Apa Saja Ciri-Ciri Seseorang Mengidap Maag Kronis?

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   04 April 2024

“Tak seperti maag akut yang sifatnya hanya sementara, ciri-ciri maag kronis bisa terjadi berulang kali dalam jangka waktu yang lebih panjang. Apabila tidak segera ditangani, maag kronis dapat memunculkan komplikasi yang lebih serius dan membahayakan.”

Apa Saja Ciri-Ciri Seseorang Mengidap Maag Kronis?Apa Saja Ciri-Ciri Seseorang Mengidap Maag Kronis?

Halodoc, Jakarta – Disebut juga gastritis kronis, maag kronis merupakan masalah pencernaan yang terjadi karena peradangan pada dinding lambung. Kondisi ini bisa terjadi secara perlahan dan bertahan hingga hitungan bulan atau bahkan tahun.

Ciri-ciri maag kronis sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti infeksi bakteri, efek mengonsumsi obat, gagal ginjal, dan diabetes. Tak hanya itu, maag kronis juga bisa terjadi karena konsumsi minuman beralkohol berlebihan dan masalah kesehatan pada imunitas yang mengakibatkan dinding lambung mengalami peradangan. 

Mengenali Ciri-Ciri Maag Kronis

Beberapa kasus maag kronis tidak menunjukkan gejala tertentu. Meski begitu, kamu tetap perlu mengenali apa saja ciri-ciri maag kronis, yaitu:

1. Nyeri pada perut atas

Sakit perut menjadi gejala utama dari maag kronis. Akan tetapi, nyeri lebih sering terasa pada perut bagian atas saja, tepatnya di area ulu hati. Sebenarnya, rasa sakit muncul karena organ lambung yang mengalami peradangan ada di perut atas. Nyeri yang muncul tentu sangat membuat tidak nyaman, bahkan bisa menghambat aktivitas. 

Ketahui penyebab lainnya dari nyeri perut atas lewat artikel ini: “Sering Alami Sakit Perut Bagian Atas? Ini 7 Penyebabnya”.

2. Sering  mual dan muntah

Selain itu, pengidap maag kronis juga lebih sering mual dan muntah. Akibatnya, tentu makan pun menjadi tidak nyaman dan asupan nutrisi yang masuk ke tubuh menjadi berkurang. Saat terserang gastritis kronis, mual dan muntah akan lebih sering terjadi setelah kamu makan. 

Terlebih jika kamu makan terlalu banyak dan tergesa-gesa. Meski terdengar sepele, kamu tetap tidak boleh meremehkan munculnya rasa mual dan muntah. Pasalnya, ini bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan lainnya yang lebih berbahaya. 

3. Perut kembung

Perut terasa kembung sebagai ciri-ciri maag kronis lainnya terjadi karena bertumpuknya gas di dalam perut. Namun, kondisi ini tak selalu terjadi karena gastritis, ada pula kemungkinan medis lainnya, seperti GERD atau meningkatnya asam lambung. 

Dampaknya, kembung yang terasa membuat kamu cepat merasa kenyang meski baru makan dalam porsi yang sangat kecil. Bahkan, bukan tidak mungkin kamu juga mengalami nyeri perut setelah makan.

Apabila Sakit Maag Sering Kambuh, Segera Hubungi Dokter Ini agar mendapat penanganan yang tepat.

4. Perut begah atau penuh setelah makan

Apakah kamu sering merasa begah atau penuh pada perut setelah makan? Jika iya, bisa jadi kamu sedang mengalami maag. Bahkan, rasanya kamu sudah kenyang meski baru mengisi perut sedikit. Tak jarang, rasa begah juga diikuti dengan naiknya asam lambung. Tentu saja, hal ini akan membuat kamu merasa sangat tidak nyaman. 

5. Nafsu makan menurun

Rasa cepat kenyang yang diikuti dengan sakit perut setelah makan tak jarang membuat kamu menjadi tak nafsu makan. Kondisi ini sebenarnya bukan karena tidak merasa lapar, melainkan adanya rasa tidak nyaman ketika makan dan setelahnya. 

Nafsu makan yang menurun ini menyebabkan kurangnya asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Nah, kondisi ini nantinya bisa membuat asam lambung lebih mudah naik. Tak hanya itu, berat badan juga menurun dan kamu pun menjadi lebih rentan terserang penyakit karena asupan nutrisi yang tidak terpenuhi. 

6. Penurunan berat badan

Kurangnya gizi dan jumlah makanan yang masuk mengakibatkan penurunan berat badan. Ini adalah dampak yang muncul karena rasa tidak nyaman saat makan yang membuat kamu menjadi tidak bernafsu. 

Rekomendasi Obat Maag Kronis

Apabila kamu mengalami ciri-ciri maag kronis tadi, segera lakukan pemeriksaan dan pengobatan agar tidak terjadi komplikasi yang lebih serius. Kamu dapat mencoba sejumlah rekomendasi obat maag ampuh berikut ini:

1. Xepazym 6 Kaplet

Obat maag pertama yang dapat kamu gunakan adalah Xepazym 6 Kaplet.

Dengan kandungan pancreatin dan simetikon, obat ini digunakan untuk mengatasi maag dan melengkapi terapi pada gangguan di lambung akibat kenaikan asam lambung.

Kamu dapat mengonsumsi obat ini pada saat makan tanpa dikunyah. Dosis penggunaan obat ini adalah sebanyak 1-2 kaplet per hari. 

Obat ini bisa kamu dapatkan di apotik tanpa menggunakan resep dokter.

Rentang harga: Rp24.500 – Rp25.600 per strip

Dapatkan Xepazym 6 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc

2. Farmacrol Forte 10 Tablet

Berikutnya, kamu juga bisa menggunakan obat maag Farmacrol Forte 10 Tablet. 

Obat ini bermanfaat mengatasi gangguan pada saluran pencernaan seperti gastritis, perut kembung, maag, dispepsia, hiatus hernia, tukak lambung, dan usus duabelas jari.

Farmacrol Forte dapat dikonsumsi saat perut kosong atau sebelum makan. Selain itu, obat ini juga dapat diminum baik oleh orang dewasa maupun anak-anak dengan dosis sebagai berikut:

  • Dewasa : 3-4 x sehari 1 tablet kunyah.
  • Anak : 3-4 x sehari 0.5 tablet kunyah.

Rentang harga: Rp14.200 – Rp14.300 per strip.

Dapatkan Farmacrol Forte 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Mylanta Sirup 50 ml

Opsi obat maag lainnya adalah Mylanta Sirup 50 ml. Obat ini merupakan obat sirup dengan kandungan berbagai senyawa efektif untuk mengatasi gejala asam lambung dan maag.

Kombinasi aluminium hidroksida dan magnesium hidroksida pada obat ini dapat menetralkan asam lambung dan menginaktifkan pepsin, sehingga nyeri ulu hati akibat maag dapat berkurang. Selain itu efek laksatif dan magnesium hidroksida juga dapat mengurangi gejala konstipasi.

Kamu dapat meminum obat ini 1 jam sebelum makan atau 2 jam sesudah makan dan menjelang tidur. Dosis penggunaan obat ini adalah sebagai berikut:

  • Dewasa : 1-2 sendok takar (5-10 mL) 3-4 kali sehari.
  • Anak-anak (6 – 12 tahun) : 1/2 – 1 sendok takar (2.5 – 5 mL), sebanyak 3-4 kali sehari.

Rentang harga: Rp18.100 – Rp18.300 per botol.

Dapatkan Mylanta Sirup 50 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Plantacid Forte 10 Tablet

Obat maag lainnya yang bisa kamu konsumsi adalah Plantacid Forte 10 Tablet. 

Plantacid Forte Tablet merupakan obat dengan kandungan senyawa aluminium hidroksida, magnesium hidroksida, dan simetikon. Ketiga senyawa tersebut secara efektif membantu mengatasi gangguan pada saluran pencernaan seperti gastritis, perut kembung, dan maag.

Obat ini dapat dikonsumsi 1 jam sesudah makan dan menjelang tidur malam dengan dosis sebagai berikut:

  • Dewasa: 3-4 x sehari 1 – 2 tablet Plantacid.
  • Anak – anak 6-12 th: 3-4 x sehari 1/2 – 1 tablet Plantacid.

Rentang harga: Rp12.600 – Rp12.800 per strip.

Dapatkan Plantacid Forte 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc. 

Nah, itu dia sejumlah obat maag kronis ampuh yang bisa kamu gunakan. Jika kamu membutuhkan sejumlah obat maag tersebut, kamu bisa membelinya secara online di Toko Kesehatan Halodoc. Produk akan dikirim dengan cepat dan praktis langsung ke lokasimu!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Chronis Gastritis.
Medical News Today. Diakses pada 2022. What Are the Cause and Symptoms of Chronic Gastritis?
Medscape. Diakses pada 2022. Chronis Gastritis.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan