• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Anak Malas Sikat Gigi, Ikuti 5 Trik Ini

Anak Malas Sikat Gigi, Ikuti 5 Trik Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Rutin menyikat gigi menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk merawat kesehatan gigi dan mulut anak. Sebab, kebiasaan ini bisa menjaga kebersihan rongga mulut dan menghindari penumpukan plak dan bakteri yang bisa memicu kerusakan gigi. Sayangnya, anak-anak kerap kali malas dan enggan untuk menyikat gigi. Apa yang harus orangtua lakukan? 

Malas menyikat gigi adalah hal yang sering terjadi pada anak-anak. Ada banyak alasannya, mulai dari merasa malas, terlalu asik bermain, atau tidak terbiasa melakukan hal tersebut. Maka dari itu, salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membuat sikat gigi menjadi rutinitas, sehingga Si Kecil mau melakukannya setiap hari. Selain itu, ada trik lain yang bisa dilakukan agar anak tidak malas sikat gigi! 

Baca juga: Cara Mengajari Anak untuk Sikat Gigi Pertama Kali

Membiasakan Anak Sikat Gigi 

Malas sikat gigi bisa meningkatkan risiko masalah pada gigi dan gusi. Hal ini bisa memengaruhi pertumbuhan Si Kecil dan memicu sakit gigi. Kalau dibiarkan begitu saja, sakit gigi yang terjadi pada anak bisa berakibat fatal dan menyebabkan gangguan jangka panjang. Nah, untuk menghindarinya orangtua perlu untuk mengajarkan anak rutin sikat gigi. 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak yang malas sikat gigi, di antaranya: 

1.Jadikan Rutinitas 

Semakin sering dilakukan, anak akan semakin terbiasa dan tidak lagi malas sikat gigi. Malahan, anak yang menjadikan sikat gigi sebagai rutinitas biasanya tidak akan melewatkan satu malam pun tanpa menyikat gigi sebelum tidur. Kalau sudah begitu, kesehatan rongga mulut akan lebih terjaga dan bisa terhindar dari sakit gigi. 

2.Beri Contoh 

Biar anak-anak tidak malas sikat gigi, orangtua harus menjadi contoh yang baik. Dengan kata lain, ayah dan ibu juga harus rutin sikat gigi agar Si Kecil mengikuti. Biar lebih menyenangkan, orangtua bisa mengajak anak-anak untuk sikat gigi bersama setiap bangun tidur serta saat menjelang tidur di malam hari. 

Baca juga: Anak Sakit Gigi, Lakukan Pengobatan Ini

3.Pilih Sikat Gigi Terbaik 

Bisa jadi, anak merasa malas sikat gigi karena merasa tidak nyaman. Maka dari itu, ibu disarankan untuk memilih sikat gigi khusus untuk anak-anak. Umumnya, jenis sikat gigi ini didesain khusus dengan bulu yang lembut, ujung kepala yang kecil, serta pegangan yang cukup panjang agar nyaman digenggam oleh anak. Selain itu, biasakan juga untuk rutin mengganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali. 

4.Pasta Gigi Terbaik 

Selain sikat gigi, ayah juga harus memilih pasta gigi terbaik untuk anak. Ada beberapa produk pasta gigi yang mugkin disukai Si Kecil, misalnya yang memiliki aroma buah-buahan. Pasta gigi yang terasa pedas mungkin tidak akan cocok. Selain itu, pastikan juga memilih pasta gigi yang mengandung fluoride yang bisa membantu menjaga gigi agar tidak berlubang, menghambat pertumbuhan bakteri, dan menguatkan gigi.

5.Berikan Pengertian 

Anak-anak mungkin jadi malas sikat gigi karena tidak mengetahui apa manfaatnya. Nah, biar Si Kecil lebih rajin sikat gigi, cobalah untuk memberi pengertian pada anak tentang apa risiko yang bisa terjadi jika tidak rutin sikat gigi. Pastikan juga untuk mengajarkan cara menyikat gigi yang baik dan benar pada anak.

Baca juga: Cegah Anak Sakit Gigi dengan 4 Kebiasaan Ini

Jika anak mengalami masalah pada gigi atau gusi, ibu bisa coba berbicara pada dokter gigi melalui aplikasi Halodoc. Dokter bisa dihubungi kapan dan di mana saja melalui Video/Voice Call atau Chat. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Kids Health. Diakses pada 2020. Taking Care of Your Teeth.
WebMD. Diakses pada 2020. Brushing and Flossing Children’s Teeth.
Healthline. Diakses pada 2020. Should You be Worried about Fluoride Toothpaste?
WebMD. Diakses pada 2020. Caring for Your Baby’s Teeth.