Adakah Manfaat Jambu Kristal untuk Ibu Hamil? Ini Faktanya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   16 Desember 2022

“Buah jambu kristal tidak hanya memiliki rasa yang manis dan segar, tapi juga kaya manfaat, termasuk untuk ibu hamil. Mulai dari mengontrol tekanan darah, mencegah kolesterol, hingga mengurangi risiko diabetes gestasional.”

Adakah Manfaat Jambu Kristal untuk Ibu Hamil? Ini FaktanyaAdakah Manfaat Jambu Kristal untuk Ibu Hamil? Ini Faktanya

Halodoc, Jakarta – Saat hamil dokter akan menganjurkan ibu untuk mengonsumsi makanan kaya nutrisi. Tujuannya tentu saja memenuhi asupan gizi harian ibu dan janin dalam kandungan. Salah satunya adalah jambu kristal. Ternyata, tidak banyak yang tahu kalau ada banyak sekali manfaat jambu kristal untuk ibu hamil. 

Manfaat Jambu Kristal untuk Ibu Hamil

Jambu kristal adalah buah yang berasal dari Amerika Tengah ini mengandung banyak mineral dan vitamin yang penting untuk ibu hamil. Salah satunya adalah folat yang sangat baik untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan janin. Tak hanya itu, berikut manfaat jambu kristal untuk ibu hamil lainnya:

1. Mengontrol tekanan darah

Manfaat pertama yang bisa ibu dapatkan dengan mengonsumsi buah jambu kristal adalah membantu mengontrol tekanan darah. Ibu hamil memang rentan mengalami darah tinggi yang berujung pada preeklampsia. 

Kondisi ini sangat berbahaya baik untuk ibu maupun janin. Selain itu, buah jambu kristal juga membantu mencegah terjadinya pembekuan darah, kelahiran prematur, dan risiko keguguran. 

2. Manfaat jambu kristal untuk ibu hamil: mengendalikan kolesterol

Kandungan nutrisi lain yang baik untuk ibu selama kehamilan adalah serat. Jambu kristal juga kaya akan serat yang baik untuk mencegah sembelit dan mengontrol kolesterol dalam darah. Sebab, kadar kolesterol yang tinggi bisa meningkatkan risiko ibu hamil mengalami sejumlah komplikasi kehamilan, terutama yang berhubungan dengan kardiovaskular. 

3. Menurunkan risiko diabetes gestasional

Manfaat jambu kristal untuk ibu hamil selanjutnya adalah menurunkan risiko diabetes gestasional, kondisi ketika kadar gula dalam darah berlebih selama masa kehamilan. Tanpa perawatan dan cara pengendalian yang tepat, diabetes gestasional bisa berujung pada kesulitan proses persalinan. 

4. Mencegah sembelit

Konstipasi atau sembelit menjadi gangguan kesehatan yang sangat umum terjadi pada ibu hamil. Kondisi ini biasanya terjadi saat kehamilan memasuki trimester kedua karena perubahan hormon pada ibu hamil. 

Konsumsi jambu kristal dan memenuhi asupan cairan harian bisa membantu ibu terhindar dari risiko sembelit. Ini karena jambu kristal memiliki kandungan serat tinggi yang membantu melancarkan pencernaan dan melunakkan feses.

5. Mengurangi risiko anemia pada ibu hamil

Kurangnya asupan zat besi menjadi penyebab utama tingginya angka anemia yang terjadi pada ibu hamil. Saat ibu mengalami anemia, darah pada tubuh tidak bisa menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh sesuai dengan kebutuhan. 

Tidak hanya pada ibu, efek negatif anemia juga dapat terjadi pada janin yang sedang berkembang dalam rahim. Oleh karena itu, pastikan ibu memenuhi asupan zat besi harian dengan mengonsumsi makanan tinggi zat besi, seperti hati ayam dan bayam.

Selain itu, bantu tubuh memudahkan penyerapan zat besi dengan mengonsumsi buah yang kaya akan vitamin C, seperti jeruk atau jambu kristal. 

Itulah beberapa manfaat jambu kristal untuk ibu hamil yang menjadikan buah satu ini makanan sehat untuk menunjang kesehatan ibu dan janin. Jangan lupa, ibu wajib melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin untuk mengetahui perkembangan janin dan risiko masalah kesehatan yang mungkin terjadi.

Melakukan pemeriksaan kesehatan, termasuk periksa kandungan sekarang lebih mudah dengan menggunakan Layanan Home Lab di Halodoc. Oleh karena itu, pastikan ibu sudah download aplikasi Halodoc di ponsel, gratis dari Play Store atau App Store.

homelab halodoc
Referensi:
Matrnity. Diakses pada 2022. GUAVA DURING PREGNANCY: SAFETY PROFILE, HEALTH BENEFITS & SIDE EFFECTS.
Healthline. Diakses pada 2022. Should You Eat Guava During Pregnancy?
Firstcry Parenting. Diakses pada 2022. Eating Guavas During Pregnancy – Is It Safe?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan