• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Menjaga Pola Makan Sehat saat Natal dan Tahun Baru

Tips Menjaga Pola Makan Sehat saat Natal dan Tahun Baru

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Perayaan Natal dan Tahun Baru adalah salah satu momen yang sangat ditunggu banyak orang. Pada musim liburan ini, kamu pasti akan menghabiskan waktu dengan teman dan keluarga untuk kembali mendekatkan diri. Namun, inti dari sebagian besar Natal dan Tahun Baru adalah makan-makan yang meriah!

Namun, bukan berarti kamu jadi acuh perihal pola makan selama momen perayaan ini. Periode perayaan ini bisa menjadi waktu yang sulit untuk menghindari makan makanan yang enak. Mengutip British Nutrition Foundation, ada penelitian yang menunjukkan bahwa kebanyakan orang akan mendapatkan kalori ekstra yang dikonsumsi selama perayaan ini. Kamu pun bisa dengan mudah mengalami kenaikan berat badan jika tidak pintar-pintar mengontrolnya. 

Namun, jangan khawatir, kamu tetap bisa makan, minum, dan bersenang-senang tanpa khawatir mengalami kenaikan berat badan berlebihan dengan tips berikut!

Baca juga: Biar Tetap Sehat, Perhatikan Ini Saat Pilih Camilan Natal

Batasi Asupan Alkohol 

Alkohol mengandung banyak kalori, jadi coba tentukan sendiri batas alkohol sebelum kamu tiba di pesta atau pertemuan keluarga. Kamu bisa mencoba mengganti alkohol dengan air, air soda, atau minuman ringan lainnya yang rendah gula. Untuk menjaga asupan gula tetap rendah, gantilah minuman yang dimaniskan dengan gula untuk diet, atau lebih baik lagi tanpa menambahkan gula dan hanya air putih.

Makan Sebelum Pesta

Jangan pernah datang dengan perut kosong saat kamu hendak menghadiri pertemuan saat momen tahun baru atau natal. Pasalnya, saat kamu datang dengan perut kosong, maka kamu akan tergoda untuk makan berlebihan. Coba makan makanan sehat sebelum datang ke pesta. Usahakan untuk mengonsumsi banyak salad atau sayuran, sedikit protein (daging, ayam atau ikan) dan sedikit karbohidrat gandum utuh (misalnya, setengah cangkir nasi merah yang dimasak). Protein makanan akan membuatmu merasa kenyang lebih lama.

Namun, jika kamu tidak sempat makan sebelumnya, carilah pilihan makanan sehat berbahan dasar protein tanpa lemak, seperti bakso, udang, sate, sushi, atau sandwich. Hindari makanan yang digoreng atau kue.

Baca juga: 4 Camilan Sehat Pengganti Junk Food

Buat Strategi saat Mengambil Makanan

Akan sulit untuk melacak seberapa banyak makanan yang kamu nikmati selama pesta. Oleh karena itu, buat strategi dari awal, seperti mengambil stik sayuran daripada biskuit, serta pilih hummus dan saus berbasis sayuran. Jika kamu suka keju, fokuslah pada kualitas daripada kuantitas, dan pilih keju dengan irisan tipis. Sayuran mengandung vitamin esensial, mineral, fitokimia, banyak serat, dan hampir tidak ada kalori berlebihan. 

Ketahui Kelemahanmu

Sebagian besar orang menyukai sesuatu yang manis atau asin. Mengakui ini penting, dan apapun kelemahanmu, mungkin yang terbaik adalah tidak makan sama sekali. Pasalnya, kamu mungkin saja bisa lebih sulit berhenti makan makanan kesukaanmu. 

Hindari Daging Olahan

Sosis dan daging olahan lainnya mengandung lemak jenuh, garam, dan pengawet, dan asupan tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker usus. Kamu bisa ganti sosis dengan hamburger yang dibuat menggunakan daging cincang tanpa lemak, atau sate daging tanpa lemak.

Fokus pada Protein Tanpa Lemak Ditambah Sayuran

Alih-alih pasta yang tinggi karbohidrat, pizza, dan hidangan berbahan dasar nasi, pilih makanan utama yang mencakup makanan berprotein rendah lemak, dan salad atau sayuran. Burger sering kali merupakan sumber protein yang baik, dan kamu bisa makan setengah dari roti jika ukurannya terlalu besar.

Untuk menghindari lemak tidak sehat, yang terbaik adalah menjauhi sajian yang digoreng seperti keripik, ikan atau cumi yang digoreng. Selain itu, banyak juga sajian dengan kari yang mengandung lemak dan kalori tersembunyi.

Baca juga: 6 Perawatan Wajah Wajib Sebelum Rayakan Natal

Salah satu yang juga penting saat kamu merasa terlalu banyak makan saat perayaan natal dan tahun baru adalah berolahraga. Dengan begini, kamu bisa membakar kalori berlebihan yang menumpuk di tubuh. Namun, jika kamu masih memiliki banyak pertanyaaan mengenai pola makan sehat selama musim liburan, kamu bisa tanyakan dokter di Halodoc melalui smartphone-mu, kapan dan di mana saja!

Referensi:
British Nutrition Foundation. Diakses pada 2020. Christmas and New Year.
The Conversation. Diakses pada 2020. Festive Season Survival Tips for Healthy Eating.