Apakah Jeruk Nipis Bisa Menghilangkan Jerawat? Ini Penjelasannya

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   02 Oktober 2023

“Jeruk nipis memiliki sifat antimikroba dan mengandung asam sitrat. Keduanya merupakan senyawa yang bermanfaat bagi kecantikan dan kesehatan kulit.”

Apakah Jeruk Nipis Bisa Menghilangkan Jerawat? Ini PenjelasannyaApakah Jeruk Nipis Bisa Menghilangkan Jerawat? Ini Penjelasannya

Halodoc, Jakarta – Jeruk nipis adalah jenis buah sitrus yang memiliki bentuk kecil dan berwarna hijau kekuningan. Buah ini memiliki rasa yang asam dan segar, serta aroma yang khas. Buah ini kerap menjadi bahan masakan dan minuman untuk memberikan cita rasa segar dan asam yang khas.

Berkat kandungan vitamin C nya yang tinggi, jeruk nipis dapat memberikan banyak manfaat saat kamu konsumsi atau gunakan. Salah satunya adalah menghilangkan jerawat. Lantas, benarkah demikian? Simak informasinya di sini! 

Ketahui Dulu Kandungan Nutrisinya!

Meski kecil, buah citrus ini sarat dengan nutrisi terutama vitamin C sehingga termasuk sebagai salah satu makanan sehat. Satu jeruk nipis utuh (67 gram) menyediakan nutrisi berikut: 

  • Kalori: 20 kcal. 
  • Karbohidrat: 7 gram.
  • Protein: 0,5 gram.
  • Serat: 1,9 gram.
  • Vitamin C: 22 persen dari nilai kebutuhan harian (Daily Value = DV). 
  • Besi: 2 persen dari DV. 
  • Kalsium:  2 persen dari DV. 
  • Vitamin B6: 2 persen dari DV. 
  • Tiamin: 2 persen dari DV. 
  • Kalium: 1 persen dari RDI. 

Jeruk nipis juga mengandung sejumlah kecil riboflavin, niasin, folat, fosfor, dan magnesium.

Benarkah Jeruk Nipis Bisa Menghilangkan Jerawat? 

Jeruk nipis memiliki beberapa khasiat yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Pertama, buah ini tinggi vitamin C sekaligus memiliki sifat antimikroba dan mengandung asam sitrat. Keduanya dapat membantu mengeringkan jerawat serta mengurangi kemerahan pada kulit. 

Meski begitu, efektivitas buah ini sebagai pengobatan jerawat dapat bervariasi tergantung pada jenis kulit masing-masing individu. Beberapa orang mungkin merasa manfaat dari penggunaan buah ini untuk mengobati jerawat, sementara yang lain mungkin tidak merasakan perubahan atau bahkan mengalami iritasi kulit.

Kalau sudah begini, penting untuk kamu ingat bahwa buah ini memiliki kandungan asam yang cukup kuat. Sehingga, penggunaan berlebihan atau tidak tepat dapat menyebabkan iritasi, kemerahan, atau bahkan sensasi terbakar pada kulit. 

Jika kamu ingin mencari manfaat jeruk nipis lebih jauh, artikel ini Selain Mencerahkan, Ini 4 Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah bisa kamu baca di sini.

Adakah Manfaat Jeruk Nipis Lainnya untuk Kulit?

Buah ini memiliki kandungan gizi dan vitamin yang bisa berdampak positif pada kulit. Hal ini berkat kandungan antioksidan dan vitamin C dalam jumlah yang tinggi. Manfaat buah ini tak hanya berlaku untuk kecantikan kulit dari dalam, tetapi juga dari luar. 

Penggunaan buah ini bisa memberikan manfaat yang sama baiknya, baik sebagai masker wajah maupun konsumsi langsung. Berikut beberapa manfaat buah ini untuk kulit wajah: 

1. Membantu Peremajaan Kulit

Salah satu kegunaan jeruk nipis untuk kulit wajah adalah kemampuannya dalam meremajakan kulit. Keunggulan ini berasal dari kandungan vitamin C serta flavonoid yang tinggi. Kedua kandungan ini berperan sebagai antioksidan yang berkontribusi pada kesehatan kulit. 

2. Menyamarkan Flek Hitam

Bintik-bintik hitam sering kali muncul akibat efek sinar matahari, penggunaan produk perawatan yang tidak sesuai, dan tanda-tanda penuaan.

Salah satu keunggulan lain dari jeruk nipis bagi kulit wajah adalah kemampuannya dalam menyembunyikan bintik-bintik hitam. 

Sebab, air buah ini dianggap sebagai bahan pemutih alami karena sifatnya yang mencerahkan kulit. 

3. Membantu Hilangkan Kulit Mati

Jeruk nipis juga memiliki peran dalam mengangkat sel-sel kulit mati. Efek ini terjadi akibat kandungan asam sitrat yang efektif dalam mengatasi sel-sel kulit mati yang menempel. 

Setelah proses tersebut, kulit yang lebih segar akan muncul sehingga memberikan hasil yang lebih cerah. Tindakan ini juga dapat mencegah penumpukan sel-sel kulit tua yang berpotensi menyumbat pori-pori. 

4. Membantu Mengencangkan Pori-Pori

Jika dioleskan secara topikal, minyak jeruk nipis dapat membantu mengencangkan pori-pori karena berfungsi sebagai astringen. Adapun, astringen biasanya menjadi kandungan dalam produk wajah untuk mengencangkan pori-pori sementara agar kulit lebih bersih.

5. Membantu Mengencangkan Kulit

Manfaat buah citrus ini untuk kulit selanjutnya adalah membantu mengencangkan kulit. Sebab, kandungan vitamin C dalam buah citrus ini berperan penting dalam produksi kolagen tubuh. 

Kolagen sendiri merupakan jenis protein yang dapat menjaga kekencangan maupun kekuatan kulit. Artinya, penggunaan rutin diharapkan dapat membantu kulit menjadi lebih elastis dan padat.

Selain kulit, nyatanya buah ini juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Baca informasi lengkapnya dalam artikel: 11 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Itulah penjelasan mengenai pertanyaan apakah jeruk nipis bisa menghilangkan jerawat. Kamu bisa menggunakan buah ini secara rutin untuk mendapatkan wajah yang cantik, cerah, dan sehat. 

Meski begitu, sebaiknya kamu berdiskusi dengan dokter spesialis kulit di Halodoc terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Sebab, kulit sensitif bisa saja mengalami iritasi dan kemerahan dari penggunaannya. 

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2023. Limes: A Citrus Fruit with Powerful Benefits. 
Tuggeranong Square Medical Center. Diakses pada 2023. Lime Benefits for Face and Skin. 
Legend’s Creek Farm. Diakses pada 2022. Five Incredible Benefits of Lime for Your Skin.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan