Adakah Cara untuk Mencegah Penoscrotal Webbing?

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   07 Februari 2023

“Penoscrotal webbing merupakan kondisi tumbuhnya selaput pada penis dan paling sering terjadi ketika bayi lahir. Banyak orang yang bertanya mengenai cara mencegah kondisi ini.”

Adakah Cara untuk Mencegah Penoscrotal Webbing?Adakah Cara untuk Mencegah Penoscrotal Webbing?

Halodoc, Jakarta – Apakah kamu memiliki tampilan penis yang berselaput? Bisa jadi kamu mengidap penoscrotal webbing. Kondisi ini dapat menimbulkan rasa sakit saat ereksi atau berhubungan seks. Namun, apa sih yang menjadi penyebab dari kondisi ini dan bisakah untuk dicegah? Ketahui faktanya!

Cara Mencegah Terjadinya Penoscrotal Webbing

Gangguan penis berselaput ini terjadi saat penis tertutup seluruhnya atau hanya sebagian oleh jaring kulit. Kondisi ini termasuk langka yang ditandai dengan jaringan kulit antara batang dan skrotum.

Masalah yang terjadi pada bagian intim pria ini dapat menjadi kondisi bawaan, berarti terjadi saat lahir. Meski begitu, bisa juga berkembang di kemudian hari yang akhirnya memengaruhi perkembangan alat kelamin.

Terkadang, gangguan ini bisa jadi akibat suatu kondisi yang mendasarinya, seperti lymphedema. Penyakit akibat penumpukan cairan getah bening ini dapat membuat selaput berlebih pada penis. Pada beberapa kasus, kondisi ini cukup parah yang akhirnya menutupi kelenjar penis sepenuhnya.

Lalu, bisakah penoscrotal webbing dicegah?

Ternyata, pertumbuhan jaringan selaput berlebih pada penis ini belum diketahui cara pencegahannya. Sebab, kondisi ini terjadi saat seseorang lahir atau dari kondisi tertentu yang sulit untuk dicegah.

Gangguan ini tidak selamanya menimbulkan rasa sakit dan menimbulkan masalah. Namun jika sudah menimbulkan rasa sakit saat ereksi dan melakukan hubungan seks, tindakan medis sebaiknya dilakukan sesegera mungkin.

Scrotoplasty, Tindakan untuk Mengatasi Penoscrotal Webbing

Sebelum tindakan penanganan, dokter akan melakukan diagnosis untuk memastikan kondisinya. Penis berselaput perlu dipastikan dengan pemeriksaan fisik dan mungkin berhubungan dengan penyakit alat kelamin lainnya. Pembedahan biasanya dapat memperbaiki tampilan penis.

Pembedahan pada selaput berlebih di penis ini dilakukan dengan memotong bagian kulit yang menghubungkan penis ke skrotum. Setelah itu, penyambungan kembali pada lokasi yang seharusnya dilakukan agar tampilan penis menjadi normal.

Prosedur ini berfokus untuk membuat sudut penis atau skrotum agar terlihat normal. Berbagai masalah yang timbul akibat gangguan penis berselaput ini, seperti ereksi yang menyakitkan, bisa menghilang.

Namun tidak semua yang mengalami kondisi ini butuh tindakan medis. Pasalnya, jika masalah ini tidak menimbulkan masalah apa pun dan tetap percaya diri dengan bentuk bagian intim yang ada, operasi bisa tidak dilakukan.

Untuk waktu pemulihan dari kondisi ini mungkin butuh beberapa minggu untuk benar-benar pulih. Selama itu, kamu mungkin mengalami pembengkakan dan perasaan tidak nyaman pada skrotum. Ikuti anjuran dari dokter agar lebih cepat untuk beraktivitas seperti biasa.

Lalu, kapan ya seseorang bisa melanjutkan untuk melakukan aktivitas seksual setelah operasi?

Untuk pemulihan dan penyembuhan total mungkin membutuhkan waktu sekitar enam minggu. Hingga benar-benar pulih, hindari melakukan hubungan seksual agar luka dapat sembuh total. Dengan begitu, kamu tidak merasakan sakit kembali selama kegiatan seks dilakukan.

Nah, sekarang kamu tahu jika penoscrotal webbing tidak dapat dicegah sebelum terjadi. Selain itu, tindakan medis juga tidak harus dilakukan sesegera mungkin, terlebih jika tidak merasakan sakit saat ereksi atau berhubungan seksual.

Apabila masih penasaran tentang segala hal yang berhubungan dengan pertumbuhan selaput pada penis ini, fitur tanya dokter dan janji medis dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan jawaban.

Untuk mendapatkan kemudahan ini, download aplikasi Halodoc di smartphone sekarang juga! 

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Webbed Penis (Penoscrotal Webbing).
I Cliniq. Diakses pada 2023. Webbed Penis – What Does It Mean?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan