Anak Mengidap Hipospadia? 3 Dokter Ini Bisa Bantu Pengobatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   29 Februari 2024

“Hipospadia tak boleh dibiarkan dan perlu segera ditangani karena bisa berdampak pada fisik dan psikologis anak. Kamu bisa menghubungi dokter bedah di Halodoc untuk mengetahui solusi pengobatannya.”

Anak Mengidap Hipospadia? 3 Dokter Ini Bisa Bantu PengobatanAnak Mengidap Hipospadia? 3 Dokter Ini Bisa Bantu Pengobatan

DAFTAR ISI

  1. Pilihan Dokter untuk Bantu Pengobatan Hipospadia

Halodoc, Jakarta – Hipospadia merupakan kelainan bawaan yang terjadi saat uretra tidak berada pada posisi normal di ujung penis. Normalnya, lubang uretra berada di ujung penis untuk pembuangan urine. Namun, pada hipospadia, lubang uretra terletak di bagian bawah penis.

Kelainan ini terjadi ketika uretra pada anak laki-laki terbentuk tidak normal selama minggu ke 8-14 kehamilan. Pembentukan yang tidak normal dapat terjadi di berbagai lokasi, mulai dari tepat di bawah ujung penis hingga mencapai skrotum. 

Pilihan Dokter untuk Bantu Pengobatan Hipospadia

Hipospadia bisa membuat penis melengkung ke bawah (chordee) dan salah satu testis tidak sepenuhnya turun ke skrotum.

Kondisi ini juga membuat kulup tidak berkembang sehingga kepala penis tidak tertutup sepenuhnya dan tidak boleh disunat. Kemampuan urine untuk keluar juga arahnya menjadi tidak lurus atau melengkung.

Apabila Si Kecil mengalami ciri di atas, sebaiknya segera hubungi dokter spesialis bedah. Mereka dapat memberikan informasi seputar tindakan untuk mengatasi hipospadia.

Nah, berikut ini terdapat beberapa dokter spesialis bedah yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun dan mendapatkan rating yang baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani: 

1. dr. H. Sopyan Hadi Sp.B, FINACS

Dokter H. Sopyan Hadi Sp.B, FINACS merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya pada 2005 dan 2018.

Ia kini berpraktik di Lubuk Linggau, Sumatera Selatan, dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Ahli Bedah Indonesia (PABI).

Berpengalaman sebagai dokter spesialis bedah selama 19 tahun, dr. H. Sopyan Hadi Sp.B, FINACS mampu memberikan layanan konsultasi di Halodoc yang berkaitan dengan prosedur bedah, termasuk bedah untuk mengatasi hipospadia.

Chat dr. H. Sopyan Hadi Sp.B, FINACS dari Rp 49.000,- di Halodoc.

Jika Alami Hipospadia, lantas Kapan Operasi Perlu untuk Dilakukan? Simak informasi selengkapnya. 

2. dr. Rachdithia Ichwiyantho Sp.B

Rekomendasi selanjutnya, yaitu dr. Rachdithia Ichwiyantho Sp.B Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas UPN Veteran Jakarta pada 2012 dan Universitas Syiah Kuala 2022.

Dokter Rachdithia Ichwiyantho Sp.B kini berpraktik di Bogor, Jawa Barat dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Ahli Bedah Indonesia (PABI).

Memiliki pengalaman sebagai dokter spesialis bedah selama 12 tahun, dr. Rachdithia Ichwiyantho Sp.B dapat memberikan layanan konsultasi di Halodoc tentang prosedur bedah, seperti operasi untuk mengobati hipospadia.

Chat dr. Rachdithia Ichwiyantho Sp.B mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

Jangan anggap remeh, Pengidap Hipospadia Bisa Alami Gangguan Psikologis sehingga perlu segera ditangani. 

3. dr. AA Christedy Pramana Sp.B

Kamu juga dapat menghubungi dr. AA Christedy Pramana Sp.B yang merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Udayana pada 2013 dan 2022.

Dokter  AA Christedy Pramana Sp.B saat ini berpraktik di Jembrana, Bali, dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Ahli Bedah Indonesia (PABI).

Berpengalaman sebagai dokter spesialis bedah selama 11 tahun, dr. AA Christedy Pramana Sp.B bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait prosedur bedah hipospadia. 

Chat dr. AA Christedy Pramana Sp.B mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

Itulah berbagai daftar dokter spesialis bedah yang bisa kamu hubungi untuk berdiskusi terkait prosedur operasi hipospadia.

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Ayo hubungi dokter di Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Hypospadias.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Hypospadias.
Medline Plus. Diakses pada 2024. Hypospadias.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan