Adakah Cara untuk Mencegah Cholangiocarcinoma?

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   21 Desember 2022

“Cholangiocarcinoma adalah jenis kanker yang menyerang saluran empedu. Sebaiknya setiap orang tahu cara mencegah gangguan ini sebelum terjadi!”

Adakah Cara untuk Mencegah Cholangiocarcinoma?Adakah Cara untuk Mencegah Cholangiocarcinoma?

Halodoc, Jakarta – Cholangiocarcinoma adalah jenis kanker yang terjadi pada saluran empedu, biasa disebut juga dengan kanker saluran empedu. Seperti gangguan kanker lainnya, gangguan ini dapat menimbulkan komplikasi yang membahayakan. Sebelum terjadi, sebaiknya mempraktekkan cara mencegah gangguan ini sebelum terjadi.

Cara Mencegah Cholangiocarcinoma, Jenis Kanker pada Saluran Empedu

Sejauh ini, belum ada cara yang bisa dilakukan untuk mencegah cholangiocarcinoma, gangguan kanker pada saluran empedu ini. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan risiko terserang penyakit ini, antara lain:

1. Mengonsumsi Makanan yang Sehat

Cara pertama dalam menurunkan risiko terserang cholangiocarcinoma adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Kamu perlu lebih banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan sayuran, buah-buahan, serta biji-bijian. Perbanyak konsumsi serat agar risiko terhadap kanker bisa mengalami penurunan.

Pastikan juga untuk mengurangi konsumsi gula dan lemak jenuh, sebab dapat menyebabkan terjadinya batu empedu. Batasi juga konsumsi makanan olahan dan daging merah yang berlebihan, serta kurangi konsumsi alkohol untuk menghindari terjadinya kerusakan hati.

2. Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko terserang kanker, termasuk juga cholangiocarcinoma. Beberapa jenis kanker yang terjadi pada saluran empedu atau saluran pankreas mulai terjadi akibat kerusakan yang disebabkan oleh merokok. Maka dari itu, berhenti dari kebiasaan ini sangat baik untuk kesehatan tubuh.

3. Hindari Paparan Bahan Kimia

Beberapa bahan kimia dapat meningkatkan risiko dari cholangiocarcinoma seperti nitrosamin, asbes, dioksin, dan lainnya. Jika seseorang sering terpapar atau terhirup ke dalam tubuh, risiko untuk mengalami gangguan kanker saluran empedu ini lebih tinggi.

4. Menjaga Berat Badan Ideal

Dengan menjaga berat badan tubuh tetap ideal dapat mengurangi banyak risiko dari masalah kesehatan, termasuk cholangiocarcinoma. Maka dari itu, setiap orang perlu menjaga asupan makanan harian serta rutin berolahraga agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan, termasuk juga kanker pada saluran empedu atau bahkan kantung empedu.

5. Menjaga Kadar Kolesterol Normal

Seseorang yang memiliki kadar kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko terserang berbagai jenis kanker. Sel kanker bisa saja tumbuh di saluran empedu yang membuat seseorang mengidap cholangiocarcinoma. Dengan menjaga kadar kolesterol tetap normal, risiko untuk mengidap gangguan ini diharapkan bisa menurun.

6. Mendapatkan Vaksinasi

Kamu juga perlu mendapatkan berbagai vaksinasi untuk mencegah berbagai masalah yang dapat meningkatkan risiko terhadap kanker. Nah, disarankan untuk mendapatkan vaksinasi untuk mencegah infeksi, termasuk hepatitis B dan C. Hal ini dapat membuat orang terlindungi dari penyakit hati, salah satu penyakit yang bisa jadi berhubungan dengan kanker.

Memang belum diketahui cara yang tepat untuk mencegah cholangiocarcinoma, tetapi menurunkan faktor risikonya mungkin diperlukan. Terapkan semua hal tersebut agar terhindari dari berbagai jenis kanker yang dapat membahayakan tubuh. Perlu juga melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin setiap tahunnya.

Jika ingin melakukan pemeriksaan kesehatan, fitur janji medis dari aplikasi Halodoc bisa digunakan untuk memesan tindakan ini melalui smartphone di tangan. Maka dari itu, download aplikasi Halodoc, sekarang juga untuk mendapatkan kemudahan dalam akses kesehatan kapan dan dimana saja tanpa batas!

Referensi:
Gastro MD. Diakses pada 2022. How to Lower Your Risk of Bile Duct Cancer.
Cancer. Diakses pada 2022. Bile Duct Cancer (Cholangiocarcinoma): Risk Factors and Prevention.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan