• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Adakah Manfaat Rutin Melakukan Tidur Siang?

Adakah Manfaat Rutin Melakukan Tidur Siang?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Banyak orang merasa sulit atau tidak terbiasa untuk tidur siang. Padahal, tidur siang dapat memberikan berbagai manfaat baik bagi tubuh. Tidur siang sendiri sering dihadapkan dengan stigma malas atau kurang antusias dalam bekerja. Padahal, tidur siang justru dapat meningkatkan produktivitas seseorang dalam bekerja melalui peningkatan kewaspadaan dan performa motorik.

Baca juga: Rutin Tidur Siang, Adakah Manfaatnya untuk Kesehatan?

Sebaiknya tidur siang dilakukan pada saat yang tepat, yaitu selama 20 menit. Jika tidur siang dilakukan selama 60-90 menit maka tidur siang dapat mengistirahatkan Rapid Eye Movement (REM), yang bermanfaat membuat koneksi baru dalam otak dan menyelesaikan masalah dengan cara yang baru. Bukan itu saja, ini manfaat tidur siang yang lainnya!

  • Tubuh Terasa Lebih Bugar

Manfaat tidur siang yang pertama yaitu meningkatkan kebugaran tubuh. Sebuah studi yang dilakukan menemukan bahwa atlet yang rutin melakukan tidur siang akan memiliki daya tahan tubuh yang baik, membantu menenangkan pikiran, suasana hati, serta mempercepat proses pemulihan saat terjadi cedera.

  • Mengasah Kreativitas

Tidur siang sejenak ternyata baik dalam meningkatkan kreativitas, lho. Hal ini diperkuat dengan studi yang dilakukan, yaitu tidur siang dapat meningkatkan persepsi sensorik yang sama efektifnya seperti tidur pada malam hari. Manfaat tidur siang bagi kesehatan muncul dari produksi serotonin di otak yang meningkat, sehingga memberikan efek peningkatan kreativitas dan pandangan yang lebih positif.

  • Mengurangi Kantuk dan Rasa Lelah

Jika pada malam harinya kamu kurang tidur, cobalah untuk mengganti waktu tidur yang kurang dengan tidur siang. Tidur siang dapat mengurangi rasa kantuk dan kelelahan yang kamu rasakan. Selain itu, tidur siang dipercaya mampu meningkatkan kewaspadaan, serta kemampuan belajar.

  • Mencegah Sakit Jantung dan Stroke

Manfaat tidur siang lainnya yaitu membantu mencegah serangan jantung, hingga stroke. Hal tersebut dapat terjadi saat kamu memberi waktu 20-40 menit setiap harinya untuk tidur siang. Membiarkan jantung bekerja ekstra setiap hari hingga terlalu lelah, akan menyebabkan jantung berdegup kencang dan mudah sakit.

Baca juga: Jarang Diketahui, Ini 6 Manfaat Tidur Siang

Tips Tidur Siang yang Baik

Tidur siang harus dilakukan dan baik dan benar agar kamu memperoleh manfaatnya. Berikut tips tidur siang yang yang baik:

  • Tidak lebih dari 30 menit. Pasalnya, tidur siang yang terlalu lama akan menyebabkan pusing dan rasa lemas.

  • Pilih tempat yang tenang untuk memperoleh tidur yang berkualitas walaupun hanya sebentar.

  • Hindari tidur di sore hari, karena hanya akan membuat kamu terjaga pada malam hari. Sebaiknya lakukan tidur siang di jam 2 atau 3 siang.

  • Jangan langsung tidur setelah makan. Sebaiknya beri jeda 2-3 jam untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

  • Lakukan tidur siang secara rutin. Orang yang rutin melakukan tidur siang biasanya memiliki kualitas tidur yang lebih baik pada malam hari.

Baca juga: Ini Manfaat Tidur Siang untuk Pertumbuhan Anak

Meski memiliki segudang manfaat baik bagi tubuh, tidak semua orang bisa melakukannya. Orang-orang yang memiliki gangguan tidur di malam hari seperti insomnia tidak boleh melakukannya. Jika dilakukan, kamu justru akan semakin terjaga pada malam hari, dan memperparah kondisi yang dialami.

Bagi para karyawan kantoran yang ingin melakukan tidur siang, kamu dapat melakukannya di sela-sela waktu istirahat. Namun, pastikan agar tempat kerjamu mumpuni untuk melakukan tidur siang, jangan sampai tidur siang yang dilakukan justru mengacaukan pekerjaan yang kamu kerjakan. Jika kamu memiliki masalah pada kesehatan, jangan lupa untuk mendiskusikannya dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya!

Referensi:

Sleepfoundation.org. Diakses pada 2020. Napping.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Napping: Do's and don'ts for healthy adults.