• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Agar Tetap Sehat, Ini 7 Makanan Untuk Detoksifikasi Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Agar Tetap Sehat, Ini 7 Makanan Untuk Detoksifikasi Tubuh

Agar Tetap Sehat, Ini 7 Makanan Untuk Detoksifikasi Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 04 Juli 2022

“Ada banyak pilihan makanan untuk detoksifikasi tubuh. Salah satunya adalah makanan kaya antioksidan seperti brokoli dan tomat.”

Agar Tetap Sehat, Ini 7 Makanan Untuk Detoksifikasi TubuhAgar Tetap Sehat, Ini 7 Makanan Untuk Detoksifikasi Tubuh

Halodoc, Jakarta – Banyak orang terobsesi dengan makanan untuk detoksifikasi, karena ingin tubuh sehat, atau untuk tujuan penurunan berat badan. Anggapan bahwa makanan tertentu bisa mendetoksifikasi atau membersihkan tubuh seringkali disalahpahami.

Sebenarnya, tubuh memiliki kemampuan “ajaib” untuk melakukan detoksifikasi secara alami. Jadi, melakukan perombakan pola makan hanya untuk detoks sebenarnya kurang diperlukan.

Namun memang, ada beberapa makanan yang bisa membantu fungsi detoksifikasi di dalam tubuh bekerja lebih optimal. Mau tahu apa saja makanannya? Yuk simak lebih lanjut!

Makanan untuk Detoksifikasi Tubuh

Sebenarnya, tidak ada makanan khusus untuk detoksifikasi tubuh. Namun, banyak sekali variasi makanan sehat yang bisa berkontribusi terhadap kesehatan secara keseluruhan, dan membantu proses detoksifikasi tubuh.

Berikut ini beberapa makanan untuk detoksifikasi yang bisa kamu konsumsi:

  1. Brokoli

Brokoli memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk dikonsumsi. Selain itu, brokoli juga dapat membantu tubuh melepaskan zat beracun yang tidak dibutuhkan. 

Sayangnya tidak banyak orang yang mengetahui manfaat brokoli tersebut. Selama ini, sayuran ini sering dijauhi dan cenderung tidak disukai, terutama oleh anak-anak.

  1. Teh Hijau

Teh hijau memiliki kandungan oksidan yang tinggi dan dapat meningkatkan metabolisme tubuh, bahkan bisa membantu menurunkan berat badan. Minuman ini disebut-sebut memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia, dan salah satunya adalah untuk membantu mengeluarkan racun secara alami.  

  1. Jeruk

Selain dapat membantu detoksifikasi tubuh, buah yang kaya akan vitamin C ini juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Untuk mendapatkan manfaatnya, cobalah untuk mengonsumsi satu buah atau segelas jus jeruk segar setiap pagi hari. 

Kandungan vitamin dalam buah jeruk juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit menyerang.

Kamu juga bisa mencoba untuk mengonsumsi jeruk bali merah. Sebab, buah ini memiliki fungsi untuk membersihkan saluran pencernaan, melancarkan sistem peredaran darah dan juga hati.

  1. Bawang Putih

Makanan lain yang juga dipercaya bisa untuk detoksifikasi tubuh adalah bawang putih. Senyawa kimia yang dikenal sebagai zat allicin dalam bawang putih dapat membantu menyaring racun saat masuk ke dalam tubuh. Biasanya zat ini akan bekerja di sekitar sistem pencernaan sehingga tubuh menjadi lebih sehat. 

Selain itu, bawang putih juga sudah lama dipercaya sebagai antibitik yang dapat menjaga tubuh tetap sehat. Mengonsumsi bawang putih disebut mampu menjaga tubuh dan mencegah serangan penyakit berbahaya.

  1. Asparagus

Asam amino dan mineral yang ditemukan dalam asparagus dapat meringankan gejala mabuk dan melindungi sel-sel hati dari racun. Sayuran ini juga merupakan diuretik alami, yang akan membantu membuang kelebihan racun dari tubuh.

  1. Air Lemon

Selain menyegarkan, air lemon juga termasuk salah satu makanan untuk membantu detoksifikasi tubuh. Cobalah untuk membuat infused water dengan beberapa irisan lemon. 

Meskipun tidak ada penelitian formal yang mengaitkan air lemon dengan detoksifikasi, air adalah bagian penting dari metabolisme tubuh yang sehat. Saat meminumnya, kamu akan memberi tubuh energi yang dibutuhkan untuk membersihkan diri dari racun.

  1. Tomat

Mengonsumsi makanan tinggi antioksidan, seperti tomat, dapat membantu proses detoksifikasi tubuh. Cobalah untuk menambahkan tomat di tiap hidangan atau menu makanan sehari-hari kamu.

Itulah beberapa makanan yang dapat membantu proses detoksifikasi tubuh. Seperti dikatakan di awal, tidak ada makanan yang benar-benar bisa mendetoksifikasi. 

Hal yang perlu dilakukan adalah mengonsumsi banyak variasi makanan sehat setiap harinya, dan jadikan itu sebagai pola hidup yang konsisten. Jangan lupa juga untuk minum air yang cukup dan olahraga teratur. 

Jika mengalami masalah kesehatan, segera download Halodoc untuk membuat janji rumah sakit guna menjalani pemeriksaan.

Referensi:
Eat This. Diakses pada 2022. The 25 Best Foods for Instant Detox.
Very Well Fit. Diakses pada 2022. What to Eat While Detoxing.
Medical News Today. Diakses pada 2022. What Are Detoxing Foods And What Are Their Benefits?