• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apa Saja Manfaat Mengonsumsi Buah Manggis?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apa Saja Manfaat Mengonsumsi Buah Manggis?

Apa Saja Manfaat Mengonsumsi Buah Manggis?

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 12 Januari 2022

Manfaat buah manggis untuk kesehatan sangat menjanjikan. Maka dari itu, sayang jika dilewatkan begitu saja. Rutin mengonsumsi buah ini disebut bisa membantu menurunkan berat badan, mengontrol kadar gula darah, serta menurunkan risiko kanker.

Apa Saja Manfaat Mengonsumsi Buah Manggis?

Halodoc, Jakarta – Manfaat buah manggis untuk kesehatan sangat sayang jika dilewatkan. Sebab, buah ini memiliki banyak kandungan nutrisi, dan cara mengonsumsinya pun tidak sulit. Jika dikonsumsi secara rutin, buah manggis disebut bisa memberi manfaat mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh hingga menurunkan risiko penyakit. 

Beragam manfaat sehat tersebut bisa didapat dari kandungan nutrisi penting yang ada di dalam buah ini. Dalam buah manggis, terdapat kandungan vitamin C, vitamin B2, folat, magnesium, dan xanthones. Lantas, apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari rutin mengonsumsi buah ini? Temukan jawabannya di artikel berikut!

Manfaat Buah Manggis yang Sayang Dilewatkan 

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapat dari rutin mengonsumsi buah manggis: 

  1. Menurunkan Berat Badan 
menurunkan berat badan

Buah manggis ternyata cocok untuk dikonsumsi saat diet karena bisa membantu menurunkan berat badan. Katanya, rutin mengonsumsi jus buah manggis bisa membantu meningkatkan metabolisme lemak di dalam tubuh. 

  1. Daya Tahan Tubuh lebih Kuat 
daya tahan tubuh kuat

Salah satu cara agar tubuh selalu sehat adalah menjaga kekuatan imunitas alias daya tahan tubuh. Nah, kandungan vitamin C, mineral, dan xanthones pada buah manggis disebut bisa membantu menguatkan daya tahan tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit. Buah ini juga bersifat antibakteri, sehingga bisa membantu imunitas melawan infeksi. 

  1. Kadar Gula Darah Terkontrol 
kadar gula darah terkontrol

Kandungan nutrisi dalam buah manggis juga bisa membantu mengontrol dan mengendalikan kadar gula dalam darah. Meski masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, tetapi tidak ada salahnya untuk mengonsumsi buah yang menyimpan segudang manfaat ini. 

  1. Menurunkan Risiko Kanker 
menurunkan resiko kanker

Ada penelitian yang menyebut bahwa konsumsi buah-buahan, termasuk manggis bisa menurunkan risiko kanker. Sebab, buah ini mengandung zat xanthones yang bersifat antioksidan dan antiiflamasi. Kandungan tersebut diketahui bisa melawan perkembangan dan penyebaran sel kanker di payudara, perut, dan paru-paru.

Meski diyakini mengandung banyak manfaat untuk tubuh, tetapi penting juga untuk tetap menerapkan gaya hidup sehat di samping mengonsumsi buah manggis.

Nah, kamu bisa menerapkan gaya hidup sehat dengan memenuhi kebutuhan vitamin atau suplemen harian tubuhmu. Caranya mudah, langsung cek aplikasi Halodoc, ya!

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2022. 11 Health Benefits of Mangosteen (And How to Eat It).
Medical News Today. Diakses pada 2022. Everything you need to know about mangosteen.