• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Adakah Cara Cepat Menangani Kutil?

Adakah Cara Cepat Menangani Kutil?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Kutil atau pertumbuhan benjolan kecil di kulit memang kadang-kadang terasa mengganggu. Apalagi bila muncul di wajah, kutil dapat mengurangi penampilan. Itulah mengapa tidak sedikit orang yang memiliki kutil ingin sekali menghilangkan benjolan tersebut. Lantas, adakah cara cepat untuk menangani kutil? Yuk, cari tahu jawabannya di bawah ini.

Kutil adalah infeksi kulit yang ditandai dengan pertumbuhan benjolan kecil bersifat non-kanker yang menyerupai kembang kol pada kulit. Kutil disebabkan oleh virus dari keluarga human papillomavirus (HPV). 

Virus tersebut memicu pertumbuhan sel secara berlebihan, sehingga membuat lapisan luar kulit menebal dan mengeras di area yang terpengaruh. Meskipun kutil bisa tumbuh di mana saja pada kulit tubuh, tetapi benjolan ini lebih sering muncul di tangan atau kaki.

Baca juga: 5 Jenis Penyakit Kutil yang Harus Diketahui

Pengobatan Kutil

Sebagian besar kutil sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya tanpa perawatan. Namun memang, butuh waktu lama hingga beberapa tahun untuk kutil menghilang, tergantung pada lokasi dan jumlah kutil. Kutil biasanya lebih cepat menghilang bila terjadi pada anak-anak.

Sepertiga dari populasi anak-anak diperkirakan memiliki kutil. Namun, penelitian telah menemukan bahwa 50 persen kutil pada anak dapat menghilang dalam setahun, sedangkan 70 persen menghilang setelah 2 tahun. Namun, bila kutil tidak menghilang pun atau kondisinya mengkhawatirkan, ada berbagai pilihan pengobatan medis yang bisa dilakukan.

Kebanyakan pengobatan kutil dirancang untuk mengiritasi kulit dan membuat sel-sel tubuh melawan infeksi untuk membersihkan kutil. Berikut ini pilihan cara untuk menangani kutil secara cepat:

  • Asam Salisilat

Asam salisilat dapat ditemukan pada banyak krim, gel, dan obat-obatan yang dijual bebas. Namun ingat, lindungi kulit di sekitar kutil saat menggunakan obat ini, karena asam salisilat dapat merusak kulit yang sehat. Kamu bisa mengaplikasikan petroleum jelly atau plester jagung pada kulit di sekitar kutil untuk melindunginya dari asam salisilat. Selain itu, hindari mengoleskan obat ini ke wajah.

Berikut ini beberapa tips yang bisa meningkatkan efektivitas pengobatan kutil dengan asam salisilat:

  • Pertama-tama, lembutkan kutil dengan cara menggosok jaringan mati dari permukaan kutil setiap minggu dengan menggunakan batu apung atau papan amplas. Pastikan batu apung atau papan amplas tidak digunakan pada bagian tubuh yang lain atau oleh orang lain.
  • Sebelum menggunakan obat, rendam kutil dalam air selama sekitar 5 menit.
  • Aplikasikan obat ini secara rutin, setiap hari selama sekitar 3 bulan. Namun, bila kulit menjadi sakit, sebaiknya hentikan pengobatan dengan cara ini.

Kamu juga bisa beli obat ini dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Jadi, kamu enggak perlu repot-repot keluar rumah. Tinggal order melalui aplikasi dan obat pesanan kamu akan diantarkan dalam waktu satu jam.

  • Krioterapi (Pembekuan)

Krioterapi juga merupakan cara yang dapat menangani kutil secara cepat. Prosedur ini menggunakan cairan pembeku, seringkali nitrogen, yang disemprotkan langsung ke kutil untuk menghancurkan sel. Kutil akan berkembang menjadi lepuhan yang akhirnya akan mengering dan copot seminggu kemudian. 

Namun, perawatan ini harus dilakukan oleh profesional kesehatan. Bila kutil berukuran besar, prosedur ini mungkin memerlukan bius lokal dan dilakukan beberapa sesi.

  • Operasi

Cara cepat menangani kutil lainnya adalah dengan operasi. Namun, cara ini jarang dilakukan dan memiliki risiko munculnya jaringan parut. Sementara kutil yang dibiarkan sembuh dengan sendirinya tidak meninggalkan bekas.

Dokter kadang-kadang dapat merekomendasikan operasi bila perawatan lain tidak berhasil menangani kutil. Operasi hampir selalu dapat menghilangkan kutil. Dokter mungkin juga akan merekomendasikan penggunaan krim topikal ke area kutil, bahkan setelah kutil diangkat. Hal ini bertujuan untuk membersihkan bekas luka. 

Baca juga: Jangan Didiamkan, Ini Tanda Kutil Harus Dioperasi

  • Cantharidin

Dokter juga dapat mengaplikasikan zat yang mengandung ekstrak dari serangga dan bahan kimia lainnya sebagai cara untuk menangani kutil secara cepat. Setelah bahan tersebut diaplikasikan pada kutil, area tersebut kemudian akan ditutupi dengan perban.

Cara ini tidak menimbulkan rasa sakit, tetapi dapat menyebabkan lepuh yang mungkin terasa tidak nyaman. Lepuh kemudian akan mengangkat kutil dari kulit dan dokter dapat mengangkat bagian kutil yang mati tersebut.

  • Suntikan Antigen Candida

Sistem kekebalan tubuh manusia tidak dapat mendeteksi kutil. Karena itu, suntikan antigen candida dapat digunakan untuk menstimulasi beberapa sistem kekebalan untuk mendeteksi kutil dan melakukan tindakan. Prosedur ini tidak meninggalkan bekas luka, tetapi tidak dianjurkan bagi wanita hamil.

  • Perawatan Lainnya

Bila kutil tidak mempan dengan perawatan standar, dokter kulit atau spesialis kulit juga dapat merekomendasikan beberapa pengobatan lain berikut ini:

  • Imunoterapi, menstimulasi sistem kekebalan tubuh pengidap untuk menghancurkan kutil.
  • Bleomycin atau Blenoxane juga dapat disuntikkan ke dalam kutil untuk membunuh virus.
  • Retinoid yang sering digunakan untuk obat mata, juga dapat digunakan untuk menangani kutil. Obat ini bekerja dengan cara mengganggu pertumbuhan sel.
  • Antibiotik. Namun, obat ini hanya efektif untuk kasus infeksi.

Perlu diingat juga bahwa bila kutil hilang namun virus tetap ada, maka kutil dapat kambuh kembali.

Baca juga: 7 Pengobatan Alami Kutil yang Dapat Dicoba di Rumah

Itulah cara cepat menangani kutil yang bisa kamu lakukan. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. How to treat a wart.