Awas, Kenali 5 Makanan Penyebab Jerawat di Wajah

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   04 Oktober 2023

“Beberapa makanan penyebab jerawat perlu dibatasi konsumsinya. Mulai dari produk susu, makanan cepat saji, hingga alkohol.”

Awas, Kenali 5 Makanan Penyebab Jerawat di WajahAwas, Kenali 5 Makanan Penyebab Jerawat di Wajah

Halodoc, Jakarta – Jerawat di wajah adalah kondisi kulit umum yang dapat menyerang siapa saja. Tetapi, jerawat di wajah paling sering menyerang para remaja dalam masa pubertas. 

Nah, ada banyak faktor yang menjadi penyebab berkembangnya jerawat. Beberapa di antaranya seperti produksi sebum dan keratin, infeksi bakteri penyebab jerawat, perubahan hormon, pori-pori tersumbat, dan peradangan. 

Meski begitu, beberapa makanan juga diklaim dapat menyebabkan jerawat di wajah. Kaitan antara pola makan dan jerawat sebenarnya masih kontroversial. Namun penelitian terbaru menunjukkan bahwa pola makan dapat memainkan peran penting dalam perkembangan jerawat. 

Karena itu, ketahuilah beberapa makanan penyebab jerawat yang perlu kamu hindari jika ingin terhindar dari masalah kulit ini. 

Deretan Makanan Penyebab Jerawat

Jerawat terjadi ketika ada terlalu banyak minyak (sebum) di kulit. Ini juga dapat disebabkan oleh genetika, siklus menstruasi yang tidak teratur, stres, cuaca panas dan lembap, dan bahkan riasan berbahan dasar minyak. 

Secara tidak langsung, ada beberapa makanan penyebab jerawat yang dapat memicu pertumbuhan jerawat di wajah, seperti:

1. Susu dan Produk Olahannya

Deretan Makanan Penyebab Jerawat (susu dan produk olahannya)

Susu dan produk olahannya mengandung nutrisi penting yang tubuh perlukan. Namun, konsumsi berlebihan produk susu dapat mengakibatkan peningkatan produksi insulin.  Terlepas dari pengaruhnya terhadap gula darah, produk susu dapat memperburuk keparahan jerawat. 

Sebab, susu sapi juga mengandung asam amino yang dapat merangsang hati untuk memproduksi lebih banyak IGF-1 yang berkaitan dengan perkembangan jerawat.

2. Makanan Cepat Saji

Makanan Cepat Saji sebagai penyebab jerawat

Makanan lain yang juga bisa jadi makanan penyebab jerawat adalah makanan cepat saji atau fast food. Ini karena makanan ini tinggi kalori, lemak, dan karbohidrat olahan. Jadi, sebaiknya hindari konsumsi makanan cepat saji, seperti burger, nugget, hot dog, dan kentang goreng.

Selain dapat memicu jerawat, nyatanya makanan cepat saji juga berdampak negatif ke kesehatan secara menyeluruh. Baca informasi lengkapnya dalam artikel: 7 Alasan Makanan Cepat Saji Tidak Baik dan Sehat

3. Cokelat

Cokelat sebagai makanan penyebab jerawat

Cokelat telah dicurigai sebagai makanan penyebab jerawat sejak lama. Meski sebenarnya bukti ilmiah yang kuat mengenai kaitan keduanya belum ada. Namun, penelitian pada 2016 di International Journal of Dermatology mencoba membuktikannya.

Hasilnya, pria yang rentan berjerawat yang mengonsumsi 25 gram cokelat hitam 99 persen setiap hari mengalami peningkatan jumlah jerawat setelah 2 minggu.

4. Minuman Beralkohol

Minuman Beralkohol dapat memicu terjadinya jerawat

Alkohol tidak hanya dapat memicu peradangan, tetapi juga berpotensi untuk mengganggu keseimbangan antara kadar testosteron dan estrogen dalam tubuh. Konsumsi alkohol yang berlebihan juga dapat meningkatkan risiko kekurangan zinc, mineral yang berperan dalam melawan jerawat. 

Ada beberapa cara alkohol dapat berdampak pada jerawat, meliputi:

  • Menyebabkan kering dan iritasi. Alkohol dapat membuat kulit kulit, kulit kemerahan, dan iritasi. Kulit kering dapat merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi minyak lebih banyak. Kondisi ini akan menyebabkan pori-pori tersumbat dan jerawat.
  • Memicu peradangan. Konsumsi alkohol berlebihan dapat memicu peradangan dalam tubuh. Termasuk memicu peradangan pada kulit yang dapat menyebabkan jerawat merah dan meradang.

Jika kamu memilih untuk mengonsumsi minuman beralkohol, pastikan untuk mengonsumsinya dalam batas aman. Ketahui batas amannya dalam artikel: Berapa Batasan Aman Mengonsumsi Minuman Beralkohol?

5. Karbohidrat Olahan dan Gula Halus 

Karbohidrat Olahan dan Gula Halus dapat memicu jerawat

Orang dengan jerawat umumnya mengonsumsi karbohidrat olahan lebh banyak ketimbang mereka dengan sedikit atau tanpa jerawat. Adapun makanan kaya karbohidrat olahan meliputi:

  • Pasta yang terbuat dari tepung putih.
  • Bihun dan nasi putih.
  • Roti, kerupuk, sereal, atau makanan penutup yang terbuat dari tepung putih.
  • Soda dan minuman manis lainnya.
  • Pemanis seperti gula tebu, sirup maple

Satu studi menemukan, sering konsumsi makanan tinggi gula atau lemak berkaitan dengan kemungkinan 54 persen lebih tinggi untuk memiliki jerawat.

Di sisi lain, konsumsi minuman manis berkaitan dengan kemungkinan 18 persen lebih tinggi.

Itulah beberapa makanan penyebab jerawat yang perlu kamu batasi konsumsinya. Karena itu, jagalah asupan makananmu, terutama jika kamu atau ada anggota keluargamu yang sedang dalam masa pubertas. 

Jika masih memiliki pertanyaan seputar makanan yang dapat berdampak negatif pada kulit, segeralah hubungi dokter lewat aplikasi Halodoc. Klik gambar berikut untuk chat dengan dokter kapan dan di mana saja:

chat dengan dokter
Referensi:
International Journal of Dermatology. Diakses pada 2023. Dark Chocolate Exacerbates Acne.
Healthline. Diakses pada 2023. Top 6 Foods That Can Cause Acne.
NDTV Food. Diakses pada 2023. 7 Foods That Can Cause Acne. 
The Derms Specialist. Diakses pada 2023. 5 FOODS THAT CAUSE ACNE AND BREAKOUTS. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan