• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alasan Rajin Cuci Tangan Bisa Cegah Pilek dan Flu

Alasan Rajin Cuci Tangan Bisa Cegah Pilek dan Flu

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Alasan Rajin Cuci Tangan Bisa Cegah Pilek dan Flu

Halodoc, Jakarta - Cuci tangan mungkin terlihat sederhana. Namun, sebenarnya kebiasaan ini adalah cara yang paling efektif untuk menghilangkan kuman dan bakteri berbahaya di tangan. Kebiasaan cuci tangan mampu mencegah berbagai penyakit, bukan cuma pilek dan flu


Ada banyak cara mudah untuk menjaga kebersihan tangan. Metode umum yang digunakan, yaitu penggunaan sabun dan air mengalir atau menggunakan pembersih berbasis alkohol (hand sanitizer) jika akses ke air mengalir tidak ditemukan. Mungkin kamu tidak akan menyepelekan pentingnya rajin cuci tangan jika mengetahui manfaat dari menjaga tangan tetap bersih.


Baca juga: 5 Kesalahan Umum Saat Menggunakan Hand Sanitizer


Tangan Adalah Zona yang Berbahaya


Perlu diketahui, bakteri dan virus ada di mana-mana, bahkan ada di dalam tubuh sendiri. Ada bakteri yang tidak menimbulkan masalah, namun ada juga yang bisa menimbulkan bahaya kesehatan. Jika bakteri dan virus mengambil alih imunitas tubuh, maka seseorang akan jatuh sakit. 


Tempat paling umum di rumah atau di mana pun bakteri paling mungkin menyebar adalah kamar mandi. Kamar mandi adalah tempat berkembang biaknya bakteri hingga bisa terbawa dan berpindah ke benda lain melalui kontak. 


Bakteri akhirnya terbawa dan menempel di gadget, pakaian, uang, kartu debit, gagang pintung, dan masuk ke tubuh. Inilah alasan mengapa penting untuk cuci tangan dengan benar, sebab tangan adalah pertahanan pertama dalam melawan penularan bakteri. 


Baca juga: Jarang Cuci Tangan? Waspada 5 Penyakit Ini


Hal terbaik dari rajin cuci tangan, yaitu menyelamatkan nyawa dengan menghentikan penyebaran kuman. Rajin cuci tangan selalu menjadi salah satu pertahanan terpenting yang kamu miliki untuk mengurangi risiko tertular pilek, flu, bahkan semua jenis infeksi penyakit. Rajin cuci tangan juga menjadi salah satu metode pencegahan penularan penyakit COVID-19 yang kini masih menjadi pandemi. 




Dikutip dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), mencuci tangan yang benar akan mencegah sakit diare sebesar 31 persen dan mengurang penyakit pernapasan, seperti flu biasa, sebesar 16-21 persen.

Mempraktikan kebiasaan cuci tangan dengan sabun dan air adalah kebiasaan yang baik. Nah, CDC merekomendasikan setiap orang harus mencuci tangan pada saat-saat berikut:

  • Sebelum, selama, dan setelah menyiapkan makanan.
  • Sebelum makan.
  • Sebelum dan sesudah merawat orang yang sakit.
  • Sebelum dan sesudah merawat luka.
  • Setelah menggunakan toilet.
  • Setelah mengganti popok atau membersihkan anak yang menggunakan toilet. 
  • Setelah membuang ingus, batuk, atau bersin.
  • Setelah menyentuh hewan, pakan ternak, atau kotoran hewan.
  • Setelah menangani makanan hewan atau camilan hewan peliharaan. 
  • Setelah menyentuh sampak. 


Lantas, apakah sebaiknya menggunakan sabun atau hand sanitizer untuk cuci tangan? Tetap saja, yang terbaik adalah selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, jika memungkinan. Namun, pembersih hand sanitizer adalah cara efisien untuk mengurangi sebagian besar kuman. 


Perlu diperhatikan, sabun atau hand sanitizer harus digunakan dengan benar. Jika tangan terlihat kotor, tangan perlu dicuci dengan sabun dan air. Selain itu, ada beberapa kuman, seperti clostridium difficile, penyakit yang mudah menyebar yang menyebabkan diare parah, tidak bisa dihilangkan dengan pembersih tangan berbasis alkohol. 


Baca juga: Lebih Baik Cuci Tangan dengan Sabun Khusus atau Sabun Mandi?


Apa pun pembersih yang kamu pilih untuk mencuci tangan, pastikan untuk mencuci lebih dari sekadar telapak tangan. Pastikan kamu membersihkan di antara jari-jari dan di bawah kuku, serta punggung tangan. Jika menggunakan sabun dan air untuk mencuci tangan, pastikan juga bilas dan keringkan dengan baik agar kulit tidak teriritasi. 

Ingatlah untuk cuci tangan setiap ada kesempatan. Namun, jika pilek dan flu tetap menyerang, segera hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc untuk penanganan dan pengobatan. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Alsco. Diakses pada 2021. 6 BENEFITS OF PROPER HAND WASHING
Banner Health. Diakses pada 2021. Handwashing: One Of The Most Important Things You Can Do