• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apakah Mandi Diperbolehkan saat Terkena Cacar Air?

Apakah Mandi Diperbolehkan saat Terkena Cacar Air?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Saat seseorang mengalami cacar air, permukaan kulit pada bagian badan, tangan, kaki, bahkan wajah akan dipenuhi oleh bintik-bintik merah yang menimbulkan rasa gatal. Untuk mencegah gejalanya bertambah parah, ada yang bilang bahwa pengidap tidak diperbolehkan mandi, dan harus menghindari kulit dari air. Apakah mandi saat cacar air tidak diperbolehkan? Berikut penjelasan selengkapnya mengenai hal ini.

Baca juga: Cara Mencegah Bekas Cacar Air pada Kulit

Apakah Mandi saat Cacar Air Tidak Diperbolehkan?

Lenting pada kulit yang menjadi tanda cacar ini ini perlu dijaga agar tidak pecah, tergores, bahkan terluka agar cepat kering, dan mencegah risiko penularan cacar air serta infeksi lainnya. Jadi, sebisa mungkin pengidap tidak boleh menyentuh, atau menggaruknya, meskipun rasa gatalnya sangat tidak tertahankan. Karena rasa gatalnya, banyak pengidap yang merasa risih kemudian mandi untuk menghilangkan rasa gatal tersebut.

Dari sisi medis, tidak ada larangan mandi untuk pengidap cacar air. Mandi saat cacar air pun disarankan sebagai upaya perawatan kulit untuk meredakan rasa gatal, serta mencegah pengidap menggaruk lentingan pada kulit terlalu sering. Selain itu, mandi juga dapat mengangkat kotoran di permukaan kulit yang berpotensi menambah rasa gatal, sehingga kulit akan terasa lebih nyaman setelah mandi.

Namun, jika tidak berhati-hati, mandi saat cacar air justru dapat memperparah gejala ruam dan rasa gatal jika tidak mengikuti anjuran yang tepat. Lantas, bagaimana aturan mandi yang tepat untuk membantu mengatasi gejala cacar air? Berikut penjelasan selengkapnya.

Baca juga: Waspadai Munculnya Herpes Zoster Setelah Alami Cacar Air

Begini Aturan Mandi bagi Pengidap Cacar Air

Sah-sah saja jika pengidap cacar air ingin mandi. Hal tersebut juga diperbolehkan dari sisi medis. Jika ingin mandi, dianjurkan untuk menggunakan air hangat dan tidak lebih dari 20-30 menit. Untuk membersihkan tubuh, pengidap tidak dianjurkan untuk memakai sabun yang mengandung busa dan pewangi yang kuat. Kandungan-kandungan tersebut justru akan menimbulkan rasa perih pada bagian lentingan, serta memperparah rasa gatalnya.

Sebaiknya gunakan sabun khusus kulit sensitif atau sabun untuk bayi yang baru lahir. Perhatikan pula saat mengaplikasikan sabun pada kulit. Cobalah untuk tidak menggosok kulit terlalu keras guna mencegah luka pada lentingan. Selain menggunakan sabun untuk kulit sensitif atau sabun bayi yang baru lahir, kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan alami berikut ini:

1.Mandi dengan Oatmeal

Oatmeal memiliki kandungan anti-inflamasi bernama beta glukan yang dapat membantu meringankan rasa gatal cacar air. Kamu bisa mencoba menggunakan produk mandi berbahan dasar oatmeal yang dijual bebas. Jika tidak ada, kamu bisa menghaluskan oatmeal dan digunakan untuk merendam badan. Rendam badan selama beberapa menit. Setelah selesai, bilas dengan air bersih.

2.Mandi dengan Soda Kue

Sama halnya dengan oatmeal, soda kue juga dapat memberikan efek menenangkan di kulit, sehingga membantu mengurangi rasa gatal karena cacar air. Cara mandi menggunakan soda kue akan lebih mudah, yaitu dengan memasukan satu gelas soda kue ke dalam bak berisi air hangat, lalu aduk hingga campuran benar-benar merata. Kemudian rendam tubuh selama beberapa menit. Setelah selesai, bilas dengan air bersih.

Baca juga: Ini Penyebab Komplikasi pada Pengidap Cacar Air Dewasa

Untuk hasil yang maksimal, kamu dapat mandi dengan menggunakan bahan-bahan alami tersebut sebanyak 2-3 kali dalam sehari. Namun, jika terdapat lenting cacar yang pecah dan menyebabkan infeksi sekunder, segera temui dokter di rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan dan obat-obatan yang tepat, ya!

Referensi:
NHS. Diakses pada 2020. Chickenpox.
Irishhealth.com. Diakses pada 2020. Chicken pox - safe to bathe?
Medical News Today. Diakses pada 2020. Home remedies for relief from chickenpox symptoms.
Very Well Family. Diakses pada 2020. How to Make Your Own Oatmeal Bath.
Medical News Today. Diakses pada 2020. How to use a baking soda bath.