• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apa Penyebab Sering Kencing Setelah Sahur?

Apa Penyebab Sering Kencing Setelah Sahur?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Banyak yang memutuskan untuk kembali tidur setelah santap sahur, karena rasa kantuk yang melanda. Namun, baru juga memejamkan mata, rasa ingin kencing kerap muncul, bahkan berkali-kali, sehingga membuat kamu sering terbangun. Namun, apakah wajar jika sering kencing setelah sahur atau itu justru tanda masalah kesehatan?

Sebenarnya, sering kencing itu penyebabnya bermacam-macam. Mulai dari rasa dingin, grongi, minum kopi, makan lobak, atau yang bersifat diuretik lainnya. Sering kencing setelah sahur perlu ditelusuri penyebabnya, dengan cara mencari tahu apa saja yang dimakan dan diminum ketika santap sahur. Jika memang kamu merasa minum beberapa gelas air sebelum imsak, mungkin saja sering kencing setelah sahur disebabkan oleh banyaknya asupan cairan ke dalam tubuh.

Baca juga: Pilihan Menu Sahur Sehat Saat Puasa

Penyebab Sering Kencing dari Segi Medis

Jika dilihat dari segi medis dan dihubungkan dengan suatu penyakit, sering kencing identik dengan penyakit diabetes mellitus. Hal ini karena adanya gangguan pada ginjal dan keseimbangan elektrolit pada tubuh pengidapnya. Meski begitu, diabetes mellitus tidak hanya ditandai oleh sering kencing, masih ada banyak gejala lainnya.

Misalnya, penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas, sering mengantuk, dan cepat merasa haus. Artinya, diabetes mellitus tidak hanya bisa disimpulkan dari gejala sering kencing saja. Ada banyak faktor yang perlu dilihat untuk memastikan kondisi, seperti gaya hidup, riwayat kesehatan keluarga, dan bagaimana gejala lain yang muncul.

Selain diabetes melitus, sering kencing juga menjadi gejala dari berbagai penyakit lainnya yang perlu diwaspadai, seperti:

  • Gangguan Prostat

Gangguan prostat adalah penyakit yang sering menyerang pria berusia di atas 60 tahun. Sering kencing akibat gangguan prostat terjadi karena prostat terlalu besar, sehingga menekan saluran kencing. Orang yang mengidap gangguan ini akhirnya jadi sering kencing, karena saat kencing, aliran urine keluar sedikit-sedikit atau tidak tuntas.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Makan Sahur?

  • Neurogenic Bladder

Neurogenic bladder adalah kondisi ketika fungsi kandung kemih yang normal terganggu atau hilang, akibat adanya kerusakan pada sebagian sistem sarafnya. Pengidap neurogenic bladder biasanya tidak bisa menahan hasrat kencing, termasuk pada malam hari.

  • Infeksi Saluran Kencing

Dibanding pria, infeksi saluran kencing lebih sering dialami oleh wanita. Penyakit ini juga sering disebut dengan istilah anyang-anyangan. Selain sering kencing, infeksi ini juga membuat pengidapnya merasa sakit atau nyeri ketika kencing. Pada wanita yang telah menikah, infeksi saluran kencing juga rentan terjadi, yang disebut dengan honeymoon cystitis.

  • Batu Ginjal

Pada beberapa kasus, sering kencing juga bisa jadi gejala batu ginjal. Batu ginjal adalah butiran mineral menyerupai batu, yang terbentuk dan menumpuk di dalam ginjal. Kamu perlu mewaspadai kondisi ini jika mengalami sering kencing, tetapi aliran urine sangat sedikit dan terasa nyeri.

Baca juga: Begini Pola Makan yang Sehat saat Sahur

Itulah beberapa kondisi medis yang dapat menjadi kemungkinan penyebab sering kencing. Namun, seperti telah dikatakan sebelumnya, sering kencing saat sahur tidak selalu berarti ada masalah kesehatan serius. Untuk memastikannya, kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter, atau buat janji dengan dokter di rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Sebagai langkah pencegahan, kamu bisa mencoba melakukan perubahan gaya hidup yang lebih sehat saat puasa. Misalnya, dengan mengonsumsi makan bergizi dan minum air putih yang cukup, serta menghindari minuman tidak sehat, saat sahur. 

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. Why am I urinating so often?
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Frequent urination.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2020. Urination: Frequent Urination: Possible Causes.