendapatkan gelar spesialisnya setelah menamatkan pendidikan di Universitas Padjadjaran.

Beliau yang tergabung dalam Ikatan Ahli Bedah Indonesia dan Ikatan Dokter Indonesia sebagai anggota ini dapat memberikan layanan konsultasi seputar bedah onkologi.

Spesialis Bedah Onkologi yang aktif melayani pasien di RSU Bunda Jakarta dan RS Omni Pulomas. dr. Reza Musmarliansyah mendapatkan gelar kedokterannya setelah menamatkan pendidikan di Universitas Andalas, Padang pada tahun 2002 dan mendapatkan gelar spesialisnya di Universitas Indonesia, Depok pada tahun 2009.

Beliau yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Indonesia (IKABI), Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi Indonesia (PERABOI), International Member Society of Surgical Oncology ini bisa memberikan layanan konsultasi medis terkait pembedahan penyakit kanker.

Selain itu, beliau juga mengikuti Congress 68th, Texas (2015), Society of Surgical Oncology Congress 67th, Arizona (2014), Society of Surgical Oncology Congress 65th, Florida dan Sertifikasi Breast USG Workshop (2012).

Dokter Spesialis Bedah Konsultan Onkologi yang aktif melayani pasien di RS Mayapada Jakarta Selatan. dr. Ramadhan mendapatkan gelar spesialisnya setelah menamatkan pendidikan di Universitas Indonesia, Depok dan Kolegium Onkologi Radiasi Indonesia.

Beliau yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi Indonesia (PERABOI), dan Ikatan Ahli Bedah Indonesia (IKABI) bisa memberikan layanan Konsultasi, dan Tindakan Bedah Onkologi (Kanker).

Tunggu apalagi? Kamu bisa melakukan Video/Voice Call dan Chat dengan dokter spesialis Halodoc. Caranya, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
National Institutes of Health - MedlinePlus. Diakses pada 2021. Stomach cancer
National Health Service - UK. Diakses pada 2021. Stomach cancer
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Stomach cancer
American Cancer Society. Diakses pada 2022. Signs and Symptoms of Stomach Cancer.
Web MD. Diakses pada 2022. Stomach Cancer.

Diperbarui pada 12 Januari 2022.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan