• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alasan Konsumsi Ikan Saat Puasa Bisa Tingkatkan Imunitas

Alasan Konsumsi Ikan Saat Puasa Bisa Tingkatkan Imunitas

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Sistem kekebalan tubuh atau imunitas yang kuat, akan membuat kamu tidak mudah sakit selama bulan puasa. Untuk meningkatkan imunitas, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Salah satunya adalah dengan menjalani pola makan sehat, saat sahur dan berbuka puasa. 

Bicara soal makanan sehat untuk tingkatkan imunitas, kamu tidak boleh melewatkan konsumsi ikan. Ikan dan makanan laut lainnya mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, omega-3, asam lemak tak jenuh ganda (PUFA), serta vitamin dan mineral lainnya, yang bermanfaat untuk menjaga imunitas tetap kuat. 

Baca Juga: Benarkah Sistem Kekebalan Tubuh Wanita Lebih Rendah Ketimbang Pria?

Berbagai Makanan untuk Tingkatkan Imunitas  

Makanan sehat dapat membantu meningkatkan kinerja imunitas agar tetap kuat dalam melawan infeksi. Selain ikan, beberapa jenis makanan lain yang juga dapat meningkatkan imunitas adalah:

1. Brokoli

Brokoli tinggi serat dan antioksidan, serta kaya akan vitamin A, C, dan E. Kandungan nutrisi itulah yang membuat brokoli mampu menjaga dan meningkatkan imunitas.

2. Bayam

Bayam mengandung antioksidan yang tidak kalah tinggi dibandingkan brokoli. Sayuran hijau ini juga mengandung banyak beta karoten, vitamin C, dan vitamin A yang efektif untuk memperkuat imunitas. Namun, hindari memasak bayam terlalu lama agar nutrisinya tidak banyak terbuang, ya.

3. Bawang Putih

Rempah ini paling sering digunakan sebagai bumbu makanan. Kandungan zat allicin di dalamnya mampu menjaga fungsi imunitas dengan cara merangsang aktivitas dan produksi sel darah putih. Selain itu, bawang putih juga mengandung zat yang dapat melawan infeksi bakteri, virus, dan parasit, serta memiliki sifat antioksidan yang dapat meredakan peradangan, menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung, dan menjaga tekanan darah tetap normal.

Baca Juga: 7 Makanan untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Saat Puasa

4. Kunyit

Warna kuning pada kunyit berasal dari kandungan kurkumin, yang  merupakan antioksidan yang turut berperan dalam menunjang fungsi imunitas. Zat ini juga memiliki sifat antiradang yang diyakini dapat membantu mengatasi gejala osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Selain itu, kunyit juga memiliki potensi untuk mengurangi risiko terjadinya sejumlah penyakit serius, seperti diabetes, demensia, gangguan jantung, hingga tumor.

5. Buah-buahan Berwarna Cerah

Buah-buahan berwarna cerah dan terang kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral yang bermanfaat dalam menjaga imunitas tetap kuat. Beberapa jenis buah yang baik untuk meningkatkan imunitas adalah pepaya, jeruk, lemon, cabai, paprika, kiwi, mangga, jambu, dan stroberi.

6. Yoghurt

Yoghurt adalah salah satu jenis makanan yang kaya akan probiotik, yaitu bakteri baik yang dapat memperkuat imunitas dan menghalau infeksi bakteri penyebab penyakit tertentu, seperti diare, infeksi saluran kemih, dan ISPA. 

Baca Juga: Memahami Fungsi dari Tes Imunitas yang Harus Diketahui

Untuk menjaga imunitas agar dapat berfungsi dengan optimal, kamu perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang yang terdiri dari beragam jenis makanan yang telah disebutkan tadi. Selain mengonsumsi makanan sehat, cara meningkatkan imunitas yang juga perlu dilakukan adalah dengan banyak minum air putih, serta menjauhi konsumsi minuman beralkohol, makanan dengan gula yang tinggi, dan yang banyak mengandung kolesterol.

Kalau sakit atau merasa butuh suplemen tambahan untuk tingkatkan imunitas, kamu bisa download dan gunakan aplikasi Halodoc untuk membicarakannya dengan dokter. Jika memang diperlukan, dokter mungkin akan meresepkan suplemen yang cocok untuk kamu. Kalau sudah dapat resep suplemennya, tak perlu repot keluar rumah untuk ke apotik. Kamu bisa beli suplemennya lewat aplikasi Halodoc juga. 

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2020. 10 Simple and Natural Ways to Boost Your Immune System.
Healthline. Diakses pada 2020. 15 Foods That Boost Immune System.
Verywell Family. Diakses pada 2020. 10 Foods to Boost Your Immune System.