• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Adakah Manfaat Daun Jarak untuk Bayi? Cek Faktanya!
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Adakah Manfaat Daun Jarak untuk Bayi? Cek Faktanya!

Adakah Manfaat Daun Jarak untuk Bayi? Cek Faktanya!

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 10 November 2022

“Daun jarak dapat digunakan sebagai pengobatan alami untuk kulit bayi yang kering. Pijatan lembut setiap hari menggunakan minyak daun jarak dapat meredakan kulit bayi yang teriritasi dan kering.”

Adakah Manfaat Daun Jarak untuk Bayi? Cek Faktanya!Adakah Manfaat Daun Jarak untuk Bayi? Cek Faktanya!

Halodoc, Jakarta – Daun jarak yang sudah diekstraksi menjadi minyak sering ditemukan dalam produk kosmetik dan obat-obatan. Ini karena daun jarak memiliki khasiat mumpuni, terutama untuk pertumbuhan rambut, mengatasi jerawat, dan juga sembelit.

Tidak hanya untuk orang dewasa, daun jarak juga digunakan untuk kesehatan anak. Beberapa masalah pada bayi seperti sembelit, rambut rontok, dan masalah kulit bisa terobati dengan daun jarak. Informasi selengkapnya mengenai fakta daun jarak dan manfaatnya buat bayi bisa dibaca di sini!

Manfaat Daun Jarak untuk Kulit Bayi

Beberapa masalah kesehatan yang bisa diatasi daun jarak adalah:

1. Mengatasi Kulit Kering 

Ibu dapat menggunakan daun jarak sebagai pengobatan alami untuk kulit bayi yang kering. Pijatan lembut setiap hari dapat meredakan kulit bayi yang teriritasi dan kering. In kemudian akani membantu menjaga kulit bayi tetap lembut dan lembap. 

Bayi juga sering memiliki bercak kering di kulit mereka yang membutuhkan pelembap yang lebih efektif daripada yang ada pada minyak bayi biasa. Memijat bayi dengan minyak jarak sehabis mandi juga akan memberikan kehangatan.

2. Mengatasi Masalah Kutil

Minyak daun jarak dapat membantu mengatasi masalah kutil pada bayi. Minyak daun jarak memberikan sensasi hangat sehingga mampu menyembuhkan kutil ringan pada anak. Tapi, ibu atau ayah harus memastikan tidak mengoleskan minyak terlalu banyak kepada kulit bayi, supaya anak tidak kepanasan. 

3. Melembapkan Area Kulit yang Lembut

Area kulit yang lembut rentan mengalami infeksi. Ibu dapat menggunakan minyak jarak untuk memijat kuku dan rambut bayi. Sifat yang menenangkan dari minyak jarak membantu menjaga area lembut tetap lembap.

Selain menjaga kelembapan, ibu juga bisa menggunakan minyak daun jarak untuk mendorong pertumbuhan kuku yang sehat pada bayi. Namun, jangan mengoleskan minyak jarak di area dekat bibir, mata, anus, dan alat kelamin bayi.

4. Merilekskan Otot

Merendam sepotong kain lembut seperti kain flanel dengan minyak jarak hangat dan mengoleskannya ke sendi-sendi akan membantu merilekskan otot anak. Terkadang otot dan sendi bayi bisa saja kaku dan tegang. Ini bisa jadi sebagai bagian dari pertumbuhan yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Mengoleskan minyak jarak pun dapat membantu bayi menjadi lebih rileks. 

5. Mengobati Infeksi Jamur dan Ruam Popok

Minyak jarak memiliki kandungan senyawa aktif yang tinggi yang dikenal sebagai asam undecylenic. Senyawa ini efektif untuk mencegah dan mengobati infeksi jamur serta ruam popok. 

Tidak peduli seberapa hati-hati ibu dan ayah dalam merawat Si Kecil, anak tetap bisa mengalami ruam popok sewaktu-waktu.. Ruam popok dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa sakit. Itulah sebabnya minyak daun jarak dapat bekerja efektif untuk kulit bayi.

6. Mengatasi Masalah Kulit yang Terbakar Sinar Matahari 

Minyak daun jarak juga bisa mengobati bayi yang tersengat atau terpapar matahari secara berlebihan. Kulit bayi lembut dan sensitif dan mereka lebih rentan terhadap sengatan matahari daripada orang dewasa. Mengoleskan minyak daun jarak dapat menenangkan kulit dengan cepat. 

Itulah informasi mengenai manfaat daun jarak untuk bayi. Kalau ibu dan ayah punya masalah dengan kesehatan bayi, buat janji di rumah sakit untuk memeriksakan kesehatan anak ya! Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Parenting Healthy Babies. Diakses pada 2022. Health Benefits of Castor Oil for Babies.
Mom Junction. Diakses pada 2022. Castor Oil For Babies: Benefits And Side Effects.