• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Nutrisi Penting untuk Pertumbuhan Anak

5 Nutrisi Penting untuk Pertumbuhan Anak

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Orangtua mana sih yang enggak ingin anaknya tumbuh sehat dengan berat badan dan tinggi yang ideal? Oleh sebab itu, orangtua sudah semestinya memantau tahapan pertumbuhan anak. Nah, pertumbuhan anak ini merupakan proses bertambahnya ukuran fisik dan bentuk tubuh. Pertumbuhan anak ini dinilai melalui pengukuran tinggi dan berat badan serta lingkar kepala.

Lalu, bagaimana sih cara agar pertumbuhan anak berjalan dengan optimal? Caranya beragam, salah satunya dengan memberikan asupan gizi yang tepat. Lantas, apa saja nutrisi yang perlu diberikan pada anak selama dirinya berada di dalam masa pertumbuhan?

Baca juga: Perlu Tahu, Ini Tanda Tumbuh Kembang Anak yang Ideal

Harus Bergizi Seimbang

Baik anak-anak, orang dewasa, maupun lansia sudah seharusnya mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Pernah mendengar istilah dari Barat, “You Are What You Eat”? Boleh percaya atau tidak, kalimat itu sesungguhnya bukan sekadar istilah belaka. Sebab apa yang kita makan akan mewakili diri kita sebenarnya. 

Nah, sudah tahu maksud bergizi seimbang? Gizi seimbang merupakan susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. 

Caranya dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman pangan, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih, dan memantau berat badan secara teratur, dalam rangka mempertahankan berat badan normal untuk mencegah masalah gizi.

Nah, untuk memperoleh gizi seimbang ini, Si Kecil perlu mengasup berbagai kelompok makanan yang berbeda. Apa saja? Idealnya makanan harus terdiri dari beragam jenis nutrisi, termasuk protein, lemak, serat, karbohidrat, vitamin, dan berbagai mineral penting. 

Berikut beberapa manfaat nutrisi tersebut bagi pertumbuhan anak.

1. Keistimewaan Kalsium

Kalsium merupakan nutrisi untuk pertumbuhan anak yang tak boleh dilupakan. Agar dirinya tubuh tinggi, ibu harus memberikan asupan kalsium yang cukup. Peran kalsium amat vital bagi pertumbuhan tulang dan gigi serta memperkuat otot dan tulangnya. 

2. Berbagai Macam Vitamin

Vitamin-vitamin tak kalah pentingnya dengan kalsium. Vitamin A, B, C, D, dan E amat dibutuhkan selama proses tumbuh kembang anak. Bila ibu menginginkan Si Kecil tumbuh tinggi, pastikan kebutuhan vitamin D-nya tercukupi. Pasalnya, vitamin D ini bisa membantu penyerapan kalsium yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang.

Nah, vitamin D ini banyak terkandung dalam susu dan produk olahannya ikan, bayam, kacang kedelai, hingga telur. 

Baca juga: Ibu Perlu Tahu, Ini 4 Cara Biar Anak Agar Tumbuh Tinggi

3. Zat Besi

Zat besi bukan cuma menyoal anemia saja. Zat besi juga masuk ke dalam nutrisi untuk pertumbuhan anak yang tak boleh ketinggalan. Nutrisi yang satu ini penting untuk menunjang tumbuh kembang anak. Zat besi dibutuhkan sel darah merah untuk mengangkut oksigen ke organ-organ penting dalam tubuh anak, termasuk otaknya. 

4. Manfaat Protein

Protein juga memiliki berbagai manfaat bagi pertumbuhan anak. Nutrisi ini dibutuhkan untuk membentuk sel dan jaringan tubuhnya, serta menghasilkan hormon. Tak cuma itu saja, protein juga bisa memperkuat tulang dan otot, dan membantu memecah makanan menjadi energi. 

Baca juga: Ingin Anak Aktif Bergerak, Asupan Protein itu Perlu

Lalu, makanan apa yang banyak mengandung protein dan baik bagi anak? Banyak kok, mulai dari telur, daging sapi, ikan, berbagai makanan laut, kacang-kacangan, hingga biji-bijian. 

5. Sempurnakan dengan Susu

Selain makanan bergizi seimbang, tak ada salahnya untuk menyempurnakan nutrisi harian anak dengan susu. Faktanya, susu memang bisa membantu meninggikan badan anak. Sebab susu mengandung berbagai nutrisi penting bagi pertumbuhan anak. Mulai dari protein, magnesium, zinc, lemak, dan berbagai mineral penting lainnya. 

Mau tahu lebih jauh mengenai masa pertumbuhan anak ? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
Healthline. Diakses Diakses pada 2020. How to Increase Your Height: Is There Anything I Can Do?
Very Well Family. Diakses pada 2020. Why Drinking Milk is Recommended for Kids and What Milk is Best.
Mayo Clinic. Diakses Diakses pada 2020. Nutrition for Kids: Guidelines for A Healthy Diet.
Kids Health. Diakses Diakses pada 2020. For Parents. Nutrition Guide for Toddlers.
WebMD. Diakses Diakses pada 2020. 6 Vitamins and Minerals Your Kids Need.