• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 9 Tradisi Unik Tahun Baru di Seluruh Dunia

9 Tradisi Unik Tahun Baru di Seluruh Dunia

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Setiap negara mempunyai tradisi tahun baru yang berbeda-beda. Menelepon keluarga jelang jam 12 malam, menyanyikan lagu "Auld Lang Syne", sampai makan kacang polong untuk keberuntungan adalah beberapa di antaranya.

Berbagi makanan bersama keluarga dan teman terdekat serta membuang furnitur lama ke luar jendela juga termasuk dalam tradisi unik tahun baru di dunia. Apa saja tradisi unik tahun baru lainnya yang ada di dunia? Yuk, simak ulasanya berikut!

Baca juga: Jaga Kesehatan Mental di Awal Tahun Baru dengan 3 Cara Ini

1. Mengenakan Pakaian Putih (Brasil)

Di Brazil, tahun baru dianggap sebagai waktu untuk merefleksikan masa lalu dan membuat resolusi baru untuk tahun yang akan datang. Ada tradisi mengenakan pakaian warna putih di Brasil sebagai perlambang keberuntungan, kemakmuran, dan mengusir roh jahat. 

Selain mengenakan pakaian putih, ada tradisi juga melompati tujuh gelombang yang merupakan angka keberuntungan dalam budaya Brasil, serta melemparkan bunga ke dalam air sebagai persembahan kepada Lemanjá, dewi laut.

2. Makan 12 Buah Anggur (Spanyol)

Di Spanyol, adalah kebiasaan untuk makan 12 buah anggur. Setiap anggur mewakili keberuntungan selama satu bulan di tahun yang akan datang. Di kota-kota besar seperti Madrid dan Barcelona, orang-orang berkumpul di alun-alun utama untuk makan buah anggur bersama-sama.

3. Membawa Koper Kosong (Kolombia)

Dengan harapan tahun baru ini akan penuh perjalanan, penduduk Kolombia punya ritual membawa koper kosong di sekitar blok rumah. 

4. Melempar Piring dan Gelas ke Pintu (Denmark)

Orang Denmark menyambut tahun baru dengan melemparkan piring dan gelas tua ke luar pintu untuk mengusir roh jahat. Mereka juga berdiri di atas kursi dan melompat bersama pada tengah malam sebagai perlambang lompatan ke Januari untuk mendapatkan keberuntungan.

Baca juga: 5 Tips Jitu Wujudkan Resolusi Sehat Tahun Baru

5. Upacara Api Unggun (Skotlandia)

Orang Skotlandia mengadakan upacara api unggun di mana orang-orang berparade sambil mengayunkan bola api raksasa di tiang, yang konon merupakan simbol matahari, untuk memurnikan tahun yang akan datang.

6. Memajang Bentuk Bulat di Rumah (Filipina)

Kamu akan menemukan banyak bentuk bulat di seluruh Filipina pada malam tahun baru sebagai perwakilan koin yang melambangkan kemakmuran di tahun mendatang. Banyak keluarga memajang tumpukan buah berbentuk bundar di meja makan mereka yang masing-masing jumlahnya 12. Banyak juga orang yang memakai pakaian polkadot sebagai keberuntungan.

7. Mengenakan Baju Warna Merah (Brasil)

Di Brasil, serta negara-negara Amerika Tengah dan Selatan lainnya seperti Ekuador, Bolivia, dan Venezuela, punya kebiasaan mengenakan baju berwarna merah yang dianggap membawa cinta di tahun baru serta warna kuning sebagai perlambang kemakmuran.

8. Menggantung Bawang (Yunani)

Bawang secara tradisional digantung di pintu depan rumah pada tahun baru sebagai simbol kelahiran kembali di tahun baru. Pada tahun baru, orangtua akan membangunkan anak mereka dengan menepuk kepala mereka dengan bawang sebagai keberuntungan.

9. Mencelupkan Buah ke Madu (Israel)

Tahun baru di Israel dirayakan dengan cara mencelupkan buah ke dalam madu sebagai perlembang manis dan berkah yang akan diperoleh di tahun mendatang. Sepanjang perayaan tahun baru, alat musik shofar pun dibunyikan. Alat musik ini terbuat dari tanduk domba jantan dan dimaksudkan sebagai lambang kerendahan hati berdiri di hadapan Tuhan.

Baca juga: Tips Menjaga Pola Makan Sehat saat Natal dan Tahun Baru

Itulah beberapa tradisi unik tahun baru di seluruh dunia. Selamat tahun baru dan jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan. Kalau kamu punya masalah kesehatan, tanyakan saja langsung ke dokter di Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter kapan dan di mana saja melalui aplikasi ini. Tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

 

Referensi:

Worldtrides.com. Diakses pada 2021. 9 New Year's Traditions From Cultures Around The World.
Invaluable.com. Diakses pada 2021. 13 New Year’s Traditions from Cultures Around the World.