• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Adakah Makanan yang Bisa Memperparah Anxiety?

Adakah Makanan yang Bisa Memperparah Anxiety?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Rasa cemas bisa dialami oleh siapa saja dan hal ini sebenarnya normal terjadi. Biasanya, hal ini akan muncul saat seseorang menghadapi situasi yang menimbulkan rasa khawatir atau rasa takut. Namun, rasa cemas yang terjadi dalam jangka panjang dan memburuk sebaiknya tidak disepelekan, sebab hal itu bisa menjadi tanda anxiety

Penting untuk mewaspadai anxiety yang muncul tanpa sebab jelas serta sulit untuk dikendalikan. Kalau itu yang terjadi, bisa jadi hal itu menjadi tanda terjadinya gangguan kecemasan. Selain berita atau situasi yang membuat khawatir, ternyata anxiety atau rasa cemas berlebih bisa menjadi lebih parah akibat konsumsi makanan tertentu. 

Baca juga: Dianggap Mirip, Ini Bedanya Anxiety Disorder dan Panic Attack

Makanan yang Bisa Memperparah Anxiety 

Seseorang bisa dikatakan mengalami anxiety jika mengalami rasa cemas yang menetap atau bahkan memburuk. Semakin lama, hal itu bisa mengganggu aktivitas bahkan memengaruhi kondisi kesehatan. Selain menghadapi situasi atau berita buruk, gejala gangguan kecemasan nyatanya juga bisa dipicu oleh makanan yang dikonsumsi. 

Adakah makanan yang bisa memperparah anxiety? Jawabannya ada. Nyatanya, asupan makanan maupun minuman yang masuk ke dalam tubuh bisa memengaruhi kondisi psikologis, stres, hingga anxiety. Apa saja jenis makanan yang bisa memperparah anxiety

  • Kopi 

Segelas kopi mungkin bisa membantu meningkatkan energi dan membuat semangat. Namun, konsumsi kopi pada saat cemas ternyata bisa memperparah anxiety. Kandungan kafein dalam kopi disebut menjadi penyebab hal ini bisa terjadi. 

  • Minuman Energi 

Selain dalam kopi, kafein juga terdapat di dalam minuman energi. Ternyata, dampak yang diberikan ke tubuh akibat konsumsi minuman ini juga tidak berbeda jauh dengan kopi. Konsumsi minuman berenergi bisa memperparah anxiety.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Social Anxiety Disorder?

  • Minuman Beralkohol 

Minuman beralkohol mungkin kerap dijadikan “pelarian” saat seseorang merasa cemas. Memang, jenis minuman ini bisa memberi rasa tenang, tapi hal itu hanya bersifat sementara. Setelahnya, minuman beralkohol bisa memicu gangguan tidur dan berujung pada anxiety yang semakin parah. 

  • White Bread 

Konsumsi white bread atau roti tawar bisa menjadi salah satu pemicu anxiety semakin parah. Selain itu, jenis makanan lainnya yang memiliki warna putih, seperti nasi atau pasta juga harus dihindari. Sebab, makanan ini mengandung gula rafinasi yang secara umum bisa mengganggu program diet dan bisa memengaruhi suasana hati alias mood. Konsumsi jenis makanan ini disebut bisa membuat rasa cemas menjadi lebih buruk. 

  • Gorengan 

Makanan yang digoreng, seperti kentang atau ayam juga sebaiknya dihindari. Tidak hanya bisa memperparah anxiety, makanan yang digoreng bahkan disebut bisa meningkatkan risiko terjadinya depresi. Secara umum, kebiasaan mengonsumsi makanan yang digoreng juga bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh, yaitu memicu gangguan pada organ jantung hingga menyebabkan obesitas alias berat badan berlebih. 

  • Pemanis Tambahan 

Pernah dengar bahwa meredakan stres atau cemas bisa dilakukan dengan konsumsi makanan atau minuman manis? Namun, kebiasaan menambahkan pemanis pada makanan dan minuman ternyata malah bisa memperparah anxiety. Efeknya ternyata tidak berbeda jauh dari kafein dalam kopi atau minuman energi. 

Baca juga: 5 Tanda Anxiety Disorder yang Perlu Diketahui

Perasaan cemas mungkin tidak bisa dengan mudah dihindari. Namun, menjaga mood tetap stabil nyatanya bisa membantu. Nyatanya, suasana hati berhubungan langsung dengan kondisi kesehatan fisik. Nah, biar mood selalu terjaga, pastikan juga untuk selalu menjaga kesehatan tubuh, yaitu dengan menerapkan gaya hidup sehat dan konsumsi multivitamin. Kamu bisa membeli multivitamin atau produk kesehatan lain melalui aplikasi Halodoc. Ayo, download aplikasinya di sini!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Anxiety Disorders.
The Healthy. Diakses pada 2021. 11 Foods that Make Anxiety Worse.