• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Adakah Manfaat Memberikan Bubur Instan sebagai MPASI?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Adakah Manfaat Memberikan Bubur Instan sebagai MPASI?

Adakah Manfaat Memberikan Bubur Instan sebagai MPASI?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 23 Desember 2020
Adakah Manfaat Memberikan Bubur Instan sebagai MPASI?

Halodoc, Jakarta - Apakah bayi ibu sudah memasuki usia enam bulan? Berarti sudah saatnya untuk memperkenalkannya pada makanan padat. Jika hanya memberikan ASI saja, nutrisi tubuhnya tidak tercukupi dengan baik. Hal ini disebut juga dengan MPASI atau Makanan Pendamping ASI. Umumnya, makanan yang diberikan harus benar-benar halus layaknya bubur. Saat ibu terlalu sibuk, bubur instan dapat menjadi pilihan yang tepat.

Hal yang menjadi pertanyaan banyak ibu saat memberikan MPASI tersebut pada bayinya adalah adakah manfaat yang diberikan oleh bubur instan? Pertanyaan ini timbul mengingat jika segala sesuatu yang instan umumnya tidak mengandung nutrisi dan gizi yang cukup, padahal bayi membutuhkannya untuk tumbuh dengan sehat. Berikut ulasan tentang hal tersebut!

Baca juga: 6 Makanan Sehat bagi Anak yang Mulai MPASI

Manfaat dari Bubur Instan untuk MPASI pada Bayi

Makanan Pendamping ASI ini umumnya disediakan oleh sang ibu dengan cara mengolah beberapa bahan makanan hingga menjadi halus atau lunak. Banyak orangtua yang selalu memastikan untuk memberikan nutrisi dan gizi yang cukup di setiap makanannya. Terkadang, beberapa hal memaksa ibu memberikan makanan yang mudah disajikan seperti halnya bubur instan. Tentu makanan cepat saji ini tidak dapat dibandingkan dengan yang organik.

Pertanyaan yang sering kali muncul apakah memberikan bubur instan sebagai MPASI untuk bayi dapat memberikan manfaat dan memastikan nutrisi serta gizi yang diterimanya?

Faktanya, standar dan persyaratan untuk memproduksi MPASI pada bayi telah diatur dalam Standar Nasional Indonesia, sehingga lebih ketat dengan makanan instan pada umumnya. Hal ini dilakukan mengingat jika makanan ini dikonsumsi oleh bayi yang rentan mengalami gangguan dan membutuhkan nutrisi yang cukup untuk memastikan pertumbuhannya. Selain itu, produksi makanan pendamping ini harus benar-benar higienis dan memenuhi ketentuan yang ada.

Selain itu, tidak selamanya bubur instan tidak mengandung nutrisi untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Sebenarnya, kandungan nutrisi yang ada di dalam makanan instan tersebut sudah difortifikasi agar bayi tidak mengalami kekurangan nutrisi. Artinya, kandungan di dalamnya sudah ditambahkan vitamin dan mineral, meski tidak setinggi makanan olahan organik.

Jika ibu masih memiliki pertanyaan tentang MPASI pada bayi yang paling baik untuk diberikan, dokter dari Halodoc siap membantu untuk memberikan saran yang tepat. Caranya hanya dengan download aplikasi Halodoc, dan dapatkan kemudahan dalam akses kesehatan tanpa perlu ke luar dari rumah!

Baca juga: Ketahui Jenis MPASI yang Paling Cocok untuk Si Kecil

Bubur Instan Tidak Boleh Dikonsumsi Terlalu Sering

Faktanya, bubur instan mengandung pemanis dan garam tambahan sehingga tidak boleh dikonsumsi terlalu sering. Selain itu, kandungan nutrisi yang ada masih dianggap lebih rendah dibandingkan yang ibu masak sendiri. Disebutkan jika bayi butuh makan dua kali jumlah normal, agar mendapatkan nutrisi dan energi yang sama dengan makanan organik yang biasa ibu olah untuk anak.

Selain itu, makanan ini juga mengandung zat pengawet yang memang aman untuk bayi. Jika mengonsumsinya terlalu sering, bukan tidak mungkin zat tersebut menetap di dalam tubuh si Kecil. Maka dari itu, alangkah lebih baiknya untuk membuat sendiri MPASI pada bayi. Agar nutrisi yang terkandung benar-benar dapat menyehatkan tubuhnya dan memaksimalkan pertumbuhannya sesuai dengan usianya.

Baca juga: Cara Mengolah MPASI yang Aman dan Sehat

Sekarang ibu tahu kelebihan dan kekurangan yang didapatkan saat memberikan MPASI jenis ini pada bayi. Makanan yang terbaik adalah jenis organik yang benar-benar ibu masuk sendiri, sehingga pemilihan bahannya pun dapat beragam. Ibu bisa tahu makanan apa yang anak sukai dan tidak sukai. Memberikan beragam makanan sehat membuat lidahnya merasakan banyak jenis rasa.

Referensi:
Badan POM. Diakses pada 2020. MP-ASI yang Aman, Bermutu, dan Bergizi Tingkatkan Kualitas Generasi Muda Bangsa.
Kid Spot. Diakses pada 2020. How healthy is packaged baby food?