• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apa Penyebab Kulit Anjing yang Tiba-Tiba Menghitam?

Apa Penyebab Kulit Anjing yang Tiba-Tiba Menghitam?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Menghitamnya kulit anjing disebut juga hiperpigmentasi. Kondisi ini ditandai dengan penggelapan dan penebalan kulit yang terlihat pada kulit anjing. Hiperpigmentasi terlihat seperti coklat muda atau hitam, teksturnya seperti beludru, kasar, tebal dan tidak berbulu. 

Area hitam biasanya muncul di area kaki dan selangkangan anjing. Kondisinya bisa bersifat primer atau sekunder. Kondisi yang primer menyebabkan hiperpigmentasi dapat terjadi pada semua jenis anjing. Sedangkan hiperpigmentasi sekunder relatif umum dan terjadi pada ras yang rentan terhadap obesitas, kelainan hormonal, alergi, dermatitis kontak, dan infeksi kulit. 

Penyebab Menghitamnya Kulit Anjing

Pigmen kulit setiap anjing bisa berbeda, mulai dari merah muda sampai hitam, dan bisa jadi warna berbeda-beda di berbagai area tubuh. Namun, bagaimana apabila area kulit anjing yang sebelumnya terang berubah menjadi hitam?

Nah, beberapa hal ini yang bisa menjadi penyebabnya, yaitu:

Baca juga: 5 Penyakit yang Ditularkan dari Hewan

  • Proses Peradangan

Seekor anjing yang terus-menerus menjilat area tertentu di kulitnya mungkin mengalami penggelapan dan hiperpigmentasi. Jika bulu di area tersebut berwarna terang, sering kali berubah menjadi gelap atau menghitam karena penjilatan, dan kulit dapat menebal seiring waktu.

Peradangan dan infeksi dari berbagai sumber dapat menyebabkan hiperpigmentasi lokal atau meluas pada kulit anjing. Beberapa kondisi ini meliputi infeksi tungau, alergi, infeksi jamur, dan infeksi bakteri. 

  • Masalah Hormonal

Anjing dengan sindrom Cushing atau hiperadrenokortisisme mengalami peningkatan kadar hormon adrenal dalam tubuh. Salah salah satu tanda fisik ini yaitu meningkatnya pigmentasi kulit, terutama di bagian perut. Ini juga bisa disertai dengan kalsinosis kutis, atau benjolan kecil dan keras di kulit perut. 

Hipertiroidisme atau kelenjar tiroid yang kurang aktif, terkadang bisa menyebabkan perubahan pigmen kulit, terutama di bagian perut dan panggul. Tanda kulit dan bulu yang berkaitan dengan kondisi ini mencakup rambut rontok atau rambut tidak tumbuh kembali saat dicukur. 

Baca juga: Cara Merawat Kucing Peliharaan agar Tak Terjangkit Toksoplasmosis

  • Memar

Memar dapat muncul sebagai bercak hitam pada kulit yang menyebar luas jika ada trauma atau anjing mengalami kelainan trombosit atau keracunan. Jika area kulit anjing ada yang tiba-tiba menghitam, sebaiknya segera bawa ke dokter hewan karena bisa jadi ini adalah keadaan darurat. 

  • Infeksi Jamur

Kebanyakan anjing yang kulitnya tiba-tiba menghitam disebabkan oleh infeksi jamur. Saat anjing menggaruk area yang terinfeksi, maka kulitnya menjadi gelap dan kemerahan. Infeksi jamur sering terjadi pada kaki atau telinga anjing. Jika kondisinya memburuk, kamu melihat adanya cairan kekuningan yang mencurigakan dari area infeksi, dan kulit tampak berkerak. 

  • Masalah Genetik

Jenis atau ras anjing yang berisiko tinggi mengalami kulit menghitam yaitu:

  • Dachshund: Rentan terhadap penyakit langka yang disebut acanthosis nigricans yang menyebabkan hiperpigmentasi. Kondisi ini juga diikuti oleh alopecia dan likenifikasi. 
  • Husky: Rentan terhadap alopecia X, sindrom yang menyebabkan rambut rontok dan hiperpigmentasi. 
  • Yorkies, Silkies, dan Persilangan: Rawan mengalami melanoderma, kelainan kulit yang biasanya menyebabkan rambut rontok dan hiperpigmentasi pada telinga serta pengenceran warna alopecia. Kondisi ini menyebabkan bulu menipis dan menghitamnya kulit anjing. 

Baca juga: 4 Tips Memilih Hewan Peliharaan untuk Anak

Meskipun kamu tidak berharap anjing kesayangan kamu mengalami gangguan kulit ini, namun kamu tidak perlu khawatir. Kamu bisa menanyakan cara mengatasi menghitamnya kulit anjing pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Ketidakseimbangan hormon, infeksi kulit, genetika, dan parasit bisa menyebabkan kulit anjing menghitam dan tidak enak dipandang. Beberapa pemeriksaan dapat menunjukkan penyebabnya dan salep atau obat oral mampu mengendalikan sebagian besar masalah. 

Referensi:

Merck Manual. Diakses pada 2020. Hyperpigmentation (Acanthosis Nigricans) in Dogs
Dog Health. Diakses pada 2020. Why Is Some of My Dog's Skin Turning Black?
Petful. Diakses pada 2020. Hyperpigmentation: When a Dog’s Tummy Has Turned Black