• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Awas, Kuman di Mulut Bisa Picu Kanker Pankreas

Awas, Kuman di Mulut Bisa Picu Kanker Pankreas

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Setiap orang harus benar-benar menjaga kebersihan mulut karena dapat menimbulkan bau mulut dan masalah lainnya. Bahkan, kuman yang terdapat di mulut juga dapat meningkatkan risiko dari kanker pankreas. Namun, bagaimana cara gangguan tersebut dapat terjadi? Berikut pembahasan lebih lengkapnya terkait hal tersebut!

Kanker Pankreas Disebabkan oleh Kuman di Mulut

Diketahui jika seseorang yang mengidap kanker pankreas terbilang rentan untuk mengidap beberapa masalah yang berhubungan dengan mulut, seperti penyakit gusi, gigi berlubang, dan kesehatan mulut yang buruk. Inilah yang membuat dilakukannya penelitian untuk mencari tahu hubungan antara susunan bakteri yang menyebabkan penyakit mulut, dengan peningkatan risiko dari kanker pankreas.

Baca juga: Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Kanker Pankreas

Memang, ditemukan terdapat dua jenis bakteri yang dapat meningkatkan risiko gangguan kanker tersebut, dikutip dari penelitian yang dilakukan oleh NYU Langone Medical Center, New York City. Satu strain bakteri pada mulut, yaitu Porphyromonas gingivalis, dihubungkan dengan peningkatan risiko sebesar 59 persen lebih tinggi menyebabkan kanker pankreas, dibandingkan seseorang yang tidak memiliki bakteri tersebut.

Selain itu, jenis bakteri lainnya yang terdapat di mulut dan mampu meningkatkan risiko terjadinya kanker pankreas adalah Aggregatibacter actinomycetemcomitans paling tidak 50 persen pada seseorang yang memilikinya. Kedua jenis bakteri tersebut memang mampu menyebabkan gangguan periodontitis, yaitu penyakit yang berhubungan dengan peradangan pada gusi.

Lalu, bagaimana cara infeksi dari bakteri di mulut tersebut dapat meningkatkan risiko kanker pada organ yang terbilang berjauhan? Berikut pembahasannya.

Dipercaya jika bakteri atau kuman tersebut kemungkinan besar berhubungan dengan peradangan yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan mulut agar bakteri-bakteri penyebab kanker tersebut dapat dihilangkan. Diketahui jika kanker pankreas, termasuk salah satu gangguan yang dapat mengakibatkan kematian pada pengidapnya. 

Baca juga: Kanker Pankreas Bisakah Sembuh dengan Operasi?

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mulut agar terhindar dari gangguan pada pankreas:

1. Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok berhubungan dengan meningkatnya jumlah bakteri dalam mikrobioma mulut. Meski begitu, masih perlu diteliti lebih lanjut terkait hubungan sebab-akibat terkait kebiasaan merokok yang dapat mengubah sistem kekebalan tubuh, atau memicu aktivitas penyebab kanker di pankreas. Maka dari itu, ada baiknya untuk berhenti merokok agar tidak membuat bakteri di mulut dapat berkembang biak. Ini karena banyak penyakit yang dapat terjadi karena hal tersebut.

2. Rutin Menggosok Gigi

Setiap orang juga disarankan untuk rutin menggosok gigi agar mulut tetap bersih sehingga terhindar dari penumpukan bakteri. Pastikan untuk melakukannya dua kali sehari, yaitu saat bangun pagi dan juga sebelum tidur. Agar lebih efektif, kamu juga dapat menyikat lidah agar kuman dan sisa makanan yang ada di lidah dapat hilang. Kumur dengan pembersih mulut dapat membuat lebih sempurna.

Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi agar dapat menghindari risiko kanker pankreas. Sama seperti kanker lain, penyakit ini dapat menyebabkan kematian pada pengidapnya. Jangan sampai karena tidak melakukan hal kecil secara rutin, masalah yang terjadi menjadi sangat besar.

Baca juga: Apa yang Menyebabkan Kanker Pankreas?

Jika kamu masih memiliki pertanyaan terkait risiko kanker pankreas yang disebabkan bakteri pada mulut, dokter dari Halodoc dapat menjelaskannya dengan cermat. Caranya gampang sekali, cukup dengan download aplikasi Halodoc dan nikmati kemudahan untuk akses kesehatan tanpa batas hanya dengan genggaman tangan!

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2020. Certain Mouth Germs Tied to Pancreatic Cancer Risk.
NYU Langone Health. Diakses pada 2020. Pancreatic Cancer Risk Tied to Specific Mouth Bacteria.