Apakah Benar Pola Makan Tertentu Bisa Membantu Atasi Kecemasan?

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   12 September 2022
Apakah Benar Pola Makan Tertentu Bisa Membantu Atasi Kecemasan?Apakah Benar Pola Makan Tertentu Bisa Membantu Atasi Kecemasan?

"Mengatasi gangguan kecemasan tidak hanya dengan terapi. Nyatanya, menerapkan pola makan yang sehat juga bisa menangani kondisi ini."

Halodoc, Jakarta - Hidup dengan anxiety disorder atau gangguan kecemasan bisa sangat menyiksa. Seolah bertarung dengan diri sendiri, pengidap gangguan kecemasan perlu berupaya mencegah dan mengatasi gejala. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah perubahan gaya hidup.

Misalnya saja mengubah pola makan menjadi lebih sehat. Meski sebenarnya tidak ada pola makan tertentu yang benar-benar bisa menyembuhkan anxiety atau rasa cemas yang dirasakan. Namun, memerhatikan apa yang kamu konsumsi bisa membantu. Untuk tahu lebih lanjut, simak pembahasannya hingga tuntas, ya. 

Pola Makan Ini Bisa Membantu Redakan Kecemasan

Pada dasarnya, apa yang terjadi pada tubuh bisa tergantung pada apa yang kamu makan. Memiliki pola makan yang sehat bisa membuat fungsi tubuh berjalan optimal, bahkan membuat suasana hati membaik.

Jika kamu memiliki gangguan kecemasan, beberapa tips dan pola makan berikut ini mungkin bisa membantu:

  • Usahakan sarapan tinggi protein. Mengonsumsi protein saat sarapan membantu kamu merasa kenyang lebih lama dan menjaga gula darah tetap stabil. Hal ini membuat kamu memiliki lebih banyak energi saat memulai hari.
  • Konsumsi karbohidrat kompleks. Karbohidrat meningkatkan jumlah serotonin di otak, yang memiliki efek menenangkan. Konsumsi makanan yang kaya karbohidrat kompleks, seperti biji-bijian, oatmeal, quinoa, roti gandum, dan sereal gandum. Hindari makanan yang mengandung karbohidrat sederhana, seperti makanan dan minuman manis.
  • Minum air putih yang cukup. Dehidrasi ringan dapat memengaruhi suasana hati. Jadi, jangan sampai kurang minum air putih, ya.
  • Batasi atau hindari alkohol. Efek langsung alkohol mungkin menenangkan. Namun, karena alkohol diproses oleh tubuh, itu bisa membuat kamu gelisah. Selain itu, alkohol juga bisa mengganggu tidur.
  • Batasi atau hindari kafein. Hindari minuman berkafein yang berlebihan, karena bisa membuat kamu merasa gelisah dan gugup serta dapat mengganggu tidur.
  • Konsumsi makanan sehat dan seimbang. Makan sehat penting untuk kesehatan fisik dan mental secara keseluruhan. Makan banyak buah dan sayuran segar, dan jangan makan berlebihan. Sebaiknya, konsumsi ikan yang tinggi asam lemak omega-3, seperti salmon, ikan tenggiri, atau sarden.

Perubahan pada pola makan mungkin membuat beberapa perbedaan pada suasana hati secara umum. Namun, itu bukan pengganti pengobatan, lho. Jika kamu mengidap anxiety disorder, sebaiknya tetap bicarakan dengan dokter di aplikasi Halodoc, agar bisa mendapatkan pengobatan terbaik sesuai kondisi.

Makanan yang Bantu Atasi Kecemasan

Ada beberapa makanan yang bisa bantu atasi kecemasan dan stres, yaitu:

1.Asparagus

Asparagus adalah salah satu sayuran yang mengandung banyak folat, nutrisi yang bisa bantu meningkatkan suasana hati. Satu cangkir saja menyediakan dua pertiga dari nilai folat harian yang direkomendasikan.

2.Alpukat

Vitamin B6 membantu tubuh memproduksi beberapa neurotransmiter, termasuk serotonin, yang memengaruhi suasana hati. Alpukat kaya vitamin B pereda stres dan lemak penyehat jantung, sehingga membantu mengurangi kecemasan. Sementara itu, vitamin E adalah nutrisi yang penting untuk penglihatan, reproduksi dan menjaga kesehatan kulit. 

Ini juga berhubungan dengan kognisi, membantu memperlebar pembuluh darah dan dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah. Karena vitamin E larut dalam lemak, vitamin ini hanya ditemukan dalam makanan seperti kacang-kacangan dan alpukat yang memiliki kandungan lemak tinggi.

3.Blueberry

Saat cemas dan stres, tubuh membutuhkan vitamin C untuk membantu memperbaiki dan melindungi sel-sel. Blueberry adalah salah satu buah yang kaya akan antioksidan dan vitamin C yang dipercaya mampu meredakan kecemasan. 

4.Almond

Magnesium dapat menjadi pengobatan yang efektif untuk gejala yang berhubungan dengan kecemasan. Kekurangan magnesium dapat mengurangi tingkat serotonin neurotransmitter di otak. Kabar baiknya, magnesium banyak terkandung dalam almond. Dalam 100 gram almond, terkandung 75 miligram magnesium, yang merupakan 19 persen dari nilai harian yang direkomendasikan.

5.Salmon

Menurut studi dari Universitas Ohio, dikutip dari laman Psycom, asam lemak omega-3 efektif untuk membantu mengatasi kecemasan. Kamu dapat menemukan asam lemak omega-3 dalam makanan seperti salmon, biji chia, kedelai, dan kenari, serta minyak zaitun.

Itulah makanan yang dapat membantu mengatasi rasa cemas atau anxiety. Sebaiknya, tetap imbangi dengan istirahat yang cukup dan rutin periksakan diri ke dokter apabila gejala masih sering kambuh. 

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Coping With Anxiety: Can Diet Make a Difference?
Psycom. Diakses pada 2021. 8 Foods that Help with Anxiety and Stress.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan