• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Agar Lelap, Perlukah Nursery Ryhmes untuk Bayi?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Agar Lelap, Perlukah Nursery Ryhmes untuk Bayi?

Agar Lelap, Perlukah Nursery Ryhmes untuk Bayi?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 30 April 2018
Agar Lelap, Perlukah Nursery Ryhmes untuk Bayi?Agar Lelap, Perlukah Nursery Ryhmes untuk Bayi?

Halodoc, Jakarta – membuat Si Kecil terlelap ternyata bukan perkara mudah. Inilah sebabnya, ibu pasti akan mengalami kurang tidur saat Si Kecil baru lahir hingga usianya menginjak tiga bulan. Menyanyikan lagu-lagu nina bobo menjadi upaya yang paling sering dilakukan para ibu untuk membuat Si Kecil terlelap. Aktivitas ini lebih dikenal dengan sebutan nursery rhymes.

Sebuah studi yang dilakukan oleh ahli Neurologi dari Wellcome Trust, Tim Griffiths, menyatakan bahwa ada banyak manfaat nursery rhymes untuk perkembangan anak. Saat mendengarkan lagu, ada bagian otak yang akan memengaruhi respon emosional terhadap musik tadi. Respon inilah yang membuat si kecil mengantuk saat ibu menyanyikan lagu nina bobo.

Cara Melakukan Nursery Rhymes

Ibu bisa menidurkan si kecil dengan mengikuti cara-cara berikut:

  • Memainkan Lagu Pengantar Tidur dengan Pemutar Musik

Sebelum tidur, ibu bisa memutarkan lagu-lagu bertempo lambat dengan alunan musik yang pelan. Jangan lupa untuk mengganti lampu terang dengan lampu yang cahayanya lebih redup. Ini akan membuat Si Kecil lebih cepat terlelap. Ruangan yang lebih remang turut membuat tidur Si Kecil lebih pulas.

Meski demikian, sebaiknya ibu tidak memutar musik lalu meninggalkan Si Kecil. Pakar anak asal Philadelphia, Amerika Serikat, Jodi Mindell mengatakan, apabila musik mati ketika Si Kecil belum tidur, itu akan membuat ibu harus memutar kembali musiknya. Sebaiknya, putarkan beberapa lagu dan tunggu hingga anak terlelap. Setelah itu, matikan pemutar musiknya.

Baca juga: Tips Agar Si Kecil Mau Berhenti Menyusu

  • Menyanyikannya Langsung

Cara kedua yang bisa ibu lakukan adalah dengan menyanyikannya langsung. Ibu tidak perlu khawatir dengan kualitas suara, karena bagaimana pun nadanya, suara ibu akan tetap merdu di telinga Si Kecil. Tak sebatas pada waktu tidur, ibu juga bisa menyanyikan lagu-lagu saat sedang bermain bersama Si Kecil. Ini merupakan cara bonding yang baik antara ibu dan Si Kecil.

Manfaat Nursery Rhymes

Ternyata, nursery rhymes tak hanya dengan menggunakan lagu-lagu bernada lembut. Ibu juga bisa menggunakan cerita-cerita atau dongeng yang dilagukan. Ternyata, tak hanya membuat bayi cepat tertidur, manfaat nursery rhymes lainnya adalah sebagai salah satu media untuk mendidik si kecil.

Saat bersenandung, si kecil akan menunjukkan ketertarikannya dengan memandangi ibu. Ia mendengarkan setiap kata yang ibu ucapkan, meskipun belum mengetahui makna dari lagu yang ibu nyanyikan. Aktivitas ini tentu akan membuat tubuhnya lebih rileks dan nyaman.

Tak hanya itu, nursery rhymes ternyata juga membuat si kecil mengenal nada dan musik lebih dini. Kegiatan ini pun merangsang perkembangan kemampuan berbahasa pada Si Kecil. Nantinya, ibu akan lebih mudah dalam mengajarinya berbicara.

Baca juga: Tips Menyiapkan MPASI Pertama untuk Si Kecil

Sebuah studi menunjukkan bahwa bayi akan lebih cepat terlelap jika dinyanyikan lagu daripada hanya digendong. Menyanyikan lagu saat Si Kecil hendak tidur pun disinyalir mampu meningkatkan koneksi emosional antara ibu dan sang buah hati.

Si Kecil mungkin memiliki lagu favorit dari semua lagu yang ibu nyanyikan. Meski demikian, jangan membatasinya dengan hanya menyanyikan satu lagu. Coba lakukan improvisasi dengan mengenalkan Si Kecil dengan lagu lain. Ibu perlu tahu, bayi ternyata amat menikmati adanya variasi pada lagu yang ibu senandungkan.


Dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa nursery rhymes memang dibutuhkan untuk membuat si kecil lebih cepat terlelap. Nah, kalau ibu memiliki permasalahan seputar kesehatan anak, ibu bisa langsung menanyakan pada dokter lewat aplikasi Halodoc. Aplikasi ini bisa ibu download langsung pada ponsel ibu. selain berinteraksi dengan para dokter, melalui aplikasi Halodoc, ibu juga bisa membelikan vitamin untuk Si Kecil tanpa perlu keluar rumah.