• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alami Hipotensi, Ini 5 Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi

Alami Hipotensi, Ini 5 Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Kondisi hipotensi atau yang dikenal sebagai darah rendah merupakan kondisi di mana tekanan darah berada di bawah 90/60 mmHg. Hipotensi sendiri merupakan sebuah gejala dari kondisi tertentu, seperti kehamilan, mengonsumsi jenis obat tertentu, mengalami penyakit tiroid, dehidrasi, infeksi, kekurangan nutrisi, serta alami perdarahan yang cukup parah. Tidak hanya itu, bahkan kebiasaan sederhana, seperti melakukan perubahan posisi dari duduk ke posisi berdiri terlalu cepat pun dapat menyebabkan seseorang alami hipotensi.


Baca juga: Awas, Inilah Komplikasi yang Disebabkan oleh Hipotensi


Biasanya, seseorang yang mengalami hipotensi akan mengalami gejala yang cukup khas, seperti mual, pusing, muntah, lemas, pandangan yang menjadi buram, kondisi keseimbangan yang tidak stabil, pingsan, hingga alami sesak napas. Meskipun tidak berbahaya, tetapi sebaiknya hindari kondisi ini agar tidak menimbulkan komplikasi, seperti syok. Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari kondisi tekanan darah rendah, salah satunya dengan mengubah pola makan.


Berikut adalah beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat kamu mengalami kondisi hipotensi, agar kondisi kesehatan dapat segera pulih.


1.Daging Merah

Saat kamu mengalami tekanan darah rendah, mengonsumsi daging merah menjadi salah satu pilihan yang bisa kamu lakukan untuk tingkatkan tekanan darah. Melansir Healthline, daging merah atau daging sapi menjadi salah satu jenis daging yang memiliki kandungan vitamin B12.

Vitamin B12 sendiri dibutuhkan oleh tubuh untuk membuat sel darah merah. Dengan terpenuhinya kebutuhan sel darah merah dalam tubuh, maka tubuh akan terhindar dari kondisi anemia yang dapat meningkatkan risiko seseorang alami hipotensi.


2.Sayuran Hijau

Tidak hanya ibu hamil, nyatanya pengidap hipotensi juga membutuhkan asupan asam folat yang cukup tinggi. Saat tubuh kekurangan asam folat, seseorang akan berisiko alami anemia yang dapat menyebabkan risiko tekanan darah rendah. Untuk itu, penuhi kebutuhan asam folat dalam tubuh dengan mengonsumsi berbagai sayuran hijau, seperti bayam, asparagus, dan juga brokoli.


Baca juga: Alasan Anemia Dapat Sebabkan Hipotensi


3.Makanan yang Mengandung Garam

Melansir Mayo Clinic, meskipun garam sebaiknya dihindari bagi pengidap tekanan darah tinggi, tetapi berbeda dengan pengidap tekanan darah rendah. Mengonsumsi makanan yang mengandung sedikit garam nyatanya dinilai efektif untuk meningkatkan tekanan darah dalam tubuh. Namun, pengonsumsian garam tetap harus dibatasi agar tidak berlebihan dan menyebabkan gangguan kesehatan lainnya.


4.Buah atau Sayur yang Mengandung Air

Sebaiknya pilihlah buah atau sayur yang memiliki kandungan air untuk mencegah tubuh mengalami kondisi dehidrasi. Saat tubuh mengalami dehidrasi, kondisi ini rentan menyebabkan seseorang alami tekanan darah rendah atau hipotensi. Berbagai buah dapat kamu konsumsi untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh, seperti semangka, jeruk, tomat, dan air kelapa.

Jika kamu ingin mengonsumsi sayur dengan kandungan air yang tinggi, cobalah konsumsi mentimun, selada, atau seledri untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Selain mengonsumsi buah dan sayur, jangan lupa untuk penuhi kebutuhan cairan dengan mengonsumsi air putih agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.


5.Kafein

Ketika kamu mengalami beberapa gejala tekanan darah rendah atau hipotensi, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi secangkir teh atau kopi. Melansir Harvard Health Publishing, kandungan kafein dalam teh dan kopi dapat membantu tingkatkan tekanan darah dengan merangsang sistem kardiovaskular serta tingkatkan denyut jantung.

Baca juga: 4 Buah yang Cocok Dikonsumsi saat Tekanan Darah Rendah

Itulah beberapa jenis makanan yang bisa kamu konsumsi untuk mengatasi tekanan darah rendah. Namun, segera kunjungi rumah sakit terdekat ketika kondisi ini tidak membaik dalam beberapa hari. Tekanan darah rendah yang tidak diatasi

dengan baik dapat menyebabkan tubuh mengalami mengalami syok dan kekurangan oksigen.



Referensi:
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2020. Coffee and Your Blood Pressure.
Healthline. Diakses pada 2020. Raise Low Blood Pressure Naturally Through Diet.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Low Blood Pressure (Hypotension).
Medical News Today. Fifteen Good Foods for High Blood Pressure.