• Home
  • /
  • Anak yang Hobi Membaca Punya Daya Imajinasi Tinggi

Anak yang Hobi Membaca Punya Daya Imajinasi Tinggi

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Anak yang Hobi Membaca Punya Daya Imajinasi Tinggi

Halodoc, Jakarta - Saat anak mulai tumbuh besar, dirinya sudah mulai memilih beberapa hobi yang disukai. Beberapa lebih suka untuk bermain di luar bersama teman-temannya, baik itu bermain sepakbola atau layangan. Namun, beberapa lainnya lebih memilih untuk diam di dalam rumah sambil membaca banyak buku karena lebih menikmatinya.

Tahukah ibu jika seorang anak yang mempunyai hobi membaca terbilang memiliki daya imajinasi yang lebih tinggi dibandingkan yang tidak. Beberapa buku anak-anak, seperti dongeng dan komik mampu meningkatkan daya khayalnya yang baik untuk sisi kreatifnya. Untuk mengetahui lebih jelasnya, ibu dapat membaca pembahasan di bawah ini!

Baca juga: Manfaat Baca Buku untuk Tumbuh Kembang Anak

Daya Imajinasi Tinggi Dapat Dihasilkan dari Hobi Membaca

Imajinasi adalah daya pikir seseorang untuk membayangkan atau menciptakan suatu gambaran pada pikirannya. Pada anak, daya imajinasi ini sangat baik untuk membuatnya dapat berpikir lebih luas tentang suatu hal tanpa adanya batasan. Dengan begitu, keterampilan dan kemampuan anak untuk menyelesaikan masalah atau membuat sesuatu yang baru dapat lebih berkembang.

Maka dari itu, penting untuk meningkatkan daya imajinasi anak menjadi lebih tinggi. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menimbulkan hobi membaca. Contohnya, dengan membaca komik, anak dapat membayangkan gambaran dari isi cerita sehingga imajinasinya meningkat. Hal tersebut dapat memberi efek baik pada kreativitasnya.

Selain itu, dengan semakin banyak membaca, pikiran seseorang semakin tercerahkan. Pengetahuan yang lebih banyak dapat meningkatkan cara berpikir dan memperluas jangkauannya. Saat membaca, imajinasi anak ibu dapat terangsang karena otak sebelah kanan yang lebih aktif. Hal tersebut juga dapat meningkatkan konektivitas di otak dan meningkatkan fungsi otak.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa manfaat lainnya dari hobi membaca selain meningkatkan daya imajinasi:

  1. Meningkatkan Daya Ingat

Salah satu manfaat yang dapat dirasakan oleh anak ibu saat mempunyai hobi membaca adalah daya ingat yang lebih tajam. Hal tersebut terjadi ketika anak berusaha mengingat alur cerita yang ada di dalam buku, sehingga tidak mudah untuk lupa. Maka dari itu, penting untuk meningkatkan hobi baca pada anak.

Baca juga: Biar Kreatif, Ini 6 Cara Mengembangkan Imajinasi Anak

  1. Memperbanyak Pembendaharaan Kata

Dengan membaca lebih banyak buku, anak akan mendapatkan kosa kata baru untuk dipelajari. Hal tersebut baik untuk memperbanyak pilihan kata dan mungkin saja dirinya akan mencari tahu arti dari kata tersebut. Sehingga, satu pelajaran baru akan bertambah untuk meningkatkan kecerdasannya.

Selain itu, untuk meningkatkan daya imajinasi anak, ibu dapat bertanya tentang kesan yang ditimbulkan dari isi buku tersebut. Cobalah untuk mendiskusikan semua hal yang berhubungan di dalamnya dan apa saja yang dipelajari oleh anak ibu. Boleh juga untuk menyarankan anak ibu agar membuat buku cerita versinya sendiri sehingga daya nalarnya lebih tinggi.

Penting juga untuk tidak pernah membatasi daya imajinasi anak ibu agar kreativitasnya terus berkembang. Disarankan untuk tidak mengkonfrontasi semua ide yang dimilikinya, tetapi bertanya alasan hal tersebut dilakukan. Mungkin saja ia berpikiran sesuatu yang belum terpikirkan oleh kamu sebelumnya. Penting untuk membebaskan anak selama masih dalam pengawasan.

Itulah beberapa hal yang harus ibu ketahui terkait hobi membaca pada anak yang dapat meningkatkan daya imajinasinya. Dengan menerapkan hal tersebut, diharapkan cara berpikir dan kreativitas anak dapat meningkat secara signifikan. Meski begitu, cobalah untuk tidak memaksakan yang tidak ingin anak ibu lakukan.

Baca juga: Sering Bermain di Luar Bisa Tingkatkan Kecerdasan Anak?

Ibu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait cara meningkatkan hobi membaca anak agar daya imajinasinya dapat meningkat. Caranya mudah sekali, ibu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari untuk mendapatkan akses cara meningkatkan kecerdasan anak!

Referensi:
Literacy Works. Diakses pada 2020. Why Read? Reason #6: Knowledge is Power but Imagination is More Valuable.
Parents. Diakses pada 2020. How to Nurture Your Child's Imagination.