• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Anak Mulai Masuk Sekolah, Persiapkan Ini agar Tak Khawatir

Anak Mulai Masuk Sekolah, Persiapkan Ini agar Tak Khawatir

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Pandemi COVID-19 di Indonesia belum sepenuhnya mereda. Sampai hari ini (16/6), masih tercatat 39.294 kasus COVID-19 di Indonesia. Namun, sejumlah sekolah di wilayah yang telah dinyatakan sebagai zona hijau akan kembali dibuka. Meskipun sudah dinyatakan sebagai zona hijau, tidak sedikit orangtua yang masih khawatir dengan penularan virus corona pada anak-anak mereka. Pemerintah mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk selalu memerhatikan kebersihan dan menjaga jarak satu sama lain.

Orangtua wajib mengedukasikan imbauan pemerintah ini kepada anak-anak mereka, terutama yang masih berada di sekolah dasar. Pasalnya, anak-anak sekolah dasar terkadang belum bisa memahami dan rentan menyepelekan aturan-aturan tersebut. Orangtua perlu melakukan upaya lebih untuk memastikan anak-anak menjaga kebersihan dan jarak dengan teman-temannya maupun orang lain.

Baca juga: Orangtua Jangan Lengah, Waspadai Gejala Virus Corona pada Anak

Persiapan Masuk Sekolah saat Pandemi COVID-19

Ini sejumlah persiapan yang bisa orangtua lakukan agar tidak khawatir Si Kecil tertular COVID-19, yaitu:

  1. Beri Vitamin untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Anak-anak masuk ke dalam kelompok individu yang rentan terserang penyakit, termasuk COVID-19. Penyebabnya, imunitas anak cenderung belum terbentuk sempurna seperti orang dewasa. Untuk meningkatkan imunitasnya, maka ibu perlu memberi vitamin tambahan kepada Si Kecil. Selain itu, pastikan Si Kecil juga mengonsumsi makanan bernutrisi yang kaya vitamin, seperti buah, sayuran dan kacang-kacangan. Vitamin, terutama vitamin C yang kaya antioksidan meningkatkan kekebalan tubuh Si Kecil untuk melawan penyakit. 

  1. Bekali Hand Sanitizer

Kebersihan adalah hal yang wajib dijaga untuk menghindarkan kita dari penularan COVID-19. Oleh sebab itu, ibu tidak boleh lupa membekali Si Kecil hand sanitizer saat pergi ke sekolah. Jangan lupa untuk mengedukasi anak agar selalu mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer sebelum makan dan setelah menggunakan toilet. Ajari Si Kecil untuk menggunakan hand sanitizer kapan pun setelah ia menyentuh benda atau tempat-tempat yang kotor. 

Baca juga: Kenali Obat untuk Menangani Virus Corona di Indonesia

  1. Gunakan Masker

Boleh dibilang, masker adalah pertahanan pertama dari paparan COVID-19. Maka dari itu, pastikan anak menggunakan masker yang tertutup saat pergi ke sekolah. Ibu harus memberitahu mereka untuk tidak melepas masker sembarangan atau menyentuh masker dengan tangan mereka. Pilih masker yang berbahan lembut dan tidak terlalu tebal namun cukup melindunginya agar Si Kecil tetap nyaman memakai masker seharian di sekolah. 

  1. Bawa Bekal dari Rumah

Ibu mungkin khawatir dengan makanan-makan yang di jual di sekolah. Nah, untuk memastikan Si Kecil mengonsumsi makanan yang higienis, sebaiknya berikan Si Kecil bekal makanan dari rumah. Ibu juga bisa membawakan camilan kesukaannya untuk mencegah ia jajan di sekolah. 

  1. Edukasi Si Kecil

Mengedukasi Si Kecil tentang COVID-19 adalah hal terpenting yang harus dilakukan orang tua.  Coba ajak Si Kecil berdiskusi mengenai virus corona dan jelaskan seberapa cepat penularan dan bahayanya. Ibu juga harus mulai mengajarkan kebiasaan mencuci tangan di rumah, menggunakan masker dan bersin dengan benar. Melansir dari National Association School Psychologists, orangtua perlu berkoordinasi dengan guru di sekolahnya untuk memastikan ia menerapkan kebersihan diri dan menjaga jarak dengan teman-temannya.

Baca juga: Persiapkan 7 Hal Ini Sebelum Masuk kantor saat New Normal

Apabila ibu punya pertanyaan mengenai kesehatan anak, ibu dapat bicara dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat aplikasi, ibu dapat menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

Referensi:
National Association School Psychologists. Diakses pada 2020. Preparing for a Pandemic Illness: Guidelines for School Administrators and School Crisis Response Teams.
UNICEF. Diakses pada 2020. What will a return to school during the COVID-19 pandemic look like?’.