• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Anak-Anak Bisa Idap Septic Arthritis

Anak-Anak Bisa Idap Septic Arthritis

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Tidak hanya orang dewasa, anak-anak rentan mengalami gangguan pada sendi, salah satunya adalah septic arthritis. Septic arthritis adalah gangguan pada sendi yang terjadi karena infeksi bakteri, virus, atau jamur. Selain anak-anak, kondisi ini juga rentan dialami oleh para lansia. Septic arthritis ini umumnya disebabkan karena selaput sendi tidak mampu melindungi sendiri dari infeksi.

Baca juga: Siapa Saja yang Berisiko Mengidap Septic Arthritis

Ada berbagai penyebab yang membuat anak-anak dan lansia rentan mengalami septic arthritis, namun penyebab umumnya adalah sistem imun tubuh yang kurang optimal. Ibu, kenali penyakit septic arthritis agar gejala yang dialami anak segera mendapatkan penanganan.

Penyebab Anak Rentan Alami Septic Arthritis

Ibu, jangan sepelekan demam yang dialami oleh anak. Apalagi jika demam disertai dengan gejala lain, seperti pembengkakan pada beberapa bagian sendi, anak mengeluh sakit pada bagian sendi saat menggerakkan tubuh, mengalami kelelahan, dan kesulitan menggerakan tungkai pada sendi yang terinfeksi. Berbagai gejala tersebut dapat menjadi tanda dari septic arthritis.

Septic arthritis terjadi akibat adanya bakteri, virus, atau jamur. Ada beberapa bakteri yang menyebabkan kondisi ini, seperti bakteri staphylococcus, Haemophilus influenza, dan bakteri streptococcus. Umumnya, bakteri masuk ke dalam tubuh melalui luka yang terbuka, suntikan obat, atau bekas operasi kemudian melalui peredaran darah bakteri menuju sendi hingga menyebabkan infeksi.

Baca juga: Tidak Boleh Diabaikan, Ketahui Gejala Septic Arthritis

Sementara, septic arthritis yang disebabkan oleh jamur berkembang lebih lambat. Ada beberapa jamur yang dapat menjadi penyebab, seperti Histoplasma dan coccidiosis. Selain itu, ada beberapa faktor pemicu yang menyebabkan anak-anak rentan alami kondisi ini. 

Melansir Children Hospital St. Louis, anak-anak dengan imunitas tubuh yang rendah dan memiliki luka yang terbuka pada tubuh sangat rentan mengalami septic arthritis. Tidak hanya itu, anak-anak dengan penyakit diabetes, gangguan ginjal, kanker, dan HIV juga rentan mengalami penyakit ini akibat sistem imunitas tubuh yang lemah.

Pemeriksaan Septic Arthritis

Umumnya, septic arthritis rentan terjadi pada beberapa bagian tubuh, seperti lutut, pinggul, bahu, siku, dan pergelangan tangan. Ibu, jika anak mengalami beberapa gejala, seperti pembengkakan pada bagian sendi tertentu, kesulitan bergerak, dan mengalami kemerahan pada bagian sendi tertentu, segera periksakan ke rumah sakit terdekat untuk memastikan penyebab gejala yang dialami oleh anak. Sebelumnya, tinggal buat janji dengan dokter di aplikasi Halodoc untuk mempermudah pemeriksaan kesehatan.

Melansir Children’s National, ada beberapa pemeriksaan yang dilakukan jika anak mengalami gejala septic arthritis, seperti melakukan tes darah, pemeriksaan dengan X-ray atau MRI, atau pemeriksaan tulang. Jika anak dipastikan mengalami septic arthritis, ada beberapa penanganan yang bisa dilakukan, seperti pemberian obat antibiotik untuk mengurangi gejala yang dialami anak.

Baca juga: Langkah Pencegahan Septic Arthritis

Tidak hanya itu, melakukan aktivitas fisik ringan dapat dilakukan anak untuk menjaga kekuatan tubuh. Ibu, sebaiknya lakukan pencegahan dengan menjaga kebersihan tubuh anak ketika anak memiliki luka terbuka. Jangan lupa untuk selalu mengganti perban saat basah agar luka anak segera pulih. Selain itu, jaga pola makan anak agar anak terhindar dari penyakit yang memicu terjadinya septic arthritis.

Referensi:
Children’s National. Diakses pada 2020. Pediatric Septic (Infectious) Arthritis
Children Hospital St. Louis. Diakses pada 2020. Septic Arthritis