• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alasan Penyakit GERD Sebabkan Batuk Kronis

Alasan Penyakit GERD Sebabkan Batuk Kronis

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Tentunya semua orang pernah mengalami kondisi batuk. Namun, dengan melakukan gaya hidup sehat dan perbanyak istirahat, biasanya kondisi batuk dapat segera diatasi. Namun, pernahkah kamu mengalami kondisi batuk yang tidak kunjung pulih? Kondisi ini dapat menjadi tanda bahwa kamu sedang mengalami batuk kronis. Tidak hanya pada orang dewasa, batuk kronis pun dapat dialami oleh anak-anak.

Baca juga: Alasan Pengidap Asma Berisiko Terkena Batuk Kronis

Lalu, apa yang menjadi penyebab seseorang mengalami batuk kronis? Berbagai kondisi dapat menyebabkan seseorang alami batuk kronis, seperti kebiasaan merokok, hingga efek samping dari penggunaan obat tertentu. Namun, batuk kronis juga dapat menjadi gejala adanya gangguan kesehatan, salah satunya adalah penyakit GERD. Berikut ulasannya.

Inilah Alasan GERD Sebabkan Batuk Kronis

Batuk kronis merupakan kondisi batuk yang berlangsung lebih dari 2 bulan bagi orang dewasa, sedangkan 1 bulan bagi anak-anak. Kondisi batuk kronis yang tidak diatasi nyatanya dapat menyebabkan pengidapnya mengalami terganggunya aktivitas sehari-hari, hingga alami gangguan tidur. Batuk kronis dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kebiasaan merokok, efek samping dari penggunaan obat tertentu, hingga alami gangguan kesehatan.

Salah satu penyakit yang dapat menyebabkan seseorang mengalami batuk kronis adalah GERD atau yang dikenal juga dengan penyakit asam lambung. Melansir Healthline, GERD menjadi salah satu penyebab batuk kronis yang paling sering terjadi. 

Asam lambung pada pengidap GERD akan naik menuju esofagus dan meningkatkan risiko iritasi pada bagian tersebut. Kondisi iritasi inilah yang menyebabkan pengidap GERD dapat mengalami batuk kronis.

Tidak hanya itu, melansir dari jurnal Gastroenterology and Hepatology, batuk kronis yang terjadi pada pengidap GERD bisa menjadi mekanisme tubuh sebagai tanda perlindungan dari refluks yang naik. Selain itu, kenaikan asam lambung juga dapat meningkatkan risiko refleks esofagobronkial yang dapat menyebabkan batuk.

Baca juga: Jangan Sepelekan 3 Bahaya Akibat Asam Lambung

Ada beberapa tanda batuk kronis yang disebabkan oleh GERD, seperti:

  1. Batuk kronis lebih sering terjadi pada malam hari.
  2. Kondisi batuk kronis terjadi setelah pengidap mengonsumsi makanan.
  3. Pengidap akan mengalami batuk kronis ketika berbaring terus-menerus.
  4. Batuk akan terjadi terus-menerus, meskipun pengidap tidak merokok atau mengonsumsi obat-obatan tertentu.
  5. Batuk tanpa adanya kondisi sesak napas, asma, atau pilek. 

Itulah beberapa tanda batuk kronis yang disebabkan oleh GERD. Kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter mengenai batuk kronis yang kamu alami. 

Gejala Lain yang Menyertai Batuk Kronis

Tidak hanya dari kondisi batuk yang kamu alami, sebaiknya kenali gejala lain yang menyertai batuk kronis untuk mendeteksi adanya penyakit asam lambung. Melansir WebMD, ada beberapa gejala lain yang dialami pengidap GERD, seperti:

  1. Dada atau kerongkongan yang terasa panas.
  2. Suara yang menjadi serak akibat refluks asam melalui esofagus bagian atas.
  3. Alami radang tenggorokan.
  4. Peningkatan produksi air liur.
  5. Terasa tidak nyaman atau asam pada bagian mulut.
  6. Bau mulut.

Tidak hanya pada orang dewasa, GERD pada anak-anak akan ditandai dengan gangguan pernapasan, hingga mual dan muntah. Sebaiknya segera kunjungi rumah sakit terdekat dan lakukan pemeriksaan kesehatan pada anak jika mengalami beberapa gejala yang terkait dengan batuk kronis serta GERD.

Atasi Batuk Kronis yang Disebabkan GERD

GERD yang dideteksi menyebabkan batuk kronis tentunya dapat diatasi dengan penggunaan obat-obatan berdasarkan resep yang dianjurkan oleh dokter. Umumnya, dokter akan memberikan obat untuk mengatasi penyakit asam lambung agar menurunkan risiko batuk kronis.

Baca juga: 9 Cara Ampuh Cegah Asam Lambung Naik

Tidak hanya itu, gaya hidup sehat juga bisa dilakukan untuk mengoptimalkan manfaat obat yang kamu konsumsi. Sebaiknya, konsumsi makanan dalam porsi kecil, tetapi lebih sering. Hindari kebiasaan berbaring setelah makan agar tidak menimbulkan penyakit asam lambung. Jangan lupa untuk memilih makanan sehat yang dapat menghindari kamu dari batuk maupun risiko GERD. 

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi batuk kronis yang disebabkan oleh GERD. Penuhi kebutuhan istirahat agar kondisi kesehatan dapat segera pulih.

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2020. Understanding Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) – Symptoms.
Healthline. Diakses pada 2020. Acid Reflux and Coughing.
Gastroenterology and Hepatology. Diakses pada 2020. Management of GERD – Related Chronic Cough.