• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alami Diabetes saat Hamil, 3 Makanan yang Harus Dihindari

Alami Diabetes saat Hamil, 3 Makanan yang Harus Dihindari

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Setiap wanita yang sedang mengandung perlu memperhatikan segala asupan yang dikonsumsi, terutama jika mengidap diabetes. Memang, perubahan hormon yang terjadi pada tubuh saat hamil akan memperparah gangguan diabetes yang terjadi. Maka dari itu, ibu harus benar-benar memperhatikan beberapa makanan yang perlu dihindari ketika mengalami diabetes saat hamil. Berikut ulasan lengkapnya!

Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Diabetes saat Hamil

Diabetes gestasional adalah gangguan diabetes yang hanya terjadi pada seseorang saat hamil. Gangguan ini terjadi karena gula darah terlalu tinggi di dalam tubuh yang perkembangannya selama atau pertama kali terjadi saat hamil. Saat hamil, cara tubuh menggunakan insulin dapat berubah. Insulin sendiri adalah hormon yang memungkinkan sel tubuh untuk menyerap dan menggunakan glukosa (gula) untuk menjadi energi.

Baca juga: Ketahui Pengaruh Diabetes pada Ibu Hamil

Beberapa wanita dapat mengalami gangguan pada tubuhnya, sehingga berhenti merespons insulin atau tidak mencukupi nutrisi tersebut yang dibutuhkan agar dapat digunakan menjadi energi. Jika itu terjadi, tubuh akan memiliki terlalu banyak gula di dalam darah yang menyebabkan terjadi diabetes saat hamil atau gestasional. Maka dari itu, penting untuk menjaga diabetes untuk menimbulkan masalah yang lebih besar.

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menghindari beberapa makanan yang dapat memperparah gangguan diabetes saat hamil. Makanan yang pasti harus dihindari yang dapat meningkatkan kadar gula darah secara berlebihan. Berikut ini beberapa makan yang harus dihindari seseorang dengan gangguan diabetes gestasional:

1. Makanan Manis

Salah satu makanan yang harus dihindari wanita dengan gangguan diabetes saat hamil adalah makanan manis. Ini karena makanan tersebut dapat meningkatkan kadar gula darah yang memperparah masalah gula di dalam darah. Pastikan untuk menghindari segala makanan manis, seperti kue, permen, es krim, dan jus buah dengan tambahan gula. Ibu dapat mengganti makanan tersebut dengan susu dan buah-buahan secukupnya karena mengandung gula alami.

Baca juga: 7 Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Diet Diabetes Melitus

2. Makanan Kaya Tepung

Makanan yang kaya akan kandungan tepung mengandung karbohidrat tinggi dan dapat memengaruhi kadar gula darah. Maka dari itu, jika ibu ingin memakannya, pastikan hanya dalam porsi kecil. Beberapa makanan kaya tepung yang harus dihindari adalah roti dan nasi putih. Selain itu, biji-bijian seperti gandum utuh dan nasi merah memang lebih bergizi, tetapi kandungan karbohidratnya juga tinggi. Ibu dapat mengonsumsinya dalam jumlah sedang jika ingin.

Lalu, jika ibu masih mempunyai pertanyaan terkait diabetes saat hamil atau masalah lainnya yang berhubungan dengan kandungan, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya mudah, cukup dengan download aplikasi Halodoc dan dapatkan kemudahan terkait akses kesehatan tanpa perlu ke luar rumah dan bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun!

3. Makanan dengan Gula dan Karbohidrat Tersembunyi

Beberapa makanan dan minuman yang dikonsumsi memang bukan sumber gula atau karbohidrat. Namun, akan masih mengandung kadar gula tingkat kedua yang tetap dapat menimbulkan bahaya. Contoh dari makanan dengan kandungan gula dan karbohidrat yang tersembunyi adalah makanan olahan tinggi beberapa bumbu, seperti saus tomat, makanan cepat saji, dan alkohol.

Baca juga: Ibu Hamil Mengidap Diabetes, Apa yang Harus Dilakukan?

Maka dari itu, ibu harus lebih banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan protein setiap hari. Selain itu, cobalah juga untuk meningkatkan konsumsi buah dan sayur pada pola diet harian yang dilakukan agar tubuh tetap sehat. Dengan begitu, gangguan yang dapat disebabkan diabetes saat hamil dapat diminimalisasi atau diredam.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. What Can I Eat If I Have Gestational Diabetes? Food List and More.
Medical News Today. Diakses pada 2020. What is the best diet for gestational diabetes?