• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apa Saja Gejala Awal Terjadinya Kanker Serviks?

Apa Saja Gejala Awal Terjadinya Kanker Serviks?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Setelah kanker payudara, kanker serviks menjadi salah satu jenis kanker yang paling berbahaya bagi wanita. Ya, kanker serviks atau kanker leher rahim menjadi penyakit kanker yang hanya dialami oleh wanita. Jenis kanker ini menjadi penyakit yang dapat menyebabkan kematian pada wanita jika tidak diatasi dengan tepat.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh Gejala Kanker Serviks Ini

Gejala awal kanker serviks terkadang jarang disadari oleh pengidap sehingga menyebabkan kanker serviks terdeteksi saat sudah masuk tingkat yang cukup parah. Hal ini mengakibatkan tingkat kematian yang cukup tinggi. Sebaiknya, ketahui gejala yang menjadi tanda dari kanker serviks agar kamu dapat melakukan pengobatan dan perawatan untuk menurunkan risiko gejala bertambah parah dan membuat kesehatan kembali pulih. 

Kenali Gejala Awal Kanker Serviks

Sebaiknya jangan sepelekan kondisi perdarahan yang kamu alami di luar masa menstruasi. Kondisi ini bisa menjadi gejala awal kanker serviks. Tidak hanya itu, perdarahan yang terjadi setelah berhubungan intim, bahkan saat kamu telah memasuki masa menopause menjadi salah satu tanda adanya sel kanker pada leher rahim. 

Perdarahan yang kamu alami akan disertai dengan tanda lain, seperti munculnya cairan dengan bau yang tidak sedap dari vagina, sakit yang sangat mengganggu saat berhubungan intim, hingga nyeri panggul. Sebaiknya segera gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter seputar keluhan kesehatan yang kamu alami. Bukan hanya kanker serviks, beberapa tanda tersebut bisa menjadi tanda adanya polip pada rahim. Pastikan kondisi kesehatan kamu dengan lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat.

Baca juga: Ketahui Pemeriksaan Penting untuk Cegah Kanker Serviks

Namun, saat sel kanker sudah menyebar pada jaringan di sekitar serviks, maka pengidap dapat mengalami beberapa gejala lanjutan, seperti:

  1. Diare;
  2. Mual;
  3. Muntah;
  4. Penurunan nafsu makan;
  5. Pembengkakan perut;
  6. Darah dalam urine;
  7. Pembengkakan pada kaki;
  8. Perdarahan saat buang air besar;
  9. Tubuh yang lebih mudah kelelahan.

Itulah beberapa gejala lanjutan seputar kanker serviks. Mengenali keluhan kesehatan yang menjadi tanda adanya sel kanker pada leher rahim membuat kondisi ini mendapatkan penanganan lebih dini. Dengan begitu, pengobatan yang dilakukan akan lebih mudah untuk memulihkan kondisi kesehatan.

Faktor Pemicu Kanker Serviks

Kanker serviks terjadi akibat adanya mutasi gen yang menyebabkan sel abnormal berkembang secara tidak terkendali, hingga membentuk sel kanker. Meskipun belum diketahui apa penyebab perubahan genetik, tetapi ada beberapa kondisi yang dinilai menjadi faktor pemicu, seperti:

  1. Virus HPV dapat menginfeksi leher rahim yang meningkatkan risiko kanker serviks.
  2. Kebiasaan merokok.
  3. Memiliki berat badan berlebihan atau obesitas.
  4. Kurang mengonsumsi buah dan juga sayur.
  5. Pernah melahirkan saat usia ibu dibawah 17 tahun.
  6. Memiliki riwayat kanker serviks dalam keluarga.
  7. Memiliki gangguan pada imun tubuh.

Baca juga: Mengidap Kanker Serviks, Bisakah Disembuhkan?

Itulah beberapa faktor pemicu seseorang mengalami kondisi kanker serviks. Tidak ada salahnya untuk melakukan beberapa langkah pencegahan terhadap kanker serviks dengan berhubungan intim yang aman, melakukan vaksin HPV, rutin papsmear, hingga menghentikan kebiasaan merokok.

Referensi:
The American Society of Clinical Oncology. Diakses pada 2020. Cervical Cancer: Symptoms and Signs.
National Health Service UK. Diakses pada 2020. Cervical Cancer.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Cervical Center.