• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Anak Aktif Berenang, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Anak Aktif Berenang, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Berenang memiliki sederet manfaat untuk kesehatan. Kabar baiknya, manfaat dari olahraga air yang satu ini bisa didapatkan oleh siapa saja, termasuk anak-anak. Tidak perlu menjadi seorang profesional untuk mendapatkan manfaat berenang, cukup melakukannya dengan rutin. Lantas, apa saja manfaat berenang pada anak? Berikut pembahasannya! 

Rutin berenang bisa membantu membangun kekuatan dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Saat melakukan olahraga ini, anak diharuskan untuk bergerak di dalam air dan membutuhkan tenaga yang kuat. Jika dilakukan dengan benar, olahraga ini bisa membantu melatih fisik terutama kekuatan otot. Anak yang rutin berenang cenderung memiliki otot bahu, punggung, panggul, dan bokong serta kaki yang kuat. 

Baca juga: Ini Cara Aman Ajarkan Anak Berenang Sejak Bayi

Manfaat Berenang untuk Si Kecil 

Berenang bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan dan disukai Si Kecil. Maka dari itu, ayah dan ibu bisa memilih aktivitas air ini untuk dilakukan bersama anak. Selain menyenangkan, berenang yang termasuk jenis olahraga air ini juga bisa memberi sejumlah manfaat untuk kesehatan anak. Rutin berenang bisa membantu meningkatkan kesehatan fisik maupun kesehatan mental anak. 

Berikut manfaat yang bisa didapat jika Si Kecil rutin berenang; 

  • Kesehatan Fisik 

Salah satu manfaat yang bisa didapat dari berenang adalah kesehatan fisik yang lebih baik. Rutin berenang bisa membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular, melatih kekuatan dan fleksibilitas, serta meningkatkan stamina. Tidak hanya itu, anak yang rutin berenang juga cenderung memiliki keseimbangan dan postur tubuh yang lebih baik. 

Berenang juga bisa membantu menurunkan risiko obesitas dan diabetes pada anak. Sebab, rutin berenang bisa membantu membakar kalori yang cukup banyak sehingga anak tidak mudah mengalami kelebihan berat badan. Anak yang rutin berenang biasanya memiliki berat badan yang lebih terjaga dan ideal. 

  • Kesehatan Mental 

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, berenang juga baik untuk kesehatan mental. Nyatanya, berada di dalam air bisa membuat tubuh anak merasa lebih tenang dan rileks. Nah, hal itulah yang diduga berkaitan dengan kesehatan mental. Berenang secara rutin juga disebut bisa membantu menjaga kondisi psikologi, memperbaiki suasana hati alias mood dalam jangka panjang, serta menurunkan risiko depresi pada anak. 

Baca juga: Ibu, Begini Tips Pilih Kolam Renang yang Aman untuk Bayi

Rutin berenang juga bisa membantu menurunkan risiko bahkan mencegah berbagai penyakit. Dalam jangka panjang, anak yang rutin berenang memiliki risiko lebih rendah mengalami penyakit seperti stroke, diabetes tipe 2, serta penyakit jantung. Kapan anak boleh diajak dan diajari berenang? Jawabannya sedini mungkin. 

Saat ini, banyak orangtua yang bahkan sudah mengajak anak berenang sejak usia 6 bulan. Namun biar lebih aman, sebaiknya ayah dan ibu menunggu sampai Si Kecil berusia 1 tahun. Pada usia tersebut pun, orangtua harus memperhatikan beberapa hal dan menjaga keselamatan anak yang belajar berenang. 

Baca juga: Agar Lebih Jago di Air, Pastikan Umur Bayi Tepat Sebelum Berenang

Ibu bisa mengajak anak berenang rutin 3-5 kali dalam seminggu. Namun, sebaiknya olahraga ini tidak dilakukan terlalu lama, tidak lebih dari 30 menit. Mengajarkan anak berenang sejak dini bisa membuatnya lebih mencintai olahraga ini dan mau rutin melakukannya. Alhasil, sederet manfaat sehat dari berenang bisa didapatkan Si Kecil. 

Kalau anak sakit dan butuh saran dokter, pakai aplikasi Halodoc saja. Ibu bisa menyampaikan gejala yang dialami anak pada dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan rekomendasi pengobatan dan ahlinya. Ayo, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi 
WebMD. Diakses pada 2020. Fitness Basics: Swimming Is for Everyone.
Livestrong. Diakses pada 2020. What Are the Benefits of Swimming for Kids?