• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Tips Efektif Mengatasi Kebiasaan Menggigit Kuku

6 Tips Efektif Mengatasi Kebiasaan Menggigit Kuku

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Menggigit kuku adalah salah satu kebiasaan buruk yang cukup umum dilakukan. Kebiasaan ini biasanya akan secara otomatis dilakukan ketika orang tersebut merasa gugup, cemas, atau bosan. Itulah sebabnya kebiasaan menggigit kuku disebut erat kaitannya dengan masalah psikologis.

Namun, kebiasaan menggigit kuku perlu segera dihentikan, karena dapat membahayakan. Misalnya, jika kuku yang digigit tidak bersih, kuman akan masuk ke tubuh dan menyebabkan infeksi. Belum lagi masalah pada kuku yang mungkin terjadi. Lalu, bagaimana cara efektif untuk menghentikan kebiasaan ini?

Baca juga: Gangguan Kesehatan Bisa Dilihat dari Bentuk Kuku

Coba Tips Ini untuk Mengatasi Kebiasaan Menggigit Kuku

Menghentikan sebuah kebiasaan tentu tidak mudah. Namun, jika ingin segera menghentikannya, kamu perlu segera memulainya. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi kebiasaan menggigit kuku:

1. Cari Tahu Apa Penyebabnya

Sebelum mulai membatasi kebiasaan menggigit kuku, sebaiknya cari tahu dulu apa yang menjadi penyebab kamu melakukan kebiasaan ini. Menurut psikolog klinis dan pendiri Institute of Cognitive Behavioral Therapy di California, Paul DePompo, faktor umum yang menyebabkan seseorang menggigit kuku adalah sedang tidak ingin memikirkan sesuatu secara berlebihan, merenungkan suatu masalah, atau kebiasaan seperti sedang mengunyah sesuatu.

Jadi, cobalah ingat-ingat lagi kapan kamu akan mulai menggigit-gigit kuku, apakah saat sedang stres kantor, selagi menonton tv, atau ketika saat merasa cemas. Setelah mengetahui penyebabnya, kamu harus mengurangi kebiasaan menggigit kuku yang muncul saat berada di situasi tersebut. Tentu saja hal ini perlu dilakukan dengan perlahan-lahan.

Baca juga: Kuku Sering Patah, Mungkin 5 Hal Ini Penyebabnya

2. Minta Bantuan Orang Terdekat

Jika ingin berubah jadi lebih baik, kamu bisa memulainya dengan melakukan kesadaran dan komitmen serius untuk berhenti. Salah satu caranya adalah dengan meminta orang terdekat seperti teman dan keluarga untuk melarangmu saat mulai terlihat ingin menggigit kuku. Ini akan meningkatkan peluang kamu untuk berhasil menghentikan kebiasaan menggigit kuku.

3. Pastikan Kuku Selalu Pendek

Kebiasaan menggigit kuku sering terjadi saat kuku jari tangan dalam keadaan panjang sehingga mudah untuk digigit. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu memotong pendek kuku jari tangan, sehingga kamu akan mengalami kesulitan untuk menggigitnya. 

4. Manicure Kuku

Orang yang melakukan Perawatan manicure biasanya akan lebih merawat dan menjaga kuku-kukunya. Jika kamu sedang mencoba untuk menghentikan kebiasaan menggigit kuku, melakukan manicure merupakan salah satu cara yang bisa dicoba untuk membantu menghentikan kebiasaan menggigit kuku. Hal ini karena faktor waktu, dana, dan usaha yang dikorbankan saat melakukan manicure, bisa mencegah keinginan untuk menggigit kuku.

5. Gunakan Cat Kuku

Selain melakukan manicure, mempercantik kuku dengan menggunakan cat kuku berwarna juga bisa dicoba untuk membantu kamu mengatasi kebiasaan menggigit kuku. Penggunaan cat kuku akan membuat kuku menjadi tidak enak bahkan cenderung pahit saat digigit.

Baca juga: Dampak Buruk Kebiasaan Menggigit Kuku untuk Kesehatan

6. Fokus Hanya pada Salah Satu Jari

Menurut American Academy of Dermatology, jika menghentikan kebiasaan menggigit kuku dirasa sulit jika diterapkan langsung pada semua kuku jari tangan, kamu bisa menghentikan kebiasaan ini dengan cara perlahan, dari satu jari ke jari yang lain. Setelah berhasil menghentikan kebiasaan ini pada satu kuku dan bertahan dalam waktu yang cukup lama, coba lanjutkan ke kuku jari tangan berikutnya.

Itulah beberapa tips yang bisa dicoba untuk mengatasi kebiasaan menggigit kuku. Jika kamu sudah berhasil menghentikan kebiasaan ini, pertahankan. Sebab, kebiasaan ini bisa saja terjadi kembali di kemudian hari. Kalau kamu merasa kesulitan dalam mengatasi kebiasaan menggigit kuku, kamu bisa minta saran dari psikolog di aplikasi Halodoc kapan saja.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2020. Why Do I Bite My Nails and How Do I Stop? 
Healthline. Diakses pada 2020. How to Finally Stop Biting Your Nails. 
Huffington Post. Diakses pada 2020. 12 Expert-Backed Tips to Help You Stop Biting Your Nails.