Jarang Diketahui, Ini 6 Manfaat Tidur Siang

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
jarang-diketahui-ini-6-manfaat-tidur-siang-halodoc

Halodoc, Jakarta – Tidur siang enggak hanya penting untuk anak-anak. Penelitian menunjukkan bahwa tidur siang juga baik untuk orang dewasa. Jadi, enggak ada salahnya bila kamu mengambil waktu sejenak di sela-sela waktu kerja untuk tidur siang. Tidur siang justru bisa meningkatkan daya ingat dan kinerja, sehingga kamu bisa lebih produktif lho. Yuk, simak manfaat tidur siang di sini.

1. Meningkatkan Daya Ingat

Penelitian mengungkapkan bahwa tidur memiliki peran penting bagi otak dalam menyimpan ingatan. Dengan tidur siang, kamu bisa mengingat hal-hal yang telah dipelajari sebelumnya di hari itu. Tidur siang juga bermanfaat untuk mencegah kamu melupakan hal-hal penting seperti keterampilan motorik, persepsi indera, dan ingatan verbal.

Baca juga: Ini Alasan Penting Mengapa Anak Harus Tidur Siang

2. Tetap Produktif

Ketika kamu mengerjakan berbagai macam tugas sepanjang hari, kinerja kamu cenderung menurun seiring berjalannya waktu. Itulah mengapa banyak pekerja yang sudah tidak konsentrasi bekerja menjelang malam. Nah, tidur siang bisa membantu kamu memiliki kinerja yang lebih konsisten.

3. Memperbaiki Suasana Hati

Bila kamu sedang merasa sedih atau bad mood, cobalah tidur siang sejenak. Cara tersebut efektif untuk mengangkat semangat kamu, lho. Tidur siang atau bahkan hanya beristirahat selama satu jam tanpa tidur bisa mencerahkan penampilan kamu. Para ahli mengatakan relaksasi yang dilakukan dengan berbaring atau beristirahat adalah penambah suasana hati yang sangat baik, baik kamu tertidur maupun tidak.

4. Meningkatkan Kewaspadaan

Setelah melakukan perjalanan jauh atau mengerjakan tugas yang berat, kamu biasanya akan cenderung mengantuk dan sulit berkonsentrasi. Nah, tidur merupakan cara yang ampuh guna mengembalikan kewaspadaan kamu. Sebuah studi dari NASA (National Aeronautics and Space Administration) menunjukkan bahwa pilot yang tidur siang selama 40 menit menjadi jauh lebih waspada.

5. Meningkatkan Kesabaran

Tahukah kamu, tidur siang ternyata bisa membuat kamu jadi lebih sabar, lho. Peneliti dari Universitas Michigan, Amerika Serikat melakukan penelitian pada beberapa orang terkait hal tersebut. Para peserta diminta untuk mengerjakan tugas yang sangat menyebalkan, yaitu menggambar desain geometris pada layar komputer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta yang sudah tidur siang mampu bersabar dan mengerjakan tugas tersebut selama 90 menit. Sementara itu, peserta yang tidak tidur siang hanya mampu bertahan selama 45 menit.

6. Meningkatkan Kreativitas

Beberapa pekerjaan menuntut kreativitas yang tinggi secara terus-menerus. Nah, bila kreativitas kamu sedang buntu, coba deh untuk tidur siang. Manfaat tidur siang untuk meningkatkan kreativitas sudah dibuktikan oleh studi yang dilakukan oleh psikiater dari Universitas California, Sara Mednick. Studi tersebut menemukan bahwa orang yang tidur siang, baik dengan gerakan mata yang cepat maupun tidur nyenyak sampai bermimpi, lebih kreatif daripada mereka yang tidak tidur siang.

Baca juga: Terlalu Lama Tidur Siang Bisa Sebabkan Sindrom Metabolik, Benarkah?

Nah, untuk mendapatkan manfaat tidur siang yang optimal, berikut ini tips-tipsnya:

  • Tidur siang yang biasanya disarankan adalah sekitar 20–30 menit untuk meningkatkan kewaspadaan jangka pendek. Tidur siang yang pendek ini bisa memberikan manfaat yang signifikan terhadap kewaspadaan dan kinerja kamu tanpa membuat kamu pusing atau mengganggu tidur malam.

  • Lingkungan tidur juga memengaruhi kualitas tidur siang kamu. Pastikan kamu tidur siang di tempat yang tenang dengan suhu udara yang nyaman.

  • Bila kamu tidur terlalu siang, hal ini mungkin bisa memengaruhi waktu tidur kamu di malam hari, sehingga justru malah mengacaukan waktu tidur kamu. Jadi, sebaiknya hindari tidur siang terlalu siang.

Baca juga: Ini Penjelasan Kenapa Ibu Hamil Butuh Tidur Siang

Nah, itulah beberapa manfaat tidur siang yang mungkin jarang diketahui banyak orang sebelumnya. Bila kamu sakit dan butuh saran kesehatan, gunakan saja aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2019. Health Benefits of Napping.