Anak Bad Mood, Begini Cara Tingkatkan Suasana Hatinya

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   24 Agustus 2022

“Mengetahui penyebab anak menjadi bad mood adalah langkah pertama yang bisa dilakukan untuk meningkatkan suasana hati anak. Kemudian, orang tua bisa mengajak anak menemukan aktivitas yang sesuai.”

Anak Bad Mood, Begini Cara Tingkatkan Suasana HatinyaAnak Bad Mood, Begini Cara Tingkatkan Suasana Hatinya

Halodoc, Jakarta – Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa mengalami bad mood. Entah karena mainannya yang rusak, pertengkaran dengan saudara, orang tua yang tidak memenuhi keinginan anak, rutinitas harian, atau alasan-alasan lainnya.

Lingkungan atau kebosanan bisa saja menyebabkan anak bad mood, dan itu sah-sah saja terjadi. Mengajak anak mendiskusikan perasaan dan emosinya adalah salah satu cara untuk meningkatkan suasana hati anak. Informasi selengkapnya mengenai penanganan anak bad mood bisa dibaca di sini!

Langkah-Langkah Membantu Mengatasi Anak Bad Mood

Sebelum melakukan upaya meningkatkan suasana hatinya, ketahui dulu apa penyebab anak bad mood. Seperti tanyakan apakah ia sedang sedih, lalu tanyakan juga pemicunya. Atau apakah anak sedang marah, dan hal apa yang memicunya.

Mengetahui penyebab anak menjadi bad mood adalah langkah pertama yang bisa dilakukan untuk meningkatkan suasana hati anak. Kemudian, apa langkah lain yang harus dilakukan oleh orang tua? 

1. Beri Anak Waktu untuk Merasakan Apa yang Dirasakan 

Mendesak anak untuk mengekspresikan apa yang dirasakannya bisa membuat anak kesal. Cobalah untuk membiarkan anak merasakan perasaannya, baru kemudian orang tua mengajak anak mengobrol untuk mendiskusikan emosi tersebut.

Minta anak untuk menjelaskan apa yang membuat mereka kesal dan memberikan solusi yang rasional. Perubahan suasana hati seperti bad mood adalah hal yang wajar serta datang dan pergi. Suasana hati yang buruk semestinya harus diterima dengan baik dan anak harus belajar menenangkan diri sendiri, serta menerima kalau perubahan bisa terjadi setiap saat.

2. Gunakan Komunikasi yang Baik

Sangat penting agar anak merasa nyaman berbagi cerita dengan orang tua. Tentu saja ini bukan proses yang spontan. Komunikasi yang baik perlu dibangun, beberapa caranya adalah dengan membiasakan makan malam bersama, menanyakan bagaimana sekolah dan aktivitas baru yang terjadi di sana,

Selain itu, tidak kalah penting untuk menrapkan komunikasi santai. Ini penting, supaya anak tidak merasa tertekan dan beranggapan mereka sedang berada dalam masalah.

3. Temukan Aktivitas Fisik yang Sesuai

Pastikan anak melakukan aktivitas fisik secara teratur. Olahraga dapat melepaskan zat kimia dalam tubuh yang membuat orang merasa lebih baik–termasuk juga anak. Olahraga teratur dapat membuat anak-anak menjadi lebih percaya diri dan merasa lebih baik tentang diri mereka sendiri.

4. Terapkan Pola Tidur Sehat

Kebiasaan tidur yang buruk dikaitkan dengan kinerja kognitif yang buruk, suasana hati yang buruk,  kehilangan memori jangka pendek, dan peningkatan nafsu makan. Ini tidak hanya terjadi pada orang dewasa, melainkan juga pada anak.

Nah, jika anak mengalami bad mood, bisa jadi pola tidur anak sedang tidak baik. Bila itu yang terjadi, cobalah untuk mengembalikan waktu tidur anak menjadi lebih teratur. Jangan biarkan anak menggunakan peralatan elektronik di tempat tidur, termasuk juga makan camilan sebelum tidur.

5. Mengajari Anak Pentingnya Pertemanan Sehat

Hubungan sosial yang sehat membantu anak-anak mempelajari nilai-nilai, pengetahuan, dan keterampilan yang memungkinkan mereka untuk berhubungan dengan orang lain secara efektif. Ini juga akan memberikan kontribusi positif kepada keluarga dan lingkungan, serta membangun rasa diri yang positif. 

Nah, rasa percaya diri yang positif ini dapat meningkatkan suasana hatinya lebih baik. Bila tiba-tiba mengalami bad mood, anak pun bisa lebih baik mengatur perubahan emosinya.

Mau tahu fakta menarik seputar mood atau suasana hati? Baca selengkapnya di artikel ini: “Ini 9 Fakta Menarik Seputar Mood yang Penting untuk Diketahui“.

Rekomendasi Aktivitas yang Dapat Mengatasi Anak Bad Mood 

Mengajari anak mengelola emosi dengan baik adalah salah satu cara membekali keterampilan hidup yang lebih baik kepada anak kelak. Ada beberapa rekomendasi aktvitas yang dapat membantu anak untuk mengelola emosinya lebih baik, yaitu: 

1. Mendengarkan Musik

Musik memiliki kemampuan untuk membangkitkan dan menstabilkan emosi lebih baik.  Selain itu, ada sejumlah besar video dengan lagu dapat membantu memperkenalkan macam-macam emosi kepada anak. Pilihlah lagu yang riang dengan video sambil menari yang membuat anak untuk menirunya.

2. Membaca Buku

Membaca buku juga bisa membantu meningkatkan suasana hati anak. Tidak hanya membantu anak mengenal macam-macam emosi lewat buku bergambar, dengan membaca perasaan bad mood di momen tersebut juga bisa teralihkan.

3. Menyeduh Teh atau Membuat Cokelat Panas

Minuman hangat bisa membantu membangkitkan mood positif. Teh bisa menenangkan, cokelat panas juga bisa membuat perasaan lebih hangat dan nyaman. Cobalah mengajak anak untuk membuat minuman hangat bersama, diminum, kemudian saling mendiskusikan perasaan masing-masing.

Itulah cara meningkatkan suasana hati anak yang sedang bad mood. Punya masalah dengan perilaku anak dan bingung menerapkan pola asuh seperti apa, tanyakan saja solusinya ke dokter lewat aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Mood Control Goals: How to Teach Your Kids.
Parentmap.com. Diakses pada 2022. Ten tricks for banishing your child’s bad mood.
Personalised Integrative Therapy. Diakses pada 2022. 7 Ways to Improve Your Child’s Mood, Concentration, and Behaviour.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan