Apa Bedanya Dokter Kulit dan Dokter Kecantikan? Ini Penjelasannya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   17 Januari 2024

“Perbedaan utama antara dokter kulit dan dokter kecantikan adalah dalam fokus dan cakupan praktik mereka. Kamu bisa memilih salah satunya, tergantung dari masalah yang kamu alami.”

Apa Bedanya Dokter Kulit dan Dokter Kecantikan? Ini PenjelasannyaApa Bedanya Dokter Kulit dan Dokter Kecantikan? Ini Penjelasannya

DAFTAR ISI

  1. Perbedaan Dokter Kulit dan Dokter Kecantikan
  2. Pilih Dokter Berdasarkan Masalah Kulitmu
  3. Rekomendasi Dokter Spesialis Kulit di Halodoc

Halodoc, Jakarta – Dokter spesialis kulit dan kelamin maupun dokter kecantikan mampu mengatasi permasalahan atau gangguan pada kulit. Meskipun profesional dalam perawatan kulit, mereka memiliki keahlian dan jenis layanan yang berbeda. 

Perbedaan yang paling mendasar adalah dari segi pendidikan yang mereka tempuh. Selain itu, dokter kecantikan hanya dapat mengatasi masalah dan meningkatkan penampilan lapisan kulit luar saja.

Sementara dokter kulit, mereka mampu mendiagnosis kondisi kulit tertentu dan mengobatinya. Misalnya, meresepkan obat atau melakukan prosedur biopsi hingga melakukan operasi untuk mengatasi gangguan.

Perbedaan Dokter Kulit dan Dokter Kecantikan

Jika ingin menjadi dokter kecantikan, seseorang harus memiliki gelar sarjana kedokteran. Syaratnya, mereka perlu menyelesaikan kuliah kedokteran dan mendapatkan gelar S.Ked. 

Saat lulus, mereka perlu melakukan kursus atau pelatihan khusus untuk mendapatkan sertifikat dan surat izin untuk menjadi dokter kecantikan.

Mereka bisa mengambil pelatihan yang berfokus pada perawatan kulit, perawatan wajah, dan prosedur non-invasif. Pelatihan ini biasanya dilakukan dalam waktu satu hingga dua tahun.

Sementara dokter spesialis kulit, mereka harus menyelesaikan pendidikan kedokterannya, kemudian menyelesaikan program residensi. Berarti, mereka memiliki pendidikan dan pelatihan medis selama 12 hingga 14 tahun atau lebih.

Dokter kulit mengkhususkan diri dalam diagnosis, pengobatan, dan perawatan berbagai masalah kulit. Mereka memiliki pelatihan medis formal dan sertifikasi yang kuat dalam bidang dermatologi.

Tugas utamanya merawat kondisi kulit, seperti eksim, psoriasis, jerawat, kanker kulit, dan infeksi kulit. Mereka juga berperan dalam mendiagnosis dan merawat masalah kulit, seperti alergi kulit dan gangguan kulit lainnya.

Sebelum mengunjungi dokter kecantikan atau dokter kulit, lakukan cara ini untuk membantu merawat kesehatan kulit: 4 Cara Merawat Kulit Secara Alami yang Mudah Dilakukan.

Pilih Dokter Berdasarkan Masalah Kulitmu

Baik dokter kecantikan maupun dokter kulit merupakan profesional berlisensi yang dapat membantu memenuhi kebutuhan perawatan kulit. Pilihannya akan tergantung pada masalah kesehatan yang kamu alami.

Dokter spesialis kulit adalah spesialis medis yang mengkhususkan diri dalam diagnosis dan pengobatan kondisi medis kulit. Mereka merawat masalah kulit yang memengaruhi kesehatan fisik dan memberikan solusi medis.

Di sisi lain, dokter kecantikan lebih berfokus pada perawatan estetika dan kecantikan kulit. Mereka melakukan perawatan antipenuaan, seperti menghilangkan keriput dan prosedur peremajaan kulit. 

Dokter kecantikan dapat memberikan perawatan non-bedah untuk meningkatkan penampilan kulit dan mengatasi masalah estetika. Misalnya dengan prosedur filler wajah.

Jadi, pilihan antara keduanya akan tergantung pada apa yang kamu butuhkan. Jika memiliki masalah medis kulit, dokter kulit adalah pilihan yang tepat.

Jika mencari perawatan estetika untuk meningkatkan penampilan kulit, dokter kecantikan menjadi pilihan yang sesuai. 

Rekomendasi Dokter Spesialis Kulit di Halodoc

Kamu juga bisa bertanya pada dokter spesialis kulit di Halodoc mengenai kondisi kesehatan kulitmu.

Berikut ini terdapat beberapa rekomendasi dokter dengan pengalaman lebih dari 10 tahun yang bisa kamu hubungi.

Mereka juga memiliki rating yang baik dari para pasein yang pernah mereka tangani sebelumnya.

Ini daftarnya:

Jika dokter sedang tidak tersedia atau offline, kamu tak perlu khawatir. Sebab kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Kamu pun bisa kunjungi halaman ini untuk mendapatkan tips kecantikan dan perawatan kulit lainnya: Panduan Lengkap Kesehatan Kulit dan Produk Perawatan.

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2023. Dermatologist or Aesthetician: How Do You Decide Which to See?
Healthline. Diakses pada 2023. What’s the Difference Between an Esthetician and a Dermatologist?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan