• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Asupan Makanan yang Baik saat Kehamilan Trimester Ketiga

Asupan Makanan yang Baik saat Kehamilan Trimester Ketiga

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Saat kehamilan memasuki trimester ketiga, ibu akan merasa tidak nyaman untuk melakukan aktivitas karena perut yang semakin membesar. Bukan hanya tidak nyaman untuk beraktivitas saja, makan pun terasa begah. Dalam hal ini, ibu perlu lebih cermat dalam memilih jenis makanan yang dikonsumsi. Berikut sejumlah makanan sehat ibu hamil yang direkomendasikan saat usia kehamilan menginjak trimester ketiga.

Baca juga: Alasan Kalkulator Kehamilan Penting bagi Calon Ibu

1.Kacang-kacangan

Kacang-kacangan menjadi salah satu makanan sehat ibu hamil pada trimester ketiga. Makanan sehat ini mengandung tiamin dan asam lemak omega 3 esensial yang baik untuk janin dalam kandungan. Selain kacang-kacangan, ibu juga bisa mengonsumsi sereal atau biji-bijian. Keduanya memiliki nutrisi yang hampir sama dengan kacang-kacangan. Untuk menambah kandungan vitamin C, ibu bisa menambahkan potongan buah.

2.Daging Merah

Makanan sehat ibu hamil trimester ketiga selanjutnya adalah daging merah. Daging ini mengandung zat besi dan protein yang dapat membantu menunjang tumbuh kembang janin dalam kandungan. Bukan hanya janin saja, daging merah juga dapat meningkatkan stamina ibu, sehingga terhindar dari anemia.

3.Stroberi dan Melon

Mengonsumsi stroberi dan melon baik untuk kesehatan pencernaan ibu. Keduanya mengandung tinggi serat dan vitamin C. Dengan rutin mengonsumsi kedua buah tersebut, ibu akan terhindar dari gangguan pencernaan, seperti muntah, mual, dan sembelit. 

4.Ikan

Ikan mengandung zat besi yang dapat mencegah anemia pada ibu hamil. Saat tubuh kekurangan zat besi, akan memicu munculnya gejala anemia. Bukan itu saja, kekurangan zat besi juga dapat membuat ibu hamil mudah lelah dan pusing. Makanan sehat ibu hamil yang satu ini memiliki kandungan protein tinggi, yang menjadi salah satu kebutuhan penting ibu hamil.

Baca juga: 5 Hal Ini Menunjukan Tanda Kehamilan yang Sehat

5.Pisang

Pisang menjadi camilan praktis dan bergizi, serta memberikan rasa kenyang lebih cepat. Buah ini menjadi makanan sehat ibu hamil yang kaya akan vitamin dan mineral, seperti kalium, kalsium, dan zat besi. Bukan itu saja, dengan mengonsumsi buah pisang secara rutin, ibu akan terhindar dari sembelit, sehingga membantu ibu tetap nyaman saat memasuki kehamilan trimester ketiga.

6.Sayuran Hijau

Sayuran hijau memiliki kandungan serat tinggi yang dibutuhkan ibu hamil untuk mencegah sembelit akibat sekresi hormon berlebihan di trimester akhir. Bukan hanya tinggi serat saja, makanan sehat ibu hamil yang satu ini mengandung zat besi, kalium, dan kalsium.

7.Jeruk

Buah jeruk bukan hanya mengandung tinggi vitamin C saja, buah ini juga diperkaya dengan serat. Vitamin C baik dikonsumsi untuk membantu penyerapan zat besi. Sumber vitamin C lain yang dapat dikonsumsi ibu hamil, yaitu tomat dan lemon.

8.Susu dan Produk Olahannya

Susu dan produk olahannya, seperti keju dan yoghurt menjadi salah satu sumber alami vitamin dan mineral. Beberapa vitamin dan mineral tersebut, termasuk kalsium, kalium, dan protein, yang diperlukan untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil trimester ketiga. Dengan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan, ibu tidak akan kekurangan nutrisi tersebut saat bayi dalam kandungan membutuhkannya.

Baca juga: Kapankah Tanda-Tanda Kehamilan Mulai Muncul?

Itulah sejumlah makanan sehat ibu hamil yang direkomendasikan untuk dikonsumsi saat usia kehamilan menginjak trimester ketiga. Jangan lupa untuk selalu memeriksakan kehamilan secara rutin di rumah sakit terdekat guna memantau perkembangan janin dalam kandungan.

Referensi:
Bay Centre. Diakses pada 2020. Healthy foods for your third trimester: photos.
Healthline Parenthood. Diakses pada 2020. The Third Trimester of Pregnancy.