• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 9 Manfaat Kesehatan Memiliki Hewan Peliharaan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 9 Manfaat Kesehatan Memiliki Hewan Peliharaan

9 Manfaat Kesehatan Memiliki Hewan Peliharaan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 21 Juni 2022

“Hewan peliharaan bukan hanya jadi pelengkap dalam rumah saja. Menurunkan tekanan darah, meningkatkan aktivitas fisik, mencegah kesepian, dan menimbulkan perasaan senang jadi manfaat memelihara hewan.”

9 Manfaat Kesehatan Memiliki Hewan Peliharaan9 Manfaat Kesehatan Memiliki Hewan Peliharaan

Halodoc, Jakarta – Memelihara hewan adalah tanggung jawab besar karena kamu perlu memastikan kesehatannya dengan baik. Terlepas dari itu, banyak manfaat kesehatan yang bisa kamu ambil, dari segi fisik juga mental. Berikut ini manfaat memelihara hewan bagi kesehatan:

1. Menurunkan Tekanan Darah

Melansir jurnal Pet Ownership and Cardiovascular Risk ada hubungan antara kepemilikan hewan peliharaan dengan tekanan darah yang lebih rendah. Manfaat ini lebih efektif jika dibarengi dengan melakukan aktivitas bersama hewan peliharaan di luar rumah.

2. Meningkatkan Suasana Hati

Bermain bersama hewan peliharaan bisa membuat kamu merasa lebih tenang dan tidak stres. Kondisi tersebut dipicu oleh penurunan hormon kortisol dan peningkatan serotonin dalam tubuh.

3. Penurunan Kadar Kolesterol

Pemilik hewan peliharaan cenderung memiliki kadar kolesterol dan trigliserida yang lebih rendah karena pola hidup lebih aktif. Kondisi ini dapat menunjang kesehatan jantung secara menyeluruh.

4. Menurunkan Risiko Obesitas

Aktivitas fisik yang dilakukan bersama hewan peliharaan dapat menurunkan risiko obesitas. Obesitas dapat meningkatkan risiko penyakit dan masalah kesehatan lain termasuk sakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, dan kanker.

5. Meringankan Gangguan Mental

Memelihara hewan dapat membantu mengatasi dan meringankan gejala depresi. Berbicara dengan hewan peliharaan dan bermain bersama dapat memicu munculnya perasaan tenang dan bahagia.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh 

Manfaat memelihara hewan ini bisa dirasakan oleh bayi dalam keluarga yang memiliki peliharaan. Kekebalan tubuh akan terbentuk jika anak diperkenalkan dengan hewan sebelum menginjak 6 bulan.

Jurnal berjudul Pet-keeping in early life reduces the risk of allergy in a dose-dependent fashion menyebutkan kemungkinan terkena alergi dan asma menjadi lebih rendah.

7. Mendukung Pertumbuhan Anak Berkebutuhan Khusus

Hewan sering digunakan sebagai bagian dari rencana terapi bantuan anak autisme. Hewan terkadang jadi sarana untuk membantu anak mempelajari keterampilan komunikasi.

8. Mengatasi Keterbatasan ADHD

Melansir dari ADHD kids can be still, if they’re not straining their brains, pengidap ADHD perlu bergerak saat mengakses fungsi otak mereka.  Hewan peliharaan membantu anak-anak membakar energi ekstra sehingga lebih mudah tertidur di malam hari.

9. Melatih Kekuatan Tulang

Berjalan dengan peliharaan setiap hari adalah latihan untuk memperkuat tulang dan otot-otot kaki. Aktivitas ini disarankan untuk lansia yang mengidap osteoporosis. Manfaatnya lebih terasa jika dilakukan pagi hari di bawah sinar matahari. 

Vitamin D alami yang dihasilkan matahari membantu tubuh menyerap kalsium dan protein guna membantu mempertahankan kesehatan tulang yang kuat.

Itulah beberapa manfaat memelihara hewan bagi kesehatan. Jika hewan peliharaan berubah menjadi tidak aktif, muntah, diare, dan lebih banyak tidur, silakan tanya dokter untuk mengetahui penyebabnya. Jika kamu membutuhkan informasi lain seputar kesehatan, silakan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
AHA Journal. Diakses pada 2022. Pet Ownership and Cardiovascular Risk.
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2022. How to Stay Healthy Around Pets.
PLOS Journal. Diakses pada 2022. Pet-keeping in early life reduces the risk of allergy in a dose-dependent fashion.
Raising Children. Diakses pada 2022. Animal-assisted therapy.
Everyday Health. Diakses pada 2022. 6 Potential Health Benefits of Owning a Pet.
FETCHbyWebMD. Diakses pada 2022. How Pets Can Improve Your Health.