• Home
  • /
  • Persiapkan 7 Hal Ini Sebelum Masuk kantor saat New Normal

Persiapkan 7 Hal Ini Sebelum Masuk kantor saat New Normal

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Persiapkan 7 Hal Ini Sebelum Masuk kantor saat New Normal

Halodoc, Jakarta - Pada Kamis (04/06) kemarin, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan bahwa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta masih berlanjut hingga akhir Juni. Namun, PSBB kali ini adalah masa transisi menuju New Normal pada Juli mendatang. Melalui adanya peraturan ini, beberapa fasilitas publik mulai dibuka perlahan. Seperti perkantoran mulai Senin (08/06) depan.

Aturan pergi ke kantor ini juga meminta agar tidak semua karyawannya masuk ke kantor. Melainkan hanya 50 persen karyawan saja, dan sisanya 50 persen tetap diminta bekerja dari rumah. Selain itu, setiap kantor harus membagi jam kerja karyawannya yang berada di kantor sekurang-kurangnya dua kelompok waktu yang berbeda. Pembagian waktu ini minimal berjeda dua jam untuk mengendalikan kapasitas saat mobilitas datang, pulang, dan istirahat. 

Baca juga: Ini Yang Mungkin Terjadi Jika Physical Distancing Diakhiri Terlalu Cepat

Apakah kamu termasuk karyawan yang sudah mulai masuk ke kantor? Jika iya, rasanya wajar jika kamu merasa khawatir. Namun, pastikan di era New Normal nanti kamu sudah melakukan persiapan yang baik agar terhindar dari risiko penularan virus corona SARS-CoV-2. 

Barang-Barang yang Wajib Dibawa Saat ke Kantor 

Berikut ini beberapa benda yang wajib kamu persiapkan di dalam tas kamu sebelum masuk ke kantor saat New Normal, yaitu: 

  • Masker kain bersih dan beberapa cadangannya; 

  • Hand sanitizer, desinfektan semprot, atau sabun cair;

  • Tisu basah dan kering;

  • Perlengkapan makan dan botol minum;

  • Perlengkapan ibadah, termasuk sajadah;

  •  Suplemen atau multivitamin;

  • Jika kamu sering menggunakan jasa ojek online, sebaiknya gunakan helm pribadi.

Supaya lebih praktis, masukkan semua perlengkapan ini ke dalam tas khusus agar lebih mudah dicari saat dibutuhkan.

Baca juga: 5 Kesalahan Umum Penggunaan Masker Wajah untuk Cegah Corona

Ingat, Physical Distancing Tetap Wajib Dilakukan

Jika semua barang-barang tadi sudah kamu persiapkan, selanjutnya yang tidak kalah penting adalah menerapkan physical distancing. Physical distancing ini berperan penting dalam memperlambat penyebaran COVID-19. Meskipun aturan mulai dilonggarkan, namun jika kamu masih merasa khawatir akan risiko penularan, kamu boleh melakukan beberapa hal terkait hal ini. Seperti membawa kendaraan pribadi ke kantor, membawa tongkat kecil untuk membantu kamu menekan tombol lift dan membuka pintu kantor, atau sejenisnya. Kamu juga bisa membawa baju ganti jika diperlukan. 

Hal penting lain yang wajib dibiasakan adalah rajin mencuci tangan. Pastikan kamu telah mencuci tangan dengan air dan sabun sebelum menyentuh wajah, sebelum makan, setelah makan, setelah bersalaman dengan orang lain, dan banyak lagi. Sebab, tangan mungkin telah menyentuh permukaan yang sudah terkontaminasi COVID-19. Bisa saja saat menyentuh wajah, virus masuk lewat hidung, mulut, atau bahkan mata.

Selain itu, jika kamu takut untuk makan di tempat makan biasa, kamu bisa membawa bekal sendiri selama ke kantor. Tak hanya lebih sehat, kamu juga bisa menurunkan risiko penularan.

Baca juga: Meski Sudah Sembuh, Virus Corona Kemungkinan dapat Aktif Kembali

Jika kamu mulai merasakan gejala seperti batuk, sulit bernapas, kehilangan indera penciuman, dan sebagainya, segera periksakan diri ke dokter. Kamu bisa mencoba menghubungi dokter yang khusus menangani COVID-19 di Halodoc melalui chat.

Setelah itu, ceritakan gejala yang dialami dan riwayat perjalanan atau aktivitas kamu. Dengan begini dokter akan membantu menentukan apakah kamu perlu melakukan tes lanjutan atau tidak. Mudah, bukan? Tunggu apa lagi, segera download aplikasi Halodoc sekarang di smartphone kamu!

Referensi:
Detik. Diakses pada 2020. Era New Normal, Persiapkan Tas Siaga COVID-19 Ini Sebelum Bepergian.
Harver. Diakses pada 2020. How to Prepare Your Workplace and Workforce for the ‘New Normal’ in the Post-COVID-19 Era.
Tempo. Diakses pada 2020. Anies Baswedan: PSBB Transisi Jakarta Mulai Besok sampai Selesai.