Adakah Pantangan Makanan agar Cepat Hamil? Ini Faktanya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   27 Desember 2022

“Faktanya makanan bisa memengaruhi kesuburan, sehingga ada pantangan makanan agar cepat hamil. Jadi, coba batasi asupan daging merah hingga karbohidrat olahan agar cepat hamil.”

Adakah Pantangan Makanan agar Cepat Hamil? Ini FaktanyaAdakah Pantangan Makanan agar Cepat Hamil? Ini Faktanya

Halodoc, Jakarta – Kesuburan menjadi salah satu hal yang cukup penting saat kamu dan pasangan merencanakan kehamilan. Bukan hanya rutin melakukan pemeriksaan hingga berolahraga, untuk memastikan kondisi kesuburan yang optimal saat merencanakan kehamilan, kamu juga perlu memastikan asupan makanan.

Ada berbagai jenis makanan yang bisa membantu kamu untuk segera mendapatkan kehamilan. Namun, ada juga makanan yang sebaiknya kamu hindari atau batasi agar tidak menyebabkan gangguan pada kesuburan. Yuk, simak berbagai ulasan mengenai pantangan makanan agar cepat hamil berikut ini!

Pantangan Makanan agar Cepat Hamil

Faktanya, ada berbagai jenis pantangan makanan agar cepat hamil yang harus kamu perhatikan. Berbagai makanan tersebut harus dihindari karena dapat meningkatkan risiko gangguan kesuburan pada pria maupun wanita.

Untuk menurunkan risiko gangguan kesuburan, sebaiknya ketahui berbagai pantangan makanan agar cepat hamil, seperti:

1. Daging Merah dan Olahan

Terlalu banyak mengonsumsi daging merah dan olahan, seperti daging sapi, bacon, hingga sosis dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan kesuburan. Jenis daging ini dapat memengaruhi kualitas sperma. 

Beberapa penelitian mengatakan pria yang lebih banyak mengonsumsi jenis daging ini memiliki kualitas, jumlah, hingga motilitas sperma yang kurang baik. 

2. Karbohidrat Olahan

Jika kamu ingin merencanakan kehamilan bersama pasangan, sebaiknya batasi asupan karbohidrat olahan. Mengonsumsi karbohidrat olahan terlalu banyak membuat gula darah meningkat dan melepaskan hormon insulin dalam tubuh. 

Tingginya kadar insulin tubuh membuat pelepasan sel telur pada rahim terganggu sehingga sulit mengalami proses pembuahan.

3. Makanan dan Minuman yang Mengandung Kafein

Pastikan untuk selalu membatasi asupan kafein setiap harinya. Mengonsumsi kafein berlebihan setiap hari dapat menurunkan kesuburan yang memicu kamu sulit untuk mendapatkan kehamilan.

Ada berbagai makanan dan minuman yang mengandung kafein, seperti cokelat, teh, hingga kopi.

4. Makanan yang Dipanggang dan Digoreng

Kue dan donat yang dibuat menggunakan campuran margarin akan memiliki kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi. Mengonsumsi makanan yang memiliki lemak jenuh tinggi dikaitkan dengan gangguan kesuburan, baik pada pria maupun wanita.

Jadi, pastikan kamu membatasi berbagai makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh. Sebaiknya konsumsilah berbagai makanan yang mengandung lemak sehat, seperti alpukat, minyak zaitun, hingga kacang-kacangan.

Itulah berbagai pantangan makanan agar cepat hamil. Pastikan kamu untuk selalu mengonsumsi berbagai makanan sehat dan bernutrisi yang bisa meningkatkan kesuburan.

Selain Makanan, Hindari Kebiasaan Ini

Bukan hanya beberapa jenis makanan yang perlu kamu hindari, kamu juga perlu menghindari kebiasaan ini agar kesehatan reproduksi kamu dan pasangan selalu terjaga dalam kondisi yang optimal.

Berikut kebiasaan yang sebaiknya dihindari:

  • Merokok. Sebaiknya hindari kebiasaan ini jika kamu ingin cepat mendapatkan kehamilan. Kandungan kimia dalam rokok memicu penurunan kesuburan baik pada pria maupun wanita.
  • Stres. Stres dapat memengaruhi siklus menstruasi pada wanita. Kondisi ini memengaruhi masa kesuburan pada wanita yang menjadi tidak teratur.
  • Olahraga Berat. Olahraga menjadi salah satu kegiatan yang baik untuk dilakukan, tetapi jangan terlalu keras saat berolahraga. Kebiasaan ini dapat menyebabkan gangguan kesuburan yang memicu sulit hamil.

Jangan lupa untuk selalu lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin agar rencana kehamilan yang dijalankan dapat berjalan dengan baik. Buat janji pemeriksaan menggunakan Halodoc di rumah sakit pilihan. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play.

Referensi:
The Bump. Diakses pada 2022. 10 Things to Avoid When Trying to Conceive.
Healthline. Diakses pada 2022. 5 Foods to Avoid When Trying to Get Pregnant.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan