Apa Cara yang Bisa Dilakukan untuk Menumbuhkan Rambut?

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   17 Mei 2021
Apa Cara yang Bisa Dilakukan untuk Menumbuhkan Rambut?Apa Cara yang Bisa Dilakukan untuk Menumbuhkan Rambut?

Halodoc, Jakarta – Memiliki rambut yang tebal merupakan impian banyak orang, terutama para wanita. Bagi sebagian orang, rambut idaman tersebut bisa didapatkan begitu saja dengan mudah tanpa perlu usaha yang berarti. Namun, tidak begitu bagi banyak orang lainnya.

Proses menumbuhkan rambut sering kali tidak mudah dan terasa lama. Menurut The American Academy of Dermatology Association, rambut tumbuh rata-rata sekitar 15 sentimeter setiap tahun.

Namun, pertumbuhan tersebut kadang terasa tidak optimal, apalagi kebanyakan orang kehilangan 50-100 rambut setiap hari. Meski begitu, memiliki rambut tebal bukan hal yang mustahil. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan rambut. 

Baca juga: 5 Tips Memanjangkan Rambut Secara Alami

Cara Menumbuhkan Rambut

Meskipun faktor genetik berperan besar dalam pertumbuhan rambut yang panjang dan tebal, ada beberapa faktor lain yang bisa memengaruhi hal tersebut. Ingat, tidak ada obat ajaib atau cara yang bisa menumbuhkan rambut secara instan, namun kamu bisa mencoba beberapa cara berikut untuk membantu pertumbuhan rambut:

1.Hindari Diet Ketat

Menurut Dr. Lindsey Bordone, dokter kulit di Columbia Doctors dan asisten profesor dermatologi di Pusat Medis Universitas Columbia, diet ketat bisa mengurangi sumber daya dan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut.

Pertumbuhan rambut adalah prioritas yang relatif rendah dibandingkan fungsi tubuh lainnya, sehingga pertumbuhan rambut bisa terhenti dengan cepat ketika tubuh kamu sedang stres karena diet ketat. 

Jadi, bagi kamu yang ingin menumbuhkan rambut, sebaiknya hindari menjalani diet ketat. Sebaliknya, turunkan berat badan dengan cara yang sehat dan aman.

2.Perhatikan Asupan Protein 

Selain menghindari diet ketat, kamu juga perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang dengan asupan protein yang cukup agar rambut bisa bertumbuh secara optimal. Rekomendasi asupan protein untuk penumbuh rambut adalah 50 gram atau lebih per hari.

3.Cobalah Produk Rambut yang Mengandung Kafein

Kamu mungkin sudah tahu bahwa kafein bisa memberi dorongan energi. Namun, tahukah bahwa kandungan tersebut juga memiliki efek meningkatkan pertumbuhan rambut.

Menurut sebuah studi tahun 2014, kafein bisa membantu mendorong pertumbuhan rambut pada tingkat molekuler, seluler, dan organ baik pada pria dan wanita. Jadi, cobalah gunakan produk penumbuh rambut yang mengandung kafein untuk mendorong pertumbuhan rambut yang optimal. 

4.Eksplor Minyak Esensial

Berbagai macam minyak esensial juga dipercaya bermanfaat sebagai penumbuh rambut. Salah satu contohnya adalah minyak atsiri. Tidak hanya berbau harum, minyak atsiri juga bisa meningkatkan pertumbuhan rambut.

Selain itu, sebuah studi juga menemukan bahwa mengonsumsi minyak biji labu dalam bentuk kapsul dengan dosis 400 miligram setiap hari bisa meningkatkan pertumbuhan rambut pada pria. Minyak peppermint dan minyak rosemary juga diketahui efektif sebagai penumbuh rambut.

5.Tingkatkan Asupan Nutrisi

Vitamin, mineral dan asam lemak tertentu sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan sekaligus menyediakan energi yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan rambut. Vitamin dan mineral yang penting untuk pertumbuhan rambut, antara lain biotin, vitamin C, D, E, zinc, besi, omega 3 dan omega 6. 

Selain dari makanan, kamu bisa mendapatkan asupan nutrisi tersebut dengan mengonsumsi suplemen. Nah, beli suplemennya melalui aplikasi Halodoc saja. Caranya praktis, tinggal order lewat aplikasi dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam.

Baca juga: Agar Rambut Kuat dan Lebat, Konsumsi 4 Makanan Ini (Bagian 2)

6.Memijat Kulit Kepala

Selain bisa membuat rileks dan menghilangkan stres, memijat kulit kepala juga bisa membantu meningkatkan kesehatan rambut kamu. Memijat kulit kepala bisa membantu melebarkan pembuluh darah di bawah kulit, yang pada gilirannya membuat rambut lebih tebal dan kuat, serta tidak mudah patah atau rusak. 

Baca juga: Stres Bikin Rambut Rontok, Benarkah?

7.Kurangi Menggunakan Alat Pemanas Rambut

Panas dari alat pengeriting rambut, pengering rambut, dan pelurus rambut bisa merusak rambut dan menyebabkan kerontokan. Jadi, usahakan untuk mungkin menghindari alat penata rambut yang panas untuk mendukung pertumbuhan rambut. 

Bila kamu sama sekali tidak bisa menghindarinya, kamu bisa coba mengurangi frekuensi penggunaannya atau menurunkan suhu alat penata rambut yang dipanaskan juga bisa membantu mengurangi kerusakan rambut.

Itulah cara yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan rambut. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play untuk memudahkan kamu mendapatkan solusi kesehatan terlengkap.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 10 Best Ways to Boost Hair Growth


Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan