• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 9 Kegiatan yang Bisa Menumbuhkan Kreativitas pada Balita

9 Kegiatan yang Bisa Menumbuhkan Kreativitas pada Balita

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Kreativitas anak merupakan salah satu potensi yang perlu dikembangkan sejak dini, karena merupakan salah satu pondasi agar anak mampu menyelesaikan masalahnya dengan pemikiran dan sesuatu hal yang baru. Kreativitas bukanlah sesuatu hal yang diperoleh dari keturunan. Kreativitas merupakan suatu hal yang dibentuk dengan cara diasah sejak dini. Berikut beberapa kegiatan yang dapat menumbuhkan kreativitas pada balita!

Baca juga: Apakah Bahaya Si Kecil Punya Teman Khayalan?

  • Ajak Anak Bermain

Menumbuhkan kreativitas pada balita bisa dilakukan dengan mengajak anak bermain. Permainannya sendiri tidak perlu mahal, karena ibu dapat membuatnya sendiri di rumah. Ibu dapat membuat permainan dengan menyamakan bentuk, atau warna. Bukan itu saja, ibu juga bisa mengajaknya bermain di halaman rumah atau berkumpul bersama teman-teman sebayanya agar anak terbiasa berinteraksi dengan lingkungan.

  • Biarkan Kesempatan untuk Berimajinasi

Langkah menumbuhkan kreativitas pada balita selanjutnya dapat dilakukan dengan membiarkan anak berimajinasi. Dalam hal ini, ibu dapat membimbingnya untuk mengembangkan imajinasinya dengan membaca buku. Kemudian ajak anak untuk berimajinasi tentang bentuk atau tokoh yang ada di buku tersebut. Ibu juga dapat memberikannya buku gambar dan pensil warna agar anak bisa menggambar apapun sesuai dengan imajinasinya.

  • Ajukan Pertanyaan yang Kreatif

Kreativitas anak dapat dikembangkan melalui pertanyaan-pertanyaan yang kreatif. Dengan mengajukan pertanyaan yang belum mereka kuasai, akan mendorong mereka untuk berekspresi secara verbal atau non-verbal. Meskipun jawaban anak tidak sepenuhnya benar, mereka akan berusaha untuk menjawab pertanyaan dengan berpikir.

  • Jangan Menyalahkan 

Alih-alih menyalahkan, ibu bisa memberikan penjelasan pada anak mengapa anak tidak boleh berperilaku seperti itu. Berikan penjelasan sejelas-jelasnya dengan bahasa yang mudah dipahami anak mengapa anak tidak seharusnya berperilaku seperti apa yang mereka lakukan.

Baca juga: Si Kecil Malu Bersosialisasi? Ini 6 Tips Mengatasinya 

  • Perhatikan Bakat dan Minat

Langkah selanjutnya dapat menumbuhkan kreativitas pada balita dapat dilihat dari bakat dan minat Si Kecil. Jika mereka suka menggambar, ibu bisa mendukung kesukaannya dengan membelikan peralatan menggambar lengkap. Jika anak menyukai bernyanyi, ibu dapat mengikutsertakan mereka untuk mengikuti kelas vokal. Tergantung pada bakat dan minat masing-masing anak.

  • Biarkan Anak Bereksplorasi

Anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, jadi jangan menghalangi mereka saat mereka ingin mengetahui banyak hal. Berkaitan dengan hal tersebut, ibu juga perlu menyiapkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tidak terduga dari Si Kecil. 

  • Jangan Memaksa

Jika sejauh ini anak belum memperlihatkan bakat atau kemampuannya, ibu tidak perlu memaksanya. Untuk mengembangkan bakat, butuh proses dan waktu yang panjang. Jika hal ini terjadi pada Si Kecil, ibu dapat memberikannya stimulus guna memancing keluarnya kreativitas anak.

  • Berikan Ilmu Baru

Memberikan ilmu baru guna menumbuhkan kreativitas pada balita bisa ibu lakukan dengan mengajaknya ke tempat-tempat yang belum pernah mereka kunjungi sebelumnya, seperti museum, kebun, peternakan, atau pasar. Di tempat yang baru mereka akan merasakan, melihat, mendengar, atau menyentuh sesuatu yang baru, yang akan memperkaya ilmu dan pengalamannya sebagai modal kreativitas.

  • Jangan Terus-menerus Melarangnya

Jangan melarang anak saat ingin bereksplorasi. Sebaiknya ibu menyarankan apa yang harus mereka lakukan. Saat anak ingin bermain tanah misalnya, perbolehkan mereka bermain, setelah itu anjurkan anak untuk mencuci tangan. Ibu harus tegas dalam hal ini, agar anak terbiasa.

Baca juga: Anak Mulai Masuk Sekolah, Persiapkan Ini agar Tak Khawatir

Kreativitas anak merupakan suatu hal yang bisa dibentuk sejak kecil. Saat mereka melakukan hal yang kreatif, jangan lupa untuk melayangkan pujian padanya, agar anak terus termotivasi untuk melakukan hal-hal baik lainnya. Namun, saat Si Kecil sama sekali tidak menunjukkan bakatnya, silahkan diskusikan langsung dengan psikolog di Halodoc untuk mendapatkan saran yang tepat!

Referensi:

Parents. Diakses pada 2020. 11 Activities to Encourage Creativity.

Psych Central. Diakses pada 2020. 9 Ways to Support Your Child’s Creativity.